, , , , , ,

Gara-Gara Until Tomorrow Lihat Foto Traveling yang Mengganggu Ini

Gara-Gara Until Tomorrow

Beberapa hari lalu saya post foto Until Tomorrow. FYI, Until Tomorrow adalah tantangan ngepost foto di IG dengan syarat yang ditaruh adalah foto si owner versi jadoel dan ada ‘something funny’ atau semacam itu.

Karena saya hampir nggak pernah ikutan challenge ngepost foto diri apa pun, jadi baiklah tantangan dari teman saya terima. Asal masih sesuai prinsip dan nggak melampaui batas.
Mulailah saya mengubek-ngubek foto lama. Bukan di kardus pastinya, tapi di folder. Random sebenarnya, tapi yang saya buka adalah folder Traveling. Mungkin karena teringat tidak bisa mudik ke Jawa tahun ini, jadi yang saya klik folder Traveling. Jangankan ke pulau lain, ke luar kota aja kami batalkan. Maunya, setelah semua ini berakhir kami bisa cari tiket pesawat murah lagi untuk mengunjungi ortu di pulau seberang.

Nah, balik lagi ke cerita foto ini, saya tidak tahu apa kita sama. Tapi kalau saya, ketika melihat foto-foto lama, akhirnya jadi teringat momen itu. Berdiam agak lama memandang foto itu, mikir kemana-mana. Nah, kalau teman-teman ketika lihat foto-foto lama sendiri gimana?

Akhirnya saya pun menyetor sebuah foto di Instagram @lidhamaul. Fotonya seperti ini : 


A post shared by Lidha Maul (@lidhamaul) on

Dulu banget, saya merasa aneh aja setelah difoto di depan singa itu, karena ide berdiri di situ bukan ide saya. Itu idenya paksu. Kalau sekarang, jadinya lucu aja. Foto ini sewaktu di Batu Secret Zoo. 

Kemudian saya ngubek-ngubek foto lain masih di folder Traveling dan menemukan foto-foto pribadi yang membuat saya tercetus kok gini ya? // aduh, ini sih ngeganggu banget // eh lucu juga ini // kenapa aku mau berfoto begini ya? // kok mukaku begini? //ini pas mau ngapain? // atau // ya ampun kurus amat dulu wkwkwk // dan akhirnya terpikir oke, kita bikin blogpost deh.
Jadi, di blogpost ini saya buat list foto-foto mengganggu apa saja versi saya tentunya gara-gara ngubek folder traveling : 

KUMPULAN FOTO TRAVELING YANG MENGGANGGU

1. Foto Tersingkap dan Gara-gara Angin 

Saya kan berhijab, jadi kalau ada bagian tubuh yang terkategori aurat terlihat, sudah jelas memalukan dan nggak bisa saya post. Atau gara-gara angin pakaian saya terbang kesana-kemari nggak jelas, meski aurat tetap tertutup, itu juga biasanya malas saya post. Pernah pada saat mau pose membelakangi kereta yang lewat (saya masih berdiri di area aman ya) terus jilbab saya amburan gegara anginnya yang kian kencang (cari masalah banget sih ini). Waktu itu ke stasiun kereta mau ngecek tiket. Karena padat banget kerumunan, iseng kepengen deh cari titik-titik lokasi foto yang menarik. Maklumlah kalau nggak ke Jawa, nggak nemu kereta. Eh fotonya jadi nggak bisa ditampilin juga. Tahu gitu kan, mending pesan tiket kereta dari rumah aja, terus foto saya ama kereta yang lagi lewat cukup diphotoshop aja :D

2. Foto Berwajah Gelap 

Foto yang Mengganggu
masih kelihatan sih mukanya, tapi menurut saya ini cukup gelap.
Iya sih, muka saya nggak glowing :D. Tapi foto ini wajah gelapnya karena kekurangan cahaya alias backlight. Umumnya karena kamera berhadapan dengan cahaya dalam jumlah besar dan objek pun menjadi gelap. Foto ini berlokasi di Jakarta, ketika saya masih gagap tentang ibu kota. Masih bingung lihat padatnya jalanan, masih gagap apa udah masuk tol apa masih jalan raya, dan masih nggak ngerti cara top up e money buat lewat tol. 
Kalian gimana kalau hasil jepretannya backlight ? minta diulang nggak sih ? 

