Mudahnya Berkeliling Pulau Jawa dengan Kereta Api

tiket kereta api online

Saya termasuk beruntung ketika pertama kalinya naik kereta api sudah dengan fasilitas yang nyaman, saat dimana orang-orang tidak lagi berdesakan dan pelayanan pun sudah ditingkatkan. Sebagai warga Borneo, kereta api adalah transportasi langka. Maka wajarlah, jika saya pengen banget naik kereta api saat di Pulau Jawa. Seperti biasa, setiap tahun kami mudik ke Tanah Jawa. 

Kami punya prinsip kalau sudah di Jawa, sayang kalau sampai tidak bisa kemana-mana. 

Apalagi saya sendiri memiliki keluarga di beberapa kota di Pulau Jawa, dan pastinya suami yang notabene asli Jawa punya keluarga dan kawan-kawan lebih banyak lagi yang menyebar di Pulau Jawa. Jadi, selagi bisa silaturahmi mengapa tidak kami diusahakan. 

Nah, itu alasan yang pertama. 

Alasan kedua, kami juga ingin berwisata di kota-kota lain. 

Biasanya kami memulai perjalanan dari Kota Malang, mengingat rumah mertua, tempat kami mudik memang di Malang. Tapi, tidak selamanya demikian. Beberapa kali, ide-ide berkeliling ke daerah lain muncul tidak selalu saat kami di Malang. Misalnya saja, ketika suatu saat kami bertolak dari Kalimantan menuju Solo. Dari Solo kami lalu mengitari daerah lain dan barulah berakhir di Malang, rumah orang tua. Hal yang perlu kami lakukan untuk bisa berkeliling di Tanah Jawa adalah dengan mencari tiket kereta api menuju daerah yang diinginkan.

Tentu saja tidak semua tempat di Pulau Jawa berhasil saya singgahi, meski demikian saya senang beberapa daerah tersebut adalah kota-kota besar di Kepulauan Jawa.

DKI Jakarta

Sebenarnya kemacetan bukan hal yang menarik di Jakarta, tapi sebagai turis, saya justru penasaran melihat orang-orang bisa bertahan dengan hal ini. Belum lagi gedung-gedung tinggi menjulang yang saling menatap dan bersaing satu dengan lain. 
ke jakarta naik kereta api

Sementara berwisata di Kota Tua Jakarta justru menawarkan hal yang berbeda. Ada ketenangan dan kenangan. Gedung-gedung peninggalan Hindia Belanda yang masih berdiri kokoh, budaya dan kulinernya masih dapat saya lihat di sini. 
Kota Lama
Wisata Kota Tua

Jakarta
kerak telur

Saya juga mampir ke Taman Mini Indonesia dan jalan-jalan menuju Monas.

Jawa Barat

Sementara di sisi lain Kota Jakarta, ada Bekasi, kota di provinsi Jawa Barat yang berdekatan dengan Jakarta yang juga saya singgahi.

melewati sebuah SD di Bekasi

Saya juga sempat menjejak di kota dan kabupaten di Jawa Barat lain yang sebagian besar saya ingat, seperti Bogor, Tasikmalaya, Garut, dan sebagian lagi saya lupa nama daerahnya. Biasanya nama tempat yang terlupakan ini karena kami cuma mampir makan, sholat dan tidak pakai menginap, atau sekadar mampir di stasiunnya.
Berpose di depan KRB sebelum berkeliling di dalamnya

Yogyakarta 

Entah berapa kali saya ke Jogja (sebutan khas Yogyakarta), walaupun belum juga terpuaskan. Bagi saya, Jogja itu unik, diisi dengan orang-orang kreatif dengan budayanya yang kental. Pernahkah ketika kamu menginjakkan kaki di suatu tempat untuk pertama kali dan tempat itu langsung membuatmu terkenang-kenang? Nah, seperti itu Jogja. Baru pertama sudah terasa akrab. Malam-malamnya terasa hidup sekali.
Suatu Malam di Malioboro
Candi Prambanan

Jawa Tengah

Ketika menuliskan tempat-tempat di Jawa Tengah dan sekitarnya yang pernah saya kunjungi, saya baru sadar kalau ternyata cukup banyak juga. Beberapa kali kami mengambil rute kereta api Malang-Solo lalu mengitari daerah lain.

Saya juga pernah ke Purwokerto dengan kereta api, mampir di Wonosobo dan melanjutkan ke Dieng. Menikmati pegunungan dan alamnya yang luar biasa.
kuliner di Purwokerto

Pemandian Kalianget-Purwokerto

Kawah Sikidang-Dieng

Tak lupa ketika singgah di Jogja lagi-lagi dengan kereta api dari Malang, kami pun memutuskan pergi Candi Borobudur yang ada di Magelang.
numpang ngukur tinggi doang ini mah


Jawa Timur

Seperti saya bilang di awal, tidak selamanya juga saya bertolak dari Malang menuju kota lain. Pernah saya bertolak dari Jogja, muter-muterin kota lain dulu baru balik ke Malang. Kalau kalian belum pernah ke Malang, saya kasih bocoran kalau di Malang banyak sekali tempat wisata. Tinggal cari tiket kereta saja untuk mudahnya. Nama Malang dipakai untuk penyebutan kota, kabupaten dan adalagi sebutan Malang Raya. Semuanya menyimpan potensi wisata yang indah. 
Ada banyak coban (air terjun) salah satunya : Coban Rondo
Coban Putri

Sedangkan Surabaya yang merupakan Ibukota Jawa Timur, biasanya saya ke sana untuk mampir ke rumah saudara, lalu keliling kotanya, oya pernah juga Kebun Binatang Surabaya yang menjadi kebun binatang pertama terbesar yang saya jelajahi.
Meski termasuk kota besar dengan banyak gedung raksasa, Surabaya ini kian tahun kian cantik berseri lho. Saya termasuk orang yang dari tahun ke tahun ke Surabaya dan melihat ada-ada saja perkembangannya. Taman-tamannya kini juga lebih banyak. Sayangnya tahun ini saya tidak sempat keliling Surabaya. Katanya, naik Suroboyo Bus bisa bayar pakai botol plastik. Kan bagus banget itu. Saya jadi gemes banget karena tidak bisa membuktikannya. Beneran butuh diulang liburannya. 

Beberapa daerah di Pulau Jawa juga sempat saya singgahi tapi tidak sempat berfoto, ada pula daerah yang saya lupa namanya (butuh liburan ulang)


Keliling Pulau Jawa dengan Kereta Api 

Untuk bisa pesan tiket kereta api setidaknya ada dua hal yang dapat dilakukan :
1) pergi ke stasiun dan atau 
2) memesan tiket kereta api online.

Cara pertama memang cukup memakan waktu, ini tentunya berdasarkan pengalaman saya ya. Karena saya harus mengantri dan oya, pernah pelayanannya tutup di hari tertentu.

Sedangkan cara kedua lebih praktis, saya bisa beli tiket kereta api secara online di Pegipegi.com

PegiPegi merupakan online travel agent yang selain menyediakan tiket pesawat, hotel, juga tersedia tiket kereta api beserta beragam promonya. Karena telah bekerjasama dengan PT.KAI, saya merasa tidak perlu khawatir soal kesesuaian harga dan jadwalnya. Selain kepraktisan dan promo yang ditawarkan, saya bisa mendapatkan poin ketika melakukan reservasi.


Cara Beli Tiket Kereta Api di Pegipegi

Oke, karena Paksu punya niat pergi ke Jakarta dari Kota Malang, maka cara memesan tiket kereta api online di Pegipegi.com seperti ini:

1. Agar lebih mudah, unduh aplikasinya.

2. Registrasi bisa via email

3. Masuk ke ‘cari kereta api’ isi (stasiun) kota keberangkatan dan (stasiun) kota tujuan. Isi pula tanggal keberangkatan dan pulang (jika PP) serta jumlah penumpang. Sebenarnya tidak perlu khawatir kalau tidak tahu stasiun apa (seperti saya maksudnya) karena Pegipegi akan memberikan opsi rute dari stasiun mana kita akan berangkat dan berakhir.
OPSI RUTE

Untuk anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan kursi, tapi tetap diisi datanya. Klik ‘cari tiket’

4. Pilih kereta yang tertera, perhatikan jadwal keberangkatan.

5. Isi ‘Data Kontak’, ‘Data Penumpang’

6. Penumpang bisa memilih letak kursi.

7. Lanjutkan dengan pembayaran. Pegipegi memberikan kemudahan pembayaran melalui ATM transfer, kartu kredit, internet banking, dan jaringan modern market yang telah dipilih.

Nantinya setelah sukses reservasi, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan fasilitas Mesin Cetak Tiket yang ada di stasiun untuk mendapatkan boarding pass. Dan setelah itu, ya sudah, beres. Sudah bisa deh keliling ke daerah-daerah di Pulau Jawa. Kelebihan naik kereta api itu, saya bisa melihat pemandangan alam dan kehidupan sosial masyarakat meski sepintas.

Kalau kalian memang tinggal di Pulau Jawa, rasanya sayang sekali kalau belum pernah keliling di Malang. Dan kalau kalian tinggal di luar Pulau Jawa seperti saya, lalu pergi ke Tanah Jawa suatu kali, moga-moga tidak kelewatan kesempatan ya untuk bisa naik kereta api. Biar tidak hanya didendangkan dalam lagu anak-anak saja.

Semoga setelah tulisan ini saya bisa berangkat lagi :)

Salam,
Lidha Maul

32 Komentar

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.

  1. Saya dan suami yang asalnya dari Jawa sempat ngobrol juga "kalau kita tinggal di Jawa enak kali ya bisa traveling dengan ongkos yang lebih murah". Kalau dari Sumatera kan pengeluaran terbesar saat traveling adalah ongkos pesawat karena kalau naik kendaraat darat bisa berhari-hari lamanya.

    BalasHapus
  2. Hihihi, pas sampai bagian ini:

    "... eberapa daerah di Pulau Jawa juga sempat saya singgahi tapi tidak sempat berfoto, ada pula daerah yang saya lupa namanya (butuh liburan ulang)"

    ... butuh liburan ulang!

    Kode keras nih Pak Alfa, hahaha...

    Tumben nih pose CMumut saja, absen^^

    Ditunggu cerita liburan seru lainnya ya...


    BalasHapus
  3. wow lengkap banget jalan2 naek kereta apinya, sampe kemana2. Aku pernah ke Bali naek kereta lanjut bis, tapi jaman masih sma hahaha, terakhir naik kereta ke yogya sama Raya, tapi anaknya suka karena mungkin bosen karena kelamaan dijalan :D Btw pegipegi emang tempat yg cucmey buat dapetin diskon buat hotel, kereta, pesawat dll.. selalu ku cek pegipegi kalau mau kemanapun demi diskon & dpt pepe point tentunya :D

    BalasHapus
  4. Sebagai warga negara yang berada di kepulauan dan tidak ada kereta api, saya dan kelu2 selalu merasa wajib naik kereta api kalau pulang kampung ke Depok atau Garut. Rasanya seru aja sih. Dan memang nyaman. Btw, sempat nyari tiket kereta api juga pas puasa di pegi-pegi jurusan Bandung - Jakarta. Sayang udah ludes.

    BalasHapus
  5. Wah sudah sampai Dieng, saya yang di Jawa malah belum pernah.
    Saya juga lebih suka ajak anak-anak naik kereta api kalau bepergian, soalnya kalau naik mobil, pasti mabuk. Jadi biar nggak repot dan anak-anak tetap ceria, pilihannya adalah kereta api

    BalasHapus
  6. Mumpung lagi di Jawa, puas-puasin traveling berbagai kota ya Mbak, naik kereta memang pilihan tepat, murah dan nyaman..adikku juga kemarin pas mudik ke Bogor dari Jambi nyobain MRT hehe

    BalasHapus
  7. Emang kereta api ini enak banget sih karena menjangkau banyak tempat di pulau Jawa. dekat dengan tempat wisata dan penginapan juga

    BalasHapus
  8. MBa, mainnya jauh banget sampe DIeng juga. Keren. Hehhehe. Iya skarang kereta api sudah jauh lebih baik mba dibandingkan sebelum sebelumnya :)

    Asyik ada pegi pegi ya

    BalasHapus
  9. Setelah tiket pesawat mahal, aku juga kemarin ke Jakarta merayakan Anniversary pakai kereta api. Lumayan ngirit 600 ribu, hahaha. Bisa untuk beli oleh2 uangnya..

    BalasHapus
  10. Yes mbak beruntung tinggal di Jawa bisa dijangkau kereta api ya kalau beeprgian. Aku jg smenejak pesawat mahal lbh serimgnya pulkam naik kereta api. Skrng udah nyaman banget bahkan yang ekonomi sekalipun anak2ku dah biasa naik dr Jkt-Sby

    BalasHapus
  11. saya udah sering naik kereta lintas provinsi. seru! tapi suami dan anak belum pernah nih. saya ditagih mulu kapan mau ajak jalan2 naik kereta, haha

    BalasHapus
  12. Iya, emang seruan naik kereta ya, Mba. Apalgi kalau ngga terlalu padat penumpangnya

    BalasHapus
  13. Wah, jadi pengen nyobain juga, keliling pulau jawa dengan kereta api...serunya sudah pasti ini...tinggal cari tiket pakai aplikasi pegi-pegi ga perlu antri-antri...

    BalasHapus
  14. Wah... malang, aku ingin ke malang. Wisata di sana memang banyak semoga terwujud jalan-jalan ke sananya.

    BalasHapus
  15. Sepertinya seru ya bisa keliling naik kereta api, sekarang juga banyak jalur kereta baru termasuk yang lop Jogja Semarang itu, hehehe. Dan dari list di atas, saya selalu paling suka kota Jogja, memang penuh cerita kotanya :D

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu pegi-pegi udah jual tiket kereta apinya juga. Pastu jadi lebih gampang nyari tiketnya ya mbak.

    Kalau aku lagi jalan di Jawa pasti pengen pake kereta api juga. Dulu pernah dari bandung surabaya dan dari surabaya ke jakarta. Zaman masih ada yang jual jualan di dalam kereta padahal kelas bisnis. Gak tahu juga sekarang modelnya gimana. Udah jarang ke Jawa soalnya tiketnya mahal >.<

    BalasHapus
  17. Kereta Api sekarang fasilitasnya, masyaaallah bagus banget. Toiletnya bersih, menu di restorannya pun lengkap, tempat duduk nyaman

    BalasHapus
  18. Aku juga pengguna pegi-pegi. Kalau keluar kota, pesan jotelnya sellau lewat pegi-pegi. Sambil ngumpulin poin. Lumayan tuh, sering dapet promo ini itu.

    BalasHapus
  19. Idenya keren nih Mak. Naik kereta api keliling Pulau Jawa. Bisa menghemat waktu pula. Nggak akan terjebak macet. Pesan tiketnya pun mudah lewat pegipegi. Banyak promonya juga.

    BalasHapus
  20. Luar biasaaa muterrrrrr
    Pas jabar g mampir tangerang kita zalan2 ke ikea ahey

    BalasHapus
  21. Iya banget, jalan-jalan di banyak tempat wisata di pulau jawa mah sebenernya gampang ya. Cukup pake kereta api aja. Biar cepet dan gak macet. Mana kereta api sekarang kan nyaman dan bersih ya

    BalasHapus
  22. Sekarang mah enak banget ya mbak, mau pesan tiket kereta api tinggal ke Pegi-pegi aja. Ingat jaman dulu mamahku pernah minta tolong adiknya untuk membelikan tiket kereta dan antriannya bikin pusing dulu itu.

    BalasHapus
  23. Waah baca artikel ini jadi kepikiran mau traveling pulau jawa dari ujung ke ujung denga kereta api. Seru kali ya. Apalagi ada pegi2, bisa pesan langsung semua tiket perjalanan kita

    BalasHapus
  24. Kak Lidh...iih...aku pangling yaa..
    Makin kaya mahasiswa aja foto-fotonya, hehee..jarang sama anak.
    Naik KAI bisa booking pakai pegipegi yaa...selama ini pakai pegipegi hanya untuk menginap aja.

    BalasHapus
  25. Wah, kalau dari luar Jawa memang harus sekalian keliling2 ya, Mbak. Apalagi kalau berkereta api itu kan anti macet, jadi perjalanan lebih cepat dan bisa santai. Btw kereta sepertinya memang sudah menajdi moda transportasi favorit di Jawa. Reservasi tiketnya pun sekarang mulai susah, harus jah-jauh hari kalau mau dapat yang sesuai tanggal yg kita inginkan.

    BalasHapus
  26. Naik kereta emang pilihan pas banget Lidh... bebas macet .. terjangkau harganya juga ya..

    BalasHapus
  27. Naik kereta tuh emang moda transportasi yang paling aku sukai soalnya bisa lihat pemandangan selama perjalanan dan anti macet

    BalasHapus
  28. Klo waktunya senggang, aku juga lebih milih naik kereta mba. Tapi klo waktunya mepet, aku prefer naik pesawat supaya badan gak remuk ketika besoknya harus lgsg ngantor.

    BalasHapus
  29. Wah seru banget pengalamannya berkeliling kota-kota di Pulau Jawa naik kereta :D Perjalanan dengan kereta sekarang juga jadi pilihanku di saat harga tiket pesawat bikin nangis. Ahahaha. Kalau main ke Surabaya lagi, jangan lupa nyobain Suroboyo Bus, naik bus tukar botol plastik. Utamanya yang bus tingkat alias double decker ya mbak :) Hindari hari Sabtu Minggu kalau naik, enakan pas weekdays, jadi nggak antri dan nggak penuh. Salam, dari warga Surabaya :)))

    BalasHapus
  30. pengen ajakin anak bungsu naik kereta api belum kesampean hahaha next ah jadi kangen nek kereta

    BalasHapus
  31. Pengalaman seru saya naik kereta adalah ketika naik kereta kelas ekonomi (Gaya Baru Malam Selatan 173) dari St.Wonokromo (surabaya) ke St.Pasar Senen (jakarta). Waktu tempuh dari Wonokromo ke Ps. Senen yaitu -+13jam 46menit.

    Tempat duduk 3-3 saling berhadapan. Dan kebayang selama -+ 13jam 46menit kaki tidak bisa selonjor bebas krn ada penumpang didepannya.

    Capek sih, tapi seru hehehe.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama