Menikmati Grand City Balikpapan, Pesona Rumah di Balikpapan

rumah di Balikpapan dii kawasan Grand City Balikpapan

MENYUSURI JALAN SINAR MAS LAND BOULEVARD KAWASAN GRAND CITY BALIKPAPAN


Minggu pagi waktu yang tepat joging di Grand City Balikpapan sambil menikmati kehijauan serta pesona rumah di Balikpapan. Selain cari sehat, mungkin bisa bertemu rumah impian di Balikpapan.

Sejak beberapa tahun ini, sering menjadi fokus bagi kami kalau ingin joging dan family time yang asyik ketika weekend ya ke Grand City Balikpapan, sebuah kawasan perumahan yang dikembangkan Sinar Mas Land. Apalagi, semenjak Grand City Balikpapan meresmikan Jalan Sinar Mas Land Boulevard, yang menjadi jalan utama kawasan ini. Maka, makin ramailah warga Balikpapan yang beraktivitas di sepanjang jalan Grand City Balikpapan pada tiap pekannya.

Beberapa tahun sebelumnya, saya sering penasaran dengan kawasan ini. Dengan gerbangnya yang unik, besar, dan keemasan memang sudah cukup memancing mata. Tahunya, sekarang malah ketagihan nongkrong di Grand City Balikpapan. Ada dua akses masuk menuju Grand City Balikpapan. Pertama, akses yang lebih dekat Jl. MT. Haryono, yang ditandai pilar-pilar besar persegi panjang keemasan berisi rangkaian daun. Sedangkan pintu akses masuk kedua, yang bersinggungan dengan Jl. Soekarno Hatta ditandai dengan adanya Monumen Daun Grand City Balikpapan.

jalan tembus ke IKN
Akses menuju Jalan Sinar Mas Land Boulevard - Grand City Balikpapan
(arah MT. Haryono)


menuju Jalan Sinar Mas Boulevard
Akses menuju Jalan Sinar Mas Land Boulevard - Grand City Balikpapan
(arah Soekarno Hatta -KM.7)


Bagi saya, Jalan Sinar Mas Land Boulevard ini layak menjadi salah satu jogging track ter-asyik di Balikpapan. Karena suasana alam khas Balikpapan berupa hutan, rawa, dan danau, masih bisa dinikmati di sepanjang jalan. Udaranya juga lebih segar, cocok untuk berolahraga di sepanjang kawasan Grand City Balikpapan ini. Tidak heran, kalau malam hari melewati kawasan ini, akan terasa lebih dingin.

Mungkin terdengar hanya seperti cerita sebuah jalan, siapa saja bisa lewat, melintasinya, lalu sampai tujuan. Tetapi, pernah nggak sih kalian merasa penat, terus ingin sekadar jalan-jalan berkendara melewati daerah yang membuat kalian lebih rileks? Nah, Kira-kira seperti itulah bila melewati sepanjang Jalan Sinar Mas Land Boulevard ini.
jalan tembus grand city balikpapan
menyusuri Jl. Sinar Mas Land Boulevard


Experience Nature in Vibrant City” adalah kalimat yang terbaca ketika melewati Jalan Sinar Mas Land Boulevard ini. Menurut saya, ini satu dari sekian banyak yang ditawarkan Grand City Balikpapan selama ini, selain tentu saja menyediakan rumah di Balikpapan yang layak, berkelas, dan terpercaya.

Panjang Jalan Sinar Mas Land Boulevard 3 km, dengan lebar 32 meter, terfasilitasi pula dengan adanya bicycle track. Biasanya saya berjalan kaki sepanjang 2 km, dari Monumen Daun Grand City (arah km.7) menuju kawasan Ruko Palladium Grand City yang memang menjadi pusat keramaian aktivitas warga. Para pesepeda dengan sepeda beraneka rupa terlihat melintas. Penyewaan macam-macam sepeda juga disediakan di sini. Ada yang bermain bulutangkis, bermain bola, membawa hewan, berlatih bela diri, anak-anak kecil berkeliling dengan sepatu rodanya.pun beberapa komunitas berkumpul di sebagian kawasan komersil Grand City Balikpapan. Terlihat deretan café menjadi tempat hangout yang dituju setelah lelah berlari.

tempat joging di Balikpapan
aktivitas pagi di Grand City Balikpapan


Menurut saya, berjalan kaki dua kilometer di kawasan ini tidak terasa melelahkan dengan suguhan pemandangan alam yang damai, serta pemandangan estetik deretan rumah di Balikpapan yang bergaya modern minimalis. Plus, daerah ini juga bebas macet, sehingga nyaman bagi pejalan yang butuh ketenangan macam.
jogging track terbaik di Balikpapan
berolahraga di Grand City Balikpapan

Ada lebih dari satu bendungan di sekitar kawasan ini. Ada rawa, hutan, yang menampung burung-burung dan hewan lain. Biasanya saya berhenti untuk mengambil gambar. Entah bagaimana, hasil potret di kawasan ini pasti menawan, jarang banget gagal. Untuk yang suka hunting tempat instagrammable di Balikpapan, mungkin bisa mampir ke Grand City Balikpapan.

Di sebagian tepi jalannya, saya juga bisa menemukan pohon tabebuya, pohon bunga favorit saya. Bila beruntung, saat musim berbunganya tiba, maka kita bisa menyaksikan bunga sakura lokal berwarna kuning bertebaran di tepi jalan. Oya, karena ini adalah perumahan yang terbilang cukup anyar, memang sebagian kawasan lainnya masih dalam tahap pembangunan.

sakura kuning ada di Balikpapan
semacam inilah  pemandangan mekarnya bunga tabebuya



MELIHAT INSPIRASI RUMAH DI GRAND CITY BALIKPAPAN, POTRET KEELOKAN RUMAH DI BALIKPAPAN


Apakah kalian gemar memerhatikan fasad rumah-rumah nan estetik sambil menebak gaya arsitekturnya? Kalian iya berarti kita sama. Walau tidak sepenuhnya mengerti konsep desain dan gaya arsitektur bangunan, tapi memandang bangunan yang disukai ternyata bisa memengaruhi suasana hati. Maka, tidak heran jika selain kekuatan bangunan, gaya desain juga menjadi pertimbangan penting lain dalam mencari rumah.

Kebanyakan rumah urban di Grand City Balikpapan ini terlihat mengadopsi desain modern minimalis compact. Dibangun tidak langsung berhadapan jalan utama, melainkan dalam lingkup area dengan akses one gate (cluster). Ketika memasuki Jl. Grand City Boulevard, akan terlihat gate Forestville, yang tidak terlalu jauh dengan cluster Pineville. Selanjutnya ada cluster Hyland, dan Hayfield. Mungkin masih akan ada lagi cluster dan tipe huniannya. Penamaan clusternya ini membuat saya penasaran. Saya hanya mengasumsikan nama ini sesuai dengan konsep hunian yang ditawarkan Grand City Balikpapan, yakni green environment.

pesona rumah di Balikpapan
menengok inspirasi rumah di Balikpapan.

cari rumah di grand city Balikpapan
melihat pesona rumah, sebuah ide untuk memiliki rumah di Balikpapan

rumah di balikpapan
melihat rumah contoh Hayfield di Grand City Balikpapan


Bicara membeli dan mencari rumah di Balikpapan, banyak pertimbangan yang bisa menentukan, seperti kemudahan akses, kedekatan dengan sarana publik, bebas banjir, dan masih banyak lagi. Selain tersedianya ruang hijau, adanya danau, kawasan Grand City Balikpapan ini juga tidak jauh dari beberapa fasilitas publik, seperti hotel, rumah sakit Balikpapan, pusat perbelanjaan, jalan utama, dan kemudahan menuju jalur luar kota.

Selain hunian, Grand City juga menyediakan kawasan komersil yakni Golden Boulevard dan Ruko Palladium yang saling berhadapan. Biasanya saya memang bersantai di sekitar kawasan ini.

properti bisnis di balikpapan
 Kawasan Golden Boulevard Grand City Balikpapan

properti usaha di balikpapan
Kawasan Palladium Grand City Balikpapan


GRAND CITY FOOD CENTER, WISATA KULINERAN DI BALIKPAPAN YANG MENGHADAP DANAU


Beberapa hari lalu (November), saya baru tahu kalau Grand City Balikpapan baru saja membuka sentra kulinernya yang bernama Grand City Food Center. Sebelum selesai pembangunan, saya sudah kepoin lokasi ini, kali aja dapat info kapan buka. Ternyata, banyak masyarakat yang antusias datang ke pusat kuliner ini. Terbukti, beberapa hari lalu, tempat ini penuh sekali, meski baru soft opening.

