PERNAHKAH MEMBUKA BUAH INI DENGAN MENJEPITNYA DI PINTU?

by - September 19, 2018


Buah Kecapi

Pada masanya.
Seorang Ibu duduk membuka dagangannya, mengamparkan sebuah baki enamel berwarna putih bercorak bunga. Di atas bakinya terhampar buah keras berwarna kuning. Anak-anak SD mengitarinya sambil mengeluarkan tebakan : 


“ Buah, buah apa yang namanya sama kayak alat musik?” 

Sebagian anak-anak menjawab, sebagian lagi, melempar candaan.

Di sisi baki itu, tersedia wadah lain berisi garam bercampur potongan cabai.Meski setiap hari berjualan buah itu, tapi setiap tahunnya, buah itu selalu berkenan muncul.
Saya tidak tahu, apakah memori saya dan kalian akan sama.
Tapi, ini memang kenangan saya sewaktu kecil.

Buah ini bernama KECAPI.

Saya percaya masih banyak yang tahu buah ini, meski beberapa anak kecil (yang saya tanyai) sempat kebingungan dan bertanya-tanya, buah apa ini namanya? Emang bisa dimakan?
Waktu kecil saya penggemar kecapi. (Ya ya ya, sampai sekarang juga) Setiap kali ada yang menjual kecapi, saya pasti membelinya. Pasti.Jujur, mungkin karena buah ini tergolong buah murah(an). 

Apalah menyebutnya : tidak ada gizinya? Tidak nutrisinya? tidak ada dagingnya?
Mungkin karena itu, buah kecapi sekarang jarang terlihat, jarang ada yang menjualnya. Jangan harap 5 tahun sekali bisa melihat buah ini,1 tahun sekali saja belum tentu.

Buah Kecapi
Satu pohon milik teman yang berdekatan dengan rumah saya saat masih kecil, sudah ditebang. Sedangkan buah kecapi yang baru-baru ini saya temukan, saya beli ketika berjalan-jalan ke sebuah perkampungan, tepat di sebuah warung. Di belakang warung tersebut, masih nampak pohon kecapi. Pohonnya besar, dengan penampakan bulatan-bulatan kuning menyebar. Ramai sekali kecapinya. Si pemilik warung berpikir, daripada berjatuhan, lebih baik dia coba menjual. Dan tepat itulah, saya lewat di depan warungnya. Pohon kecapi memang besar, dan si pemilik warung memang punya lahan yang luas.


saya beli di suatu warung yang di belakangnya terdapat pohon kecapi
Harganya kecapi itu hanya Rp 5.000 per bungkus (1 bungkus lebih dari 1kg). Saya katakan, saya mau yang masih nampak batangnya. Dan pemilik warung mengiyakan saja... karena selain buah kecapi jarang ada yang menjual, sebenarnya buah kecapi juga jarang ada yang suka. Karena itu, ketika saya minta kecapi yang masih banyak daun dan batangnya (karena yang sudah dibungkus tidak ada batangnya) si pemilik warung rela mengambil kecapi-kecapi yang masih berserakan. Bahkan ia lebihkan. Saya memborong sampai 10K. 

Sebenarnya kecapi-kecapi ini hanya akan saya makan sendirian. Suami manalah dia suka, Cmumut apalagi. 

Satu kenangan tentang buah kecapi ini adalah teknik membukanya. Dulu, kala masih SD, kami membuka kecapi dengan cara menjepitnya di pintu. Lalu kreek!! biji manis putih buah kecapi yang mengandung asem itu terlihat. Tapi itu cara praktisnya.

Cara kalemnya, ya dengan dikupas.
Buah Kecapi
menurut saya, ukuran buah kecapi yang saya beli ini tidak begitu besar
Buah Kecapi
cara praktis membuka buah kecapi : jepit di pintu
Buah Kecapi
kroakk! pecah sudah, tinggal dimakan saja. Eh diemut-emut.

Cara makan buah kecapi ini sederhana sekali, karena dagingnya sedikit, dan sebagian rasa manisnya justru menempel pada biji, maka makannya cukup diemut-emut saja. Kalau suka bisa dicocol garam plus cabai. 

Mungkin.. yah hanya mungkin, karena itu tidak banyak yang suka buah kecapi. 

Buah kecapi juga punya getah, jangan harap setelah dibuka bisa terlihat putih seterusnya. Jika sudah dibuka, perlahan buah kecapi akan berubah menjadi kecokelatan.
 
