, , , ,

Tur Hotel Platinum yang Berujung Kebersamaan di Rooftop Balikpapan


Lelaki dengan separuh kekosongan rambut di kepala bagian depan dan menyisakan kepangan panjang menjuntai di belakang, tersenyum di depan sebuah tulisan besar CANTON sembari mengajak kami, bloger perempuan Balikpapan untuk mendekat. Sekali ia kibaskan kepangan rambutnya ke belakang dan para bloger pun menyusun diri di sisinya. Formasi ini tidak menunjukkan kami akan beradu kungfu dengan siapa pun, meski lelaki paruh baya yang saya maksud serupa Wong Fei Hung.

Para emak yang menyusun diri hanya berniat mengambil foto bersama seorang chef bermodel rambut dengan sebutan taucang atau bianzi di masa keemasan dinasti Tiongkok, dan tulisan CANTON yang saya maksud sebenarnya adalah Canton Restaurant di Hotel Platinum & Convention Hall Balikpapan.

Klik. Lalu, chef ini menarik rambut panjangnya ke depan. “Nah, begini,” katanya setelah yakin rambut panjangnya akan dipotret. Sebagian dari kami tertawa dan kemudian suara ‘klik’ samar terdengar lagi. Adegan ini terjadi tepat pada 27 Oktober 2019. Dua belas tahun sudah M. Nuh, Menteri Pendidikan (saat itu) menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Sebenarnya saya lebih suka menggunakan kata ‘blogger’ yang terasa lebih internasional dan mudah di pencarian google. Tapi, karena saya cukup malas memiringkan kata-kata asing :D jadi saya membiasakan diri menggunakan kata ‘bloger’, serapan kata ‘blogger’ dan telah resmi mengisi KBBI. 

Tahun 2019 ini cukup unik bagi perkembangan blogger Balikpapan yang tergabung dalam B!Blogger Community. Komunitas yang sesaat lagi menuju satu dasawarsa ini sempat vakum dalam kurun waktu lama dan tersendat-sendat menyatukan anggotanya kembali. Tapi, pada tahun ini, cukup banyak momen yang mengaktifkan dan menyatukan kami. Salah satu momen spesial itu jatuh pada hari Minggu bulan Oktober ini. Kami, bloger Balikpapan berkumpul di Hotel Platinum untuk bersilaturahmi dan diajak mengelilingi hotel berbintang empat yang cukup anyar hadir di Kota Beriman. Tidak hanya itu, kami juga kedatangan tamu spesial dari Kepala Diskominfo Kota Balikpapan: Pak Sutadi, Kepala DILO Balikpapan : Pak Istia Budi dan satu tamu istimewa lagi Bu Arita Rizal Effendi yang tidak lain adalah istri Wali Kota Balikpapan sekaligus Ketua Dekranasda Balikpapan. 

Eit, tapi saya mau menuliskan terpisah tentang B!Blogger ini, sharing session, gosip-gosip tipisnya dan jumpa-jumpa manis bareng mereka. Karena di blogpost ini, saya mau tur hotel Platinum Balikpapan lebih dahulu, hotel yang pernah menjadi tempat menginap Presiden Jokowi.

BACA : HARAPAN BLOGGER BALIKPAPAN

Nah, Presiden saja mampir di sini, kamu kapan mampir ke rumah orang tuanya ? 
(duh, nggak nyambung)

Menurut kalian kira-kira kamar yang menjadi pilihan Pak Jokowi seperti apa ya?

Selayang Pandang dan Lobby yang Luas Memandang

Sebenarnya sudah beberapa kali saya mampir ke Hotel Platinum Balikpapan ini. Banyak event yang diadakan di Platinum, membuat saya berkali-kali ke hotel ini. Cmumut sampai hapal bahwa ini "hotelnya". Tapi, saya belum pernah menginap sekalipun di hotel ini. Belum kesampaian.
...

Platinum Hotel & Convention Hall ini terletak di Jl. Soekarno Hatta No. 28 KM. 5 Balikpapan Utara, arah menuju Kota Samarinda, bila ditelusuri dari pusat Kota Balikpapan. Hotel berbintang 4 ini memiliki 200 kamar serta suite, menyediakan fasilitas kolam renang, spa, sauna, jacuzzi, pusat kebugaran dan favorit Cmumut tidak lain dan tidak bukan yakni adanya kids corner. Berbagai pilihan kamar untuk menginap, ruang untuk meeting dan event, serta adanya restoran gastronomi maupun rooftop ada di Hotel Platinum Balikpapan.

Ketika memasuki hotel dari pintu utama, di sisi kiri saya sudah bisa melihat kesibukan staf di balik meja resepsionis. Sementara di sisi kanan, terdapat kids corner yang selalu menjadi tujuan si kecil. Tepat di samping kids corner ada tangga belok arah model L menuju ke atas.
Platinum Hotel& Convention Hall
area lobby - Platinum Hotel& Convention Hall
Platinum Hotel& Convention Hall  Balikpapan
kids corner - berhadapan dengan lobby - Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan
Saya meneruskan langkah menuju lounge, pilihan bersantai sementara sambil menunggu acara dimulai. Dari pintu utama saja, saya dapat melihat banyak hal yang ditawarkan Platinum. Ada Canton Restaurant, Barium Bar & Lounge, Gourmet Pastry, Arcade Shop, serta lift.

Berkat manajemen, strategi, dan pelayanannya, pada tahun 2016 lalu, Hotel Platinum Balikpapan meraih penghargaan 'The Best Award dari Survey Record'. Meski pada tahun itu, usia Platinum Balikpapan  ibarat bayi mungil.
santai di banyak pilihan sofa
Tidak lama kemudian, Mbak Resyika selaku Assistant Director of Sales Platinum Balikpapan, datang memandu kami untuk bersama-sama menuju lantai 11.

Man-teman, lantai 11 ini bukan lantai sembarangan, di lantai inilah disediakan dua kamar Platinum Suite, tipe paling mewah yang salah satunya akan kami pakai untuk bersantai. Tidak semua hotel memiliki tipe kamar suite lho.

Nah, seperti apakah tipe ini?


Dua Platinum Suite
Seperti saya bilang, kami dipandu untuk menuju lantai 11 di mana tipe Platinum Suite tersedia, dan hanya ada dua kamar yakni no. 1128 dan 1129.

Jadi, di sinilah kami, di Platinum Suite 1128. Tipe Platinum Suite atau penthouse-nya Platinum ini disebut juga tipe president suite yang sebenarnya pernah disediakan untuk Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Balikpapan. Tapi, oh tetapi, ternyata Pak Jokowi malah memilih kamar yang lain.

Kalau Anda bertanya-tanya seperti saya, teruskan dulu membacanya ya.

Platinum Suite 1128

Begitu saya melewati pintu 1128, terpampang nyata luas ruangan ini. Di sisi kanan saya terdapat pantry dan ruang makan tanpa sekat yang terhubung dengan ruang santai dengan home theater. Meja makan panjang dengan enam kursi beserta peralatan saji tertata rapi. Saya sempat bertanya-tanya dalam hati, apa nanti boleh duduk di kursi makan ini ya? Ternyata boleh, sambil bercengkerama dengan teman-teman juga boleh hehehe.


Masih ada dua pintu lagi di dalam kamar 1128, satu pintu terbuka untuk kami bisa masuk dan terlihatlah ruang tidur yang luas yang sudah ditata sedemikian rupa untuk kami pakai. Tidak, tentu saja kami tidak tidur di dalamnya. Saking luasnya (bagi saya) ruangan ini bisa diatur untuk sholat berjamaah para bloger. Ada kamar mandi dilengkapi bath tub, tempat tidur dengan nuansa keemasan, dan sofa. Berkat ukiran khas Kalimantan di sisi kepala kasur, kamu akan paham sedang berada di mana.

Oya, masih ada satu pintu lagi sebenarnya yang menghubungkan area luar dan ROOFTOP BALIKPAPAN. Saya menyempatkan keluar sejenak untuk memotret Balikpapan dari atas. Dari sini saya bisa melihat pemandangan sisi lain Balikpapan.
balkon 1128
Menjelang ashar, kami bersiap untuk sholat bersama. Selanjutnya tim dibagi menjadi dua, tim perempuan dan laki-laki. Mbak Vinka Aprilita Pasimanyeku selaku Public Relation Hotel Platinum Balikpapan mengajak tim bloger perempuan untuk memulai tur hotel.
Vinka Aprilita Pasemanyeku (paling kanan)
Coba jawab ini, bagaimana cara memotret cermin dari arah depan tanpa membuat dirimu terpantulkan? Hmm
Kami, tim perempuan mengawali tur dengan memasuki kamar Platinum Suite yang kedua. yakni kamar 1129.

Pikir saya, semirip apakah 1128 dan 1129 ini ya?
Setelah saya masuk, oww ternyata beda meski atmosfernya serupa.


Platinum Suite 1129
Begitu pintu 1129 terbuka, kami berdecak kagum, atau kami memang doyan bilang waw di segala macam kondisi ya. Suite 1129 ini pun ternyata luas juga, ada ruang makan, pantry, ruang tamu, sudut baca, dua kamar tidur, ruang menonton dengan home theater.
Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan

Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan
Kami pun diberikan izin untuk memasuki kamar tidurnya. Kali ini, saya menemukan sentuhan violet di atas kasurnya. Cermin yang disematkan di kedua sisi tempat tidurnya, membuat ruang terasa lapang, meski kami kesulitan memotret dari arah depan, karena selalu saja menemukan pantulan diri sendiri. Bersebelahan dengan ruang tidur juga tersedia cermin berjejer dan bath room dengan amenities yang sesuai kebutuhan.

Executive Suite 


Sebelum mampir ke tipe Executive Suite, Mbak Vinka mengajak kami ke tipe kamar lain lebih dulu. Saya menuliskan tipe kamar berdasarkan dari yang 'ter-wow' hingga 'ter-waw' agar lebih nyaman dibaca.

Ini adalah tipe kedua setelah tipe Platinum Suite. Untuk per-malamnya Anda harus merogoh kocek di atas 1 juta. Kamar ini pun cukup luas bagi saya, ada mini bar, sofa, meja kerja yang terpisah dari ruang tidur nan eksklusif.

Junior Suite


Saya sudah menyebut Pak Jokowi menginap di Hotel Platinum ini bukan?

Awalnya ketika diceritakan bahwa Pak Jokowi menolak kamar Platinum Suite, saya mengira beliau minta pindah di Executive Suite, karena tipe kamar ini pun lapang, terdapat area dapur dan ruang untuk berkumpul. Eit, ternyata tipe Executive Suite pun bukan kamar yang menjadi tempat menginap Pak Jokowi.

Vinka Aprilita yang memandu kami menuturkan, bahwa waktu itu Pak Jokowi memilih kamar Junior Suite yang lebih kecil saja. Alasannya sederhana, karena beliau cukup nyaman dengan kamar ini. Bagaimana pun juga, karena sudah menjadi prosedur bahwa kamar presiden harus terhubung dengan staff, maka pihak hotel pun menyulap kamar Junior Suite sesuai permintaan.

Deluxe


Tipe kamar ini memiliki dua jenis: queen dan twin, yang satu dengan tempat tidur besar dan tipe satunya dengandua tempat tidur. Luasnya sekitar 30 m2 dan masih sama dengan tambahan nuansa ungu pada sofa dan selimut. Jumlah kamar Deluxe ini merupakan yang terbanyak dari tipe kamar yang lain. Semuanya berjumlah 145 kamar yang terbagi menjadi 50 untuk Deluxe queen dan 95 untuk Deluxe twin.

Bisnis 

Kalau beranjak dari tipe Platinum Suite menuju tipe Bisnis, keduanya pasti akan terasa perbedaan kelapangannya. Di kamar suite saya merasa bisa salto, sementara tipe Bisnis membuat saya ingin melepas lelah. Walau tipe ini adalah tipe terakhir di Hotel Platinum, namun jumlahnya tidak sebanyak tipe Deluxe. Total kamar Bisnis yang tersedia ada 35, terdiri dari 16 untuk bisnis single dan 19 kamar bisnis twin.

GALERI KAMAR
...

Meeting Room

Setelah mengitari tipe kamar-kamar yang ada di Hotel Platinum, Vinka yang ramah mengajak kami menuju GOLDEN Grand Ballroom. Nah, di lantai inilah saya kerap mengikuti berbagai macam event, di berbagai ruang pula. Jadi, serasa sudah akrab. Total meeting room yang tersedia ada delapan, disesuaikan dengan kebutuhan.
Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan

Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan


Kafe dan Restoran

...

Bila memasuki lobby, kita sudah dapat melihat resto dan kafe ini:
- Barium Cafe, 
- Canton Restaurant dan 
- Gourmet28 Pastry & Delicatessen, yang lebih menyerupai gerai.

Ketiganya ini berada di lantai satu.Sementara restoran lain yakni, Palladium Restaurant berada satu lantai di atasnya, di mana tangga menuju lantai ini dapat mudah ditemukan di samping kids corner. Saya melihat kesibukan saat melewati Palladium ini. Oya, rupanya ada ruang Palladium VIP Room di seberang Palladium Restaurant ini.

Kalimaya Spa & Wellness
Serta Fasilitas Lain
 

...


Sebelum benar-benar tuntas tur hotel kami, Vinka Aprilita mengajak kami lagi menyusuri lorong menuju Kalimaya Spa & Wellness. Amboooy, aroma wangi menyapa ke hidung kami. Bebauan ini saja bikin saya rileks sejenak.  Di ruang khusus spa dapat saya temukan dua bilik mungil sauna yang berbeda pemanasannya, ada uap dan tungku.

Di ruang itu pula saya melihat dua kolam air kebiruan. Ramai menyebutnya jacuzzi. Sewaktu saya menyentuh airnya, ternyata kolam pertama terasa dingin, sedang kolam kedua terasa hangat. Mendadak, saya ingin berendam di dalamnya.

Di ruang gym, teman-teman sudah ramai mengambil gambar, sementara saya baru saja masuk dan segera beranjak lagi untuk mengikuti arah Vinka.

Vinka Aprilita masih mengajak kami lagi menuju ruang-ruang pemijatan. Tur hotel ke lokasi seperti inilah yang selalu menyenangkan imajinasi.


Kebersamaan di Rooftop Balikpapan

...


Setelah dari Kalimaya Spa & Wellness, rooftop ini adalah akhir dari penjelajahan kami. Setelah mengitari lantai lobby, kami naik lagi menggunakan hingga ke lantai 10 dan terus menapaki tangga. Karena ROOFTOP BALIKPAPAN  atau dikenal juga rooftop terrace ini sebenarnya berada di lantai 11 dan seperti saya sebut sebelumnya, terhubung dengan Platinum Suite. Meski kami kedatangan tamu istimewa sore itu, suasana tetap terasa santai. Tim perempuan dan laki-laki kembali berkumpul di rooftop ini. Semuanya mengambil posisi masing-masing. Mau posisi duduk, posisi model dan fotografer semuanya ada. Kalau ingin mengambil gambar diri, tidak perlu repot mencari latar yang kece, semuanya keren.

Lantai dan perabotan kayu membangkitkan kesan natural di rooftop ini.
Di area live music yang agak tinggi dari lantai dasar, ada bingkai yang sebenarnya berfungsi untuk penerangan namun pas banget untuk berpose. Teman-teman banyak yang berpose di sana. Hasilnya sungguh keren-keren.

Sore itu langit juga sangat cantik. Awannya pun layaknya kapas beterbangan. Angin sore pada Minggu itu tidak terasa berat, tidak kencang, pun tidak kering dan dingin. Saya merasa nyaman. Teman-teman fotografer rupanya berharap bisa mengejar sunset. Namun matahari senja nampak malu-malu bersembunyi saja di balik awan. Mungkin membiarkan agar kami bisa bercengkerama semata.

Saya menyempatkan keliling di rooftop ini. Ada yang menyita perhatian saya. Nampak ada tanaman hidroponik di sisi lain rooftop ini. Ada sawi pagoda atau tatsoi, kangkung, serta daun mint.
Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan
sawi pagoda 
Acara berlanjut dengan sharing session antara teman-teman bloger, Ketua Blogger Balikpapan,Pak Sutadi (Kepala Diskominfo Kota Balikpapan), Pak Istia Budi (Kepala DILO Balikpapan) tamu istimewa kami Bu Arita Rizal Effendi (Ketua Dekranasda Balikpapan).

Setelah sharing session berakhir, kami pun berpamitan dengan Bu Arita Rizal Effendi, karena beliau adalah tamu yang lebih dulu meninggalkan rooftop terrace, lalu kami pun segera menunaikan sholat magrib. Sebagai penutup dan acara santai, setelahnya kami makan malam dan mendengarkan pengumuman doorprize.

Di blogpost ini saya mau mengucapkan terima kasih atas kebersamaan Platinum Balikpapan Blogger terutama yang sudah meluangkan waktu untuk mengajak kami berkeliling.


Salam,
Lidha Maul

============
info lanjut :
Infobpn@Platinumhotelindonesia.Com
IG : @platinumbalikpapan
IG : @rooftop.terrace


Share:

4 comments:

  1. Keren mbak!
    Karena sebelumnya ada kegiatan di tempat lain, jadi gak sempat ikut tour. Tapi saya mau coba nulis.

    ReplyDelete
  2. Wahh hotelnya cozy banget mbak. Desainnya modern dan bikin betah berlama lama

    ReplyDelete
  3. Junior Suite itu sekitar 2.5 juta per malam!
    Tapi khusus November 2019 lagi promo jadi Rp 1.028.000 nett.
    Dapat broadcast dari Mba Vinka :)

    Duh keren tulisan, mba
    Juara nih!

    Kalau perlu teman, ntar aku temani, nginap ya, bahahaha


    ReplyDelete
  4. td aku sampe buka traveloka utk cek hrg kamarnya, dan ternyata yg executive suite aja masih terjangkau yaaa ^o^. bisa niiih, kalo ke balikpapan nanti, aku pilih hotel ini :). sukaaa deh liat kamarnya2, apalagi ada kids corner.. cocok untuk anak2 :D..

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.