Grand City Food Center Balikpapan
Grand City Food Center yang  baru dibuka pada November 2022

wisata kuliner di Balikpapan Utara
keramaian di Grand City Food Center

Posisinya yang berseberangan dengan danau, memungkinkan pengunjung mendapat panorama yang berbeda dari tempat kuliner lain. Saat ini, masih terjadi tahap pengelolaan danau. Kabarnya akan dibuat pedestrian di sekitar danau serta sarana rekreasi di atas danau. Kita tunggu saja.

wisata kuliner danau di Balikpapan
danau di sekitar Grand Food City Center yang sedang dalam tahap pengembangan.

Oh, ya. Sayangnya, saya belum sempat icip-icip kuliner di Grand City Food Center. Tunggu aja deh, mungkin nanti bisa bikin review yang utuh. Anggap saja ini teaser.


TENTANG GRAND CITY BALIKPAPAN DAN IMPIAN MEMILIKI RUMAH DI BALIKPAPAN


Saya rasa, nama Sinar Mas Land sudah tidak asing bagi penikmat properti.
Grand City Balikpapan merupakan proyek ketiga Sinar Mas Land di kota yang menjadi gerbang IKN baru ini. Luas Grand City Balikpapan tercatat 220 hektare, dua kali lebih luas dari proyek perumahan Sinar Mas Land kedua yang juga ada di Balikpapan. Dengan lebih dari 6000 pemukiman kelas atas, tersedianya ruko sebagai area bisnis, danau dengan luas sekitar 6 hektar, Grand City Balikpapan sering disebut sebagai hunian berkelas yang terintegrasi dengan kebutuhan modern. Sedikit informasi ini saya dapatkan ketika berkunjung di Marketing Office Grand City Balikpapan.

marketing office Grand City Balikpapan
Kantor pemasaran Grand City Balikpapan di Jl. Sinar Mas Land Boulevard No.1

Berkat jalan tembus yang telah dibuka yakni Jl. Sinar Mas Land Boulevard, maka dapat terlihat Grand City Balikpapan mampu menawarkan kemudahan akses menuju berbagai wilayah lain. Menuju bandara dan pusat kota dari arah MT. Haryono lebih mudah. Menuju Samarinda, luar kota, dan IKN baru lewat Jl. Soekarno Hatta menjadi lebih gampang.

Kiranya, seperti inilah kemudahannya.
perumahan dengan lokasi strategis
Selain mengunjungi Marketing Office, saya juga sempat melihat display house yang berada di seberangnya. Karena tidak memungkinkan house tour di rumah-rumah lain, bolehlah tur singkat di rumah pajangan ini, siapa tahu saya dan si rumah memang punya chemistry, ehem.

rumah contoh Grand City Balikpapan
display house di Grand City Balikpapan serta para pembeli

inspirasi interior rumah Balikpapan
ruang tamu rumah contoh di Grand City Balikpapan

contoh display house di Balikpapan
bergaya di living room
(lokasi : display house Grand City Balikpapan)

Dari depan tampak atap sandar diterapkan pada model rumah ini. Tetapi sepertinya tidak semua rumah-rumah modern minimalis lain di Grand City Balikpapan menerapkan model atap ini. Terlihat sekali ada balkon mungil dari depannya. Waktu saya tengok, balkon ini berhubungan langsung dengan kamar. Saya suka penerapan bordes pada tangganya. Hal lain yang saya suka, pencahayaannya di sini cukup menyenangkan. Sepertinya rumah mungil minimalis ini cocok buat penulis yang suka ngadem macam saya. (Eh, tapi namanya juga display house yang tujuannya untuk memvisualisasikan dan menjadi inspirasi bagi properti yang ingin dicari, jadi nggak mungkin dikasih ke akuh)

Seperti sudah disebut sebelumnya, Grand City Balikpapan memang menawarkan pengalaman asri di sebuah kota, seperti konsep penghijauan, adanya bendali dan danau, pedestrian yang sejuk, dan mungkin masih ada lagi. Inspirasi dibalik desain bangunan modern Grand City Balikpapan ini mengusung unsur wood zone, fire zone, fire zone, earth zone, serta metal zone sebagai modal konsepnya.

Hingga kini, Grand City Balikpapan memiliki empat residensial yakni, Forestville, Pineville, Hyland, dan Hayfield.

harga rumah di balikpapan
ingin memiliki rumah di Balikpapan ? sama.

akses Hayfield Grand City Balikpapan
gate Hayfield - Grand City Balikpapan


Info Lengkap:
Kantor Pemasaran Grand City Balikpapan
Jl. Sinar Mas Land Boulevard No. 1
(dekat dengan Jl. MT. Haryono)

PERUMAHAN IMPIAN DI BALIKPAPAN


Pada tahun ini, Sinar Mas Land sebagai pengembang telah menyabet 9 penghargaan dari Property Guru Indonesia Property Awards 2022. Satu diantaranya adalah penghargaan Best Township Masterplan Design untuk proyek Grand City Balikpapan. 

Hingga saat ini, kawasan Grand City Balikpapan memang masih terus dikembangkan. Masih terlihat pengembangan di beberapa area. Kita tentu berharap sebagai hunian dan pusat bisnis modern yang  mengusung konsep green environment, kawasan ini bisa menjadi contoh kawasan berkelanjutan yang ada di kota ini. Kita tunggu saja. Dengan demikian tidak akan bosan-bosannya masyarakat mencari kesegaran di tempat ini, beraktivitas, serta menjadikan Grand City Balikpapan sebagai best friendly place untuk bersantai dan nongkrong. Saat ini saya merasakan itu, semoga terus nanti ke depannya.
Karena sebentar lagi akhir pekan, yuk bersantai di Grand City Balikpapan, siapa tahu bisa punya (lagi) rumah di Balikpapan.

***

26 Komentar

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.

  1. Memiliki Hunian yang nyaman itu adalah idaman banget apalagi lingkungannya asri dan dekat dengan fasilitas umum pastinya pengen juga punya rumah seperti ini

    BalasHapus
  2. Kalo mencari sebuah rumah baru itu, aku pasti melihat siapa developernya. Kalo terpercaya seperti sinar mas land ini, agak tenang laah 😄. Reputasinya udah terkenal baik. Beda kalo developernya masih baru. Banyak cerita yg ada penipuan ujung2nya.

    Cantiiiiik design rumahnya mba❤️. Apalagi ini daerah yg Deket IKN yaaa. Harganya bisa jadi bakal naik tinggi. Kalo ada uang nganggur, aku juga pengen beli rumah di sana buat investasi 😄.

    BalasHapus
  3. Kedepannya Kalimantan bakal jadi tujuan perantauan secara ibu kota negara akan pindah ke sana. Memiliki hunian bagus dari sekarang bukan hanya sebagai investasi, tapi juga bisa jadi bekal buat masa depan tuh

    BalasHapus
  4. Desain Landmark Grand City Balikpapan bagus banget, bakalan jadi candu buat pepotoan (saya). Salut dan respek sama developer concern terhadap lingkungan dan siap mengusung konsep green environment dalam membuat perumahan

    BalasHapus
  5. Dari gerbangnya aja sudah terlihat perumahan yang bagus dan nyaman. Siapa sih yang nggak pingin punya hunian yang bagus dan fasilitas yang komplit. Desain rumahnya bagus sekali

    BalasHapus
  6. Pastinya seruuuu bgt klo invest d sini ya mbaa.
    Fasilitas ciamik didukung lokasi paripurna dan semuanya serba keren

    Super duper recommended

    BalasHapus
  7. Wah punya sinar mas land mah memang bagus2 ya dan fasilitasnya juga ok

    BalasHapus
  8. Ternyata fasilitas di Grand City Balikpapan lengkap banget ya. Yang rajin olahraga bisa menyusuri joging track yang amanz yang hobi kulineran pun dimanjakan dengan food center. Rumah contoh nya asik juga, jadi idaman keluarga muda nih, mba

    BalasHapus
  9. Wah, rumah impian banget ya di Grand City Balikpapan ini. Mau olah raga tipis-tipis dengan lari, bisa. Kulineran sekitar juga bisa. Desain taman sekitar rumah juga bikin tambah adem

    BalasHapus
  10. ah, cakep yaa, terlihat memang asri dan cocok banget untuk olahraga santuy. rumahnya juga cakeps, ditambah grand city food center, kayanya yang tinggal di sini nanti males ke mana2 yaa

    BalasHapus
  11. wah hunian yang nyaman dan rindang, cocok nih buat keluarga baru dan terlihat memang asri juga adem

    BalasHapus
  12. Huniannya menyenangkan sekali fasilitas komplit. Rumah itu seperti jodoh, memilih rumah apalagi rumah baru pastikan siapa developer ya supaya tidak tertipu ya mamm

    BalasHapus
  13. Aku tak sabar pengen menikmati danau buatan di Grand City Balikpapan ini.
    Aku percaya, kelak menjadi destinasi kesayangan warga Balikpapan bahkan mungkin tetangga sebelah.