Buah Kecapi
penampakan di dalam buah kecapi

Buah Kecapi

Buah Kecapi
biasanya 1 buah kecapi mengandung 4-5 biji kecapi
Dari beberapa artikel disebutkan, bahwa buah kecapi berkasiat untuk mengatasi kram perut, melancarkan pencernaan, mengandung anti oksidan, anti kanker, dan bisa untuk mengurangi kolesterol. Entah penelitian ilmiahnya bagaimana, saya tidak memahaminya. 

Karena terbiasa hanya memakan saja, saya juga tidak tahu apakah orang-orang punya cerita lain tentang buah kecapi ini? Mungkinkan bisa dijadikan sebagai campuran masakan? Atau dibuat minuman? Atau dibuat kreativitas lain? Entahlah, saya kurang tahu.


Mungkin kalian yang membaca punya cerita yang berbeda dari saya. Boleh banget berbagi di sini :)



Salam,
Lidha Maul

You May Also Like

30 Comments

  1. pengen coba mba, belum pernah..jarang di tempat saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin lama kayaknya bukan jarang lagi, tapi tiada

      Delete
  2. huah kirain aku doang klo makan kecapi dijepit pintu mba :p klo ga dibanting2 ke lantai emang cuman diemut doang sih hahaha udah lama banget ga ketemu kecapi disini kayaknya ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnya ada yang tau :)
      di sini juga gak sengaja nemunya

      Delete
  3. Buah kecapi, belum pernah makan saya. Tapi liat gambarnya bikin pengen. Saya suka yang asem asem trus dikasih garem
    ..
    Wah, jadi mo ngiler...

    ReplyDelete
    Replies
    1. segala buah kasih garam+cabai jadi ngiler ya :)

      Delete
  4. Kok unik banget membuka buah kecapi pakai harus dijepitin ke pintu segala? Saya jadi mikir kalo ngupas bawang merah mending dijepitin pintu aja sekalian, haahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. keprok hancur sehanncur tu bawang mba :D :D

      Delete
  5. Wuahh..lihat postingan kecapi lgsung saya menuju kemari, buah kenangan ini mb,jaman waktu ngaji sore di TPQ di bpn, mbrasak ke pekarangan rumah org sambil nyari jatuhan, rasanya manis asem dan lembut, klo saya bukanya bisa ditekan di antara telapak tgn, beruntung sy pernah mencobanya, andai ada di sini/ jual pastilah sy beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup buah kenangan.
      Saya nggak pernah berhasil buka pake tangan. Selalu nyari pintu.

      Delete
  6. Eh beneran lho, udah lama banget nggak nemu buah ini. Kayaknya terakhir kali jaman saya SD, deh. Dan sekarang anak saya juga udah SD hahahaha ... Saya suka sama kecapi soalnya memang penggemar buah berasa asam. Daaan, cara membukanya ituuu ... samaaa banget. Di mana ya bisa ketemu kecapi lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susyaaah.... kayak untung2an bisa nemuinnya
      Sama, waktu SD juga sering banget nemuinnya

      Delete
  7. pernah tau sih mbak kayaknya dulu sempat ngelihat buah ini, tapi belum pernah nyoba. btw, headernya keren bgt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo...kamu mah anak zaman now, mungkin udah gak kenal buah ini :D
      Makasih atas komen headernya Sol :)

      Delete
  8. Bentuk nya kok mirip manggis yaa.. Aku gatau buah kecapi 😅 tapi lihat gambar nya ko aku jadi pengen. Seger kayanya ya rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap kayak manggis ya, tapi manggis lebih lembut, dan bijinya kecil/nyaris gak ada, jadi bisa ditelan. Kulit manggis juga sangat berguna... Klo kulit kecapi saya nggak tau nih

      Delete
  9. Belum pernah makan buah kecapi. Kok kayak buah manggis ya mbak dalemnya.

    ReplyDelete
  10. Pernah makan waktu SD. Bentuk dan cara membukanya mirip manggis ya mba.. sampai sekarang aku masih buka manggis dg cara dijepit pintu :))))

    ReplyDelete
  11. Waah baru tau saya buah Kecapi, mirip2 manggis yah. Unik cara mengupas dan memakannya

    ReplyDelete
  12. Waktu saya SD di dekat sekolay, banyak banget pohon kecapi dan buah-buahan lain. Kalau istirahat, saya sering 'nyenggetin' buah yang sudah masak. Untung penjaga lahannya baik, sering dibagi-bagiin juga kalau ada buah yang sudah masak.

    ReplyDelete
  13. Saya belum pernah makan buah kecapi Mbak Lidh. Penasaran dengan buah ini.

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah makan buah kecapi Mbak Lidh. Penasaran dengan buah ini.

    ReplyDelete
  15. belum pernah mbak...cantik ya buahnya... saya belum pernah makan buah ini... penampakannya seperti duku, langsep...hmmm apalagi ya... ya itu saja yg saya kenal

    ReplyDelete
  16. Hihi, aku baru tahu mbak, buka kecapi bisa dijepit. Simpel ya. Terus buah kecapi ini banyak bangat ya vitaminnya.

    ReplyDelete
  17. Aku ngga pernah makan buah kecapi. Hiks. Melas banget kan mbak? Tp mmg ga ada yg jual lho di sini. Jd rasanya gmn, bentuknya gmn, cuma tau dr bacaan ajah

    ReplyDelete
  18. Mirip buah manggis yaa, mba Lidh...

    Jadi ingat pantun :
    Buah manggis buah delima
    Cmumutz manis, siapa yang punya~

    Eaaa....
    Romantis yaak....((akooh))??

    ReplyDelete
  19. Itulah kenapa saya belain minta tolong teman di banjar untuk kirim buah ini ke surabaya, rindu dengan cara membukanya.... ahhh rasanya indah dijaman sya masih SD Mbak, beli beberapa lalu dijepit dipintu sampai bunyi krek.... apakah disana sudah jarang mbak??

    ReplyDelete
  20. Itulah kenapa saya belain minta tolong teman buat kirim buah ini dari bjm ke sby,krn yang paling berkesan adalah cara membukanya.,rindu masa itu jaman masih SD. Beli beberapa lalu dijepit dipintu sampai bunyi kreeeekkkk....

    Apakh sekarang buah ini jarang mb??

    ReplyDelete
  21. aku malah belum pernah lihat langsung mbak... kayanya disini udah nggak ada deh..

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

TAG

Blog Competition Review Figur ChitChat Traveling Gardening Lomba BePreneur ArtWork Reportase SponsoredPost Inspirasi Blogging Fashion Giveaway Kuliner dan Tempat TrueStory #Review Astra Beauty BloggerBalikpapan DIY EVENT Edukasi Fotografi Green Pertamina Theragran-M vitamin untuk masa penyembuhan Balikpapan Balikpapan Blogger Community DIENG Film Food Hari Blogger Nasional Health Ilustrasi Kendaraan Kisah Guru Komunitas Fotografi Balikpapan Kreasi Masak Kreasi SoGood Produk Recent Review_Kuliner Review_Situs Sampah Sampah-Plastik SoGood Siap Saji Teknologi Wisata Malang featured permainan #AHASKYSCANNER #Astra60Balikpapan #BePreneur #Gardening #SKYSCANNERINDONESIA #Traveling Anak Anyang-anyangan Aplikasi Astra Balikpapan Ayat Ayat Cinta Bawang Bawang Putih Bawang Putih Tunggal Bekraf Belajar-Skenario Bromo Busy-Bag CASIO Catokan Rambut Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Competition Dilema Dilema Kapan DotComForMe Endri-Pelita EvHive Font Free Stuff Gaya-Menulis GenLangitBiru Grand Tjokro Grand Tjokro Balikpapan Harbolnas Harbolnas Shopback Hari Blogger Nasional 2017 Hosting Hotel ISK Instagram Jasa Jual Serai Wangi Kampung Berseri Astra KawanBlogger Kecantikan Kelas Akber Balikpapan Kerja3ersama Keunggulan menggunakan Top Level Domain Keunikan Bawang Lanang Kirana-Kejora KobarkanKebaikan Kreasi Bakmi Mewah Kucing Lanang LingkungaHidup Literasi Membuat-Sinopsis MemesonaItu Menulis MomenLebaran NewWayToWork Ngeblog Ngeblog Bareng Nyak Rotun Oka-Aurora Parenting Penulis-Balikpapan Perempuan Permainan-Edukasi PertaminaBlogdanVlogCompetition2017 Pertanyaan berbahaya Photobook Plastik Product RM Torani Ramadan Rambut Rumah Murah di Medan Rumah Pintar Astra SAS Hospitality Sepatu Serai Wangi ShopBack Skyscanner Solo Garlic Stimuno Sirup Tiket Pesawat Tiket Pesawat Garuda Tiket Pesawat Murah Tips Torani Traveling-Papua Traveling-Raja Ampat Traveloka Tutorial Ulang Tahun Ular Uricran WIRALAND XL multivitamin baik pengumuman permainan tradisional vitamin masa pemulihan