3. Pose yang Membingungkan 

Foto yang Mengganggu

Saya sering banget berpose yang bikin saya nyesal sendiri. Satu diantaranya yang ini. Cerita dibalik foto ini : Kami sedang di Jogja. Paksu minta saya nyebrang dan berdiri di (apa tuh namanya) terus dia minta saya nunggu sambil dipotret beberapa kali. Aslinya berdiri di situ luamaaa banget, nyebrang juga susah karena sebentar-sebentar ada kendaraan. Setiap kali saya mau menyudahinya, paksu bilang nanti dulu. Lalu didapatlah sekitar 5 foto. Setelah selesai saya mikir : kok mau sih berdiri di situ? Gunanya apa? Hasilnya juga gini doang, apa menariknya ya. Terus saya hapus dan tersisa dua saja, hehehe. 

4. Anak Siapa nih? 

Foto yang Mengganggu

Foto ini menarik bagi saya. Kalau melihatnya ada sesuatu yang dalam tapi bukan sumur. Lokasinya di Agrowisata Kesuma Batu Malang. Saya beserta kedua orang tua : Ibu (kandung) dan Mama (mertua) keliling di kebun apel (ya iyalah kelihatan gitu) dan saya udah capek banget, but my two moms ini masih sangat antusias. Harusnya sih saya ngebantu mereka : memetik, bawakan apel, tapi ini malah pengen duduk-duduk aja, dan ngemis-ngemis makan apel dari keduanya. Enak banget jadi anak. 

5. Ketahuan Nggak Tinggi 

mbaknya ngapain di situ ?

Iya, nggak papa. Namanya juga orang Indonesia. Kalau disandingkan orang bule jadi kelihatan rendahnya. Kalian juga nggak masalah kan kelihatan lebih tinggi atau lebih rendah dengan orang yang difoto bareng kalian? Nah, foto ini masuk kategori ‘yah ketahuan’ aja buat saya. Tapi nggak memalukan juga sih.


6. Nggak Ngerti Selfie

Foto yang Mengganggu

Ampun deh. Saya mah jarang pakai kamera depan.
Foto ini sebenarnya bukan jalan-jalan di luar kota. Tapi ya pas jalan-jalan. Sepintas sih nggak ada yang aneh. Tangan kepoto juga nggak aneh deh rasanya. Tapiii, di foto ini saya nggak ngerti tombol-tombol yang ada di HP sendiri. Kalau kamera belakang langsung paham tombolnya, tapi kamera depan...? Adegan sebenarnya, saya lagi mikir: ini tombol buat apa? mulusin muka ya? ini buat apa sih, bedanya apa sih sama tombol ini, terus kepencet.

7. Disturbing Picture

Foto yang Mengganggu

Foto ini diambil sebelum saya ke air terjun Coban Rondo. Coban artinya air terjun ya. Di sekitarnya ada mini zoo, apa gitu namanya, lupa deh. Awalnya saya meringis lihat gajah dan nanya ke suami, apa gajahnya diikat? Semakin dekat ditengok, oh ternyata diikat. Atas saran suami, saya foto di dekat batang pohon gitu, biar terbiasa dekatan hewan-hewan besar. Faedahnya apa? Biar nggak takut aja. 

Jadilah saya berpose dengan pose yang nggak tahu mau pose gimana, sambil memegang helm jadul yang harusnya saya taruh dulu. Foto ini diambil pada tahun 2009. Suami mundur beberapa langkah agar semua gajahnya dapat terfoto. Eit dah, nggak tahunya ada seekor gajah yang dengan bahagianya dan nggak pedulinya buang hajat di saat pengambilan gambar. 

Mau ditaruh di medsos? Malesin banget. Soalnya beberapa orang nggak nyaman lihat foto beginian, daripada saya kena bully ya kan. Ya udah saya taruh di sini aja fotonya hahaha. 
(sama aja kali)

8. Ada Orang di Sana 

Foto yang Mengganggu

Nah, foto yang bertema begini sering banget masuk bagian pengeditan. Habisnya gimana, maunya kan foto pribadi, sendiri, sama orang yang diajak aja, etapi ada siapa tuh lewat? 

Foto pertama itu lokasinya di Solo, saya dan si neng kecil ini mau duet bareng. Udah lah silau banget hari itu, muka kami mengerucut. Tiba-tiba lewatlah seseorang di belakang sana. Karena tidak beranjak juga, akhirnya dijepret saja sama suami. 


Foto kedua sewaktu di Dieng. Pergi ke gunung yang rasa pasar. Rame poll. Saya nggak mau maksa-maksain diri berfoto. Tapi, suami yang maksa. Sampai-sampai mas yang ada di belakang itu diminta pergi dulu. Tapi gimana caranya dia menyingkir, di sekitar kami banyak banget orang. Kalau dia geser langkah, bisa nyungsep loh dia. Kasihan kan. Saya bilang ke paksu : “ya udahlah, foto aja apa adanya. Nggak usah maksa-maksa.” Akhirnya dapat 4 foto yang ada mas ganteng ini, hehehe.
(Hai mas siapa pun kamu, mau ambil fotomu di saya nggak?)

9. Foto yang Terlalu...

Foto yang Mengganggu

Terlalu kurus, terlalu gendutan, terlalu keriputan, dll. Pernah nggak sih setelah berfoto kalian merasa, ih kok tembeman sih aku di sini. Ya, saya juga pernah merasa begitu, padahal aslinya sih emang tembeman *ngakak*. Tapi, kalau lihat muka diri sendiri kok jadi sentimen ya. Nah, di foto ini saya merasa terlalu imoet wkwkwkw. Pas nulis ini, suami nanya : “foto tahun berapa sih ini?” dia pikir foto lawas banget. Aslinya foto ini diambil dua tahun lalu, efek kamera zaman now suka gitu deh. Padahal nggak pakai filter apa-apa. Pas mau dijadikan foto profil, serasa nggak ingat umur nantinya.


10. Banyak foto sebenarnya yang kadang bikin saya mikir, ini layak ditampilin apa nggak. Dari hasil foto saya yang lain ada :  foto saya mencibir, bermuka jelek, mewek (ini siapa sih yang jepret). Ada juga foto aib orang yang tiba-tiba nongol. Kasusnya mirip no.8, tapi terlihat orangnya sedang melakukan sesuatu yang tidak nyaman dilihat. Yang begini bikin saya malas nge-share, karena khawatir kalau ada orang-orang yang nggak bertanggungjawab  menjadikan meme . Ya nggak sih?

Nah, kalau kalian gimana ? Sering  nggak sih mikir dulu mau nampilin foto kalian di dunia maya? Nggak semua foto-foto yang saya sebut di atas itu aib dan memalukan ya. Perkara malu apa nggak masing-masing aja. Tapi, itulah foto-foto versi saya yang ada lucunya. Kalian juga bisa buat kok.

Kok fotonya tema jalan-jalan semua ? Karena saya cuma klik folder itu aja. Nggak ada hubungannya challenge Until Tomorrow dengan jalan-jalan. Sayanya saja yang rindu jalan-jalan :)
Next, mungkin saya share foto-foto aneh bin ajaib selama #diRumahAja hehehe.
Mungkin ya.

Stay healthy, stay happy ya teman-teman.




Share:

49 comments:

  1. Wahahahah, aku terhibur bangeetttt baca artikel ini, Mbaa
    Soale DAKU PUN BEGITUUU JUGAK :)
    Udah jeprat/e beratus2 kali (lebay dikit) ehhh, hasilnya menguciwakan kabeh iqiqiiqiq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah gitu foto2 jalan, klo diulang biayanya mahal

      Delete
  2. ahahah kocak yaa liat foto2 jadul dengan pose ajaibnya :D
    kalo aku liat foto2 jadul banyak yg ga bener, blur pula tapi tetep disimpen karna ga ada lagi

    ReplyDelete
  3. Wkwkwkwk...
    Bener banget nih mba list photo mengganggu ya...
    Tosss laaah...
    Tapi akupun masih simpan semua photo traveling semengganggu apapun...
    Karena meski photonya ga layak tayang tp kenangannya ga layak dibuang

    ReplyDelete
  4. Hihihi...jadi ada kenangan tersendiri ya nengok foto foto lama yang menurut kita gayanya jadul atau enggak banget. saya pun sampai sekarang gak paham cara berpose yang instagramable dan juga spot-spot apa saja yang perlu atau nggak perlu. Tapi postingan ini jadi dapat banyak tips berfoto yang lebih kekinian lho mbak. TFS yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gak ngerti pose yg bener itu gimana, kenapa ngerasa aneg sendiri ngliat foto diri

      Delete
  5. Foto memang punya kekuatan, karena mampu merekam kenangan!
    Bahkan bisa menyelamatkan dari bad mood.
    Aku sering membuktikan, melihat foto jadul, mampu melahirkan senyum simpul

    ReplyDelete
  6. I Feel you banget sama foto-fotonya, Mbak, aku pun pernah mengalaminya. Dan rasanya tuh, gak uenak, gak pengin ngelihat lagi, wkwkwkwk. Tapi aku lebih nggak suka lagi kalau suami nggak mau motoin. Wew, geregetan.

    ReplyDelete
  7. Daku nggak ikutan challenge Until Tomorrow itu, padahal ditantang sama teman.
    Ku bingung mau ngepost, karena foto jadul udah lupa ceritanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Until tomorrow gak pake cerita apa-apa mba hihihi

      Delete
  8. Banyak challange di medsos yg akhir2 ini :D. Jujur aja aku banyaaak trima DM utk ikutan to ga prnh mau :D. Salah satunya Krn aku ga prnh mau post foto yg sdg aneh ato jelek, ato proses ga sesuai :D. Aku sndiri sadar diri ga fotogenic kalo difoto. Makanya yg kliatan jelek, pasti aku apus mba. Pak suami yg paling sukaaa di foto . Challenge begini, dia jg yg paling sering ikutan hahahaha. Beda banget memang kita berdua :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terlalu norak saya juga gak mau ikut mba hahaha

      Delete
  9. Hahahaha iya, aku juga lihat challenge iti jadi buka-buka album lama di laptop lama. Duh foto-fotoku enggak banget. Dan aku gak berani publish. Takut diketawain anak-anak. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo yg jadoel melampaui kajadoelan si doel, saya juga juga gak berani mba :D
      Masih yg aman2 aja

      Delete
  10. asli baca komen di sini aja aku auto ngakaaaakkkk....

    tapi emang gitu deeeeh, secara kita bukan selebgram yang kalo foto kok anehnya ya cakep cakep pisan ya,
    aku mulai mempelajari satu hal : KALAU TIDAK NYAMAN - AKU TIDAK MAU DIFOTO. TITIK bahahahahhahaha

    (((nyadar diri))))

    ReplyDelete
  11. kalau aku biasanya foto foto dengan wajah jelek gitu. Yang dijepret padahal belum siap, aduh, udah pengen dihapus aja. Nggak bakal di post dimana mana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buanyaak foto gitu, tp saya juga gak share. *Tetepmilih*

      Delete
  12. Aku salut padamu mbak mau share di sini foto-foto yang di luar harapan begini hihi. Tapi suer memang yang kek gini bikin kita ketawa sendiri ya..kok bisa, kok mau, kok gitu dan kok yang lain.
    Suka dengan ide nulisin ini semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw setelah dipikir2 saya nya aja emang gak cantik. Jadi ya dishare seadanya saja

      Delete
  13. Sering juga ada foto-foto yang bikin ngekek gitu di antara koleksi album foto. Aku ya sering banget nemuin gitu dan langsung heran kenapa kok bisa-bisanya foto kayak gitu hehehee..

    Btw yang di depan singa itu kesannya kayak lagi dibau-bauin sama singanya yaaa.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... saya nggak ngeh singanya mandangin begitu. Stelah sekian tahun baru kepengen publish.

      Delete
    2. Hahaha lucu juga ya kalau melihat ulang foto kita di masa lalu yang bikin kesel campur geli gitu. Coba ah aku mau lihat-lihat folder fotoku, ada nggak ya yang lucu gitu.

      Delete
  14. Mbaaa, hihi ... kalau saya punya foto yang salah jepret atau ga kelihatan oke ya langsung hapus aja. Ini banyak banget koleksi fotomu. Yang paling kocak itu duduk di balik pohon.

    ReplyDelete
  15. Mbak Lidhaaa ... ngikik sendiri baca tulisan ini.

    Itu anak siapa? Wahaha, awalnya saya cari wajah anak-anak kecil (belum baca full tulisan di bagian itu), ternyata oh ternyata ... hahaha.

    ReplyDelete
  16. I feel you, Mbak. Ya pose aneh lah, ya backlight, dan segala macamnya. Aku juga ketawa pas liat foto berdiri depan singa itu. Kayak ngenyek sama singanya ahahaha

    ReplyDelete
  17. Hahaa aku gak berani posting challenge ini, wis aku gak ikutan, padahal sebenernya foto2 yg kek gitu banyaak akuu :))

    ReplyDelete
  18. Haha jadi ingat gara-gara like foto temanku yang ikut challenge ini, aku juga kudu posting foto serupa dan aku lupaa, belum posting fotonya hihihi

    ReplyDelete
  19. Hehehe lucu ide soal foto dijadiin tema tulisan di blog. Blm pernah ada tapi menarik dan nyaris semua org ngalamin

    ReplyDelete
  20. wah sabar banget suaminya jadi fotografer mbak, jadi pengarah gaya pula.
    Ini jadi semacam "dibuang sayang" ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih banyak idenya, sementara sayanya nolak.

      Delete
  21. Hahaha iya nih mba kalo foto samping bule berasa banget bedanya tinggi badan kita. Hahaa. Senangnya juga masih ada kenangan foto gitu ya mba

    ReplyDelete
  22. Foto yg di Jogja itu di mataku malah kaya horor Mbak. Qiqiqi. Kaya ada penampakan. Habis serasa foto tapo setengah hati berpose. Piss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa2 mba. Saya juga gak bisa 'ngeliat' kok. Beneran bete pas foto disitu. Karena suami aja jadinya dituruti.

      Delete
  23. Mbak, makasih loh sharingnya, menghibur banget, bikin ketawa sendiri sore-sore hihihi...

    ReplyDelete
  24. Aku juga ditantang ikut challenge untill tomorrow, tapi aku bingung nyari fotonya. Meski ada beberapa juga koleksi foto jadul yang hasilnya aneh ketika dilihat lagi, hahahaa

    Ini malah keren loh jadi satu postingan artikel khusus foto-foto yang berbeda, ayuk post lagi yang lucu atau unik, mbak

    ReplyDelete
  25. Wkwkwkw gpp makkk macem2 potonya yang penting pedee dan g napa2
    Aku deg2an mau like poto tiba2 dichallenge foto lama. Aku mah kabur aja wkwkkw

    ReplyDelete
  26. Cakep banget yang nomer 9 ituuuu...

    Hahaha.. baca postmu ini, lucu juga ya mbak. Kepikiran banget bikin ginian, dan ya emang bikin berkerut tapi nyenengin

    ReplyDelete
  27. Aku ikutan challenge ini daj beneran ku arsip.karena ga bnget posenya wkkk..kalau aku as always jd korban mba difoto temn dg ekspresi yang ga banget hahaha

    ReplyDelete
  28. Hahah lucu banget Mbk fotonya, aku sih iya lihat foto jadull agak gimana ya zaman kuliah dan SMA aku udah enggak ada fotonya di Bengkulu semua. Paling postingan teman-teman aja.

    ReplyDelete
  29. Mba aku ngakak pas baca foto yg ketauan ga tinggi. Haahaha.. resiko kalau moto sama bule ya gitu. Haha

    ReplyDelete
  30. Kreatif banget kak Lidha.
    Bhahaha...aku sampek nebak-nebak tiap ada foto kak Lidha muncul.
    "Kira-kira apalagi niih...yang salah sari foto ini?"

    Unik yaah...
    Manusia itu.

    ReplyDelete
  31. Foto dengan background orang-orang yang gak diharapkan aku punya banyak ��. Dan banyak lah foto yg lucu atau ngeselin. Haha. Sudah banyak yang dihapus juga ��.
    Btw foto yang paling bawah emang imut banget Mbakk.. suka aku liatnya :)

    ReplyDelete
  32. Saya sempat baca tagar ini berseliweran di medsos. Tapi ga dong ini challange apaan. Hihi...Saya ini termasuk yang kalau foto banyak gagalnya. Pengen terlihat ceria malah kelihatan tertekan. Sadar diri sih ga bisa bergaya kece kalau difoto..hihi...

    ReplyDelete
  33. Bbrp kali d colek teman buat ikutan upload foto until tomorrow tp ga ikutan malaa nyari foto lama selain foto lama ga bikin pede hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.