    Gimana menurut, Mba?

    BalasHapus
  14. Wah, cakep banget hunian di Grand City Balikpapan ini
    Letaknya strategis
    Fasilitasnya lengkap
    Benar benar hunian idaman ya mbak

    BalasHapus
  15. wah pemukiman di Kalimantan sangat berbenah ya mbak sekarang. apalagi sebentar lagi IKN bakalan berlayar nih. pemukiman yang yang nyaman dan fasilitas kumplit bakalan dicari

    BalasHapus
  16. Kalau Sinar Mas sih udah ga diragukan lagi ya mba kiprahnya di dunia properti. Fasilitas emang salah satu menjadi tolak ukur nyamannya sebuah hunian. Designnya juga cakep2 pula, betah selama mata memandang.

    BalasHapus
  17. Lokasinya oke, fasilitas terbaik.. Rasanya seneng banget pastinya kalau bisa memiliki properti sebaik Grand City Balikpapan. Aku naksir bunga tabebuya-nya.. Rasanya uda kaya di Korea kalau pas musim gugur ya.. (aka. bunganya berguguran).

    BalasHapus
  18. Grand City Balik Papan sepertinya jadi tempat hunian yang nyaman banget ya Mba. Fasilitas di dalamnya oke banget. Saya suka designnya. Cakep

    BalasHapus
  19. Hunian idaman banget grand city Balikpapan ini. Dibuat pengembang terpercaya, suasana lingkungan perumahan hijau, akses mudah dan dekat dengan fasilitas umum pula.

    BalasHapus
  20. Wah perumahannya bentuk rumahnya cakep2 udah gitu fasilitasnya juga lengkao ya mbak ada fasilitas kulineran ngadep danau :D

    Jd kalau wiken gak ke mana2 yawda sih jalan2 sekitaran komplek aja :D

    Suka sama rumah2 zaman sekarang yang jendelanya gede2 sehingga cahaya Illahi berlimpah dan langsung masuk.

    BalasHapus
  21. udah lama ga ke Balikpapan. Kalau ke sana bolehlah coba jogging di area Grand City. Sambil melihat rumah-rumah modern gini, siapa tahu someday bisa beli rumah di Balikpapan.
    di komplek perumahan ini udah ada food court, danau juga. Kalau sekolah gimana mbak?

    BalasHapus
  22. Udah lama banget saya gak ke Balikpapan, terakhir tuh tahun 2014 kali ya. Kapan-kapan pas ke sana lagi pengen lihat kayak gimana sih Grand City Balikpapan ini. Sekalian kulineran di Grand City Food Center pastinya

    BalasHapus
  23. Udah lama banget saya gak ke Balikpapan, terakhir tuh tahun 2014 kali ya. Kapan-kapan pas ke sana lagi pengen lihat kayak gimana sih Grand City Balikpapan ini. Sekalian kulineran di Grand City Food Center pastinya

    BalasHapus
  24. Jalan pagi atau lari pagi kalau jalannya enak seperti jalan di perumahan sinar Mas land emang bikin betah ya mbak. Selain udaranya sejuk juga bisa melihat pemandangan rumah-rumah minimalis yang keren. Saya juga betah kalau seperti itu. Hihihi...pengebang Sinar Mas Land emang terpercaya. Perumahannya bagus bagus.

    BalasHapus
  25. Seneng banget sama rumah yang asri, banyak tanaman dan lahan buat olahraga masih luasss, ga dempet-dempet, hidup jadi plong rasanya. Sinar mas memang rekomend juga mba

    BalasHapus
  26. Luas banget ya Mak kompleknya. Tipe rumah yang didisplay juga termasuk ideal dan salah satu tipe yang aku pengen punya juga Mak.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama