, , , , , ,

Warna-Warni ASUS Blogger Gathering Balikpapan

ASUS Blogger Gathering Balikpapan
foto : Bambang Herlandi
ASUS Blogger Gathering Balikpapan
Titip salam ke pulau seberang,
berlayarnya menggunakan sampan,
Siapa kira penantian itu terbayar sekarang,
Saat ASUS Blogger Gathering hadir di Kota Balikpapan.”

Setelah sekian purnama saya bertanya-tanya apa mungkin ada event ASUS untuk bloger di Balikpapan, akhirnya terjawab sudah. Sabtu lalu, 7 September 2019 bertempat di Quartz Room Aston Hotel, sebuah acara bertajuk ASUS Blogger Gathering hadir di Balikpapan untuk pertama kalinya. Acara ini merupakan bagian dari roadshow ASUS Gathering di beberapa kota di Indonesia.
Sebenarnya kabar acara ASUS ini akan hadir di Balikpapan sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu, bahkan sebelum Ramadan. Namun, mungkin karena persiapan belum matang dan masih ada hambatan, hingga persuaan ASUS dan narablog Balikpapan jatuh pada bulan September. Sejujurnya saya cukup senang dengan tertundanya acara ini, karena selama Ramadan dan setelahnya saya masih berada di Pulau Jawa. Ketika mbak Katerina S, seorang narablog berdarah Palembang yang berdomisili di Jabodetabek mengontak bloger Balikpapan, hampir bisa dipastikan cukup deg-deg-serrr memikirkan apakah kuota nanti dapat tercukupi atau tidak, mengingat tidak mungkin semua bloger dapat hadir. Syukurlah, menjelang hari H, para peserta dapat bergabung di grup khusus dipandu mbak Katerina yang sigap secara profesional mendaulat dan mengantisipasi hal-hal yang mungkin dapat menjadi kendala acara nantinya.

WARNA-WARNI KOSTUM BLOGER


Blogger Gathering kali ini ini terasa unik bagi saya. Biasanya saya cukup santai, cukup sabar menanti acara. Khusus ASUS Blogger Gathering saya dilanda rasa senang jauh sebelum acara dimulai. Di grup pun kami sudah ramai, saling melontar tawa meski belum jumpa. Mbak Katerina pemilik rumah digital www.travelerien.com rupanya begitu detail mempersiapkan acara, sampai-sampai cenderamata berupa selendang dan tanjak ia bawa dari Sumatera khusus untuk kami peserta Balikpapan. Ini siapa yang tamu, siapa tuan rumah, siapa yang memberi oleh-oleh ya?

Para peserta diminta menggunakan dresscode berwarna cerah, sama seperti dengan tagline ASUS VivoBook Ultra A412 yang mencantumkan kata colorful. Maka, beberapa hari menjelang acara adalah kesempatan bagi saya untuk mengubrak-abrik baju hanya karena pakaian saya cenderung lebih banyak gelap. Ternyata hidup memang warna-warni, setelah membongkar pakaian, saya tersadar ada pakaian yang layak disumbangkan dan ada pula yang layak diolah. Coba kalau tidak diminta berpakaian khusus, mungkin isi kepala saya datar-datar saja memikirkan hidup.
ketika datang, diberi selendang
foto : kokoh hendra
Akhirnya pada hari H, saya memilih pakaian berwarna tabrakan biru dan kuning, mungkin sensasinya unik saat dipotret. Momen istimewa ASUS Blogger Gathering Balikpapan dimulai pada siang hari, memberikan kami kesempatan untuk makan siang, sholat dan juga saling sapa. Satu keistimewaan juga, Kota Balikpapan yang biasanya cuaca cerah gerah menggoda kulit, pagi itu ditegur mendung dan gerimis tipis, senang juga rasanya ada hujan hadir di antara hari-hari yang gersang.

Setelah pembagian selendang untuk peserta perempuan dan tanjak (topi khas melayu) untuk laki-laki, kami pun mengenakannya selama acara berlangsung. Saya memilih warna kuning, entah karena apa, karena sebenarnya saya suka semua warna. Tapi, karena diizinkan untuk memilih, maka warna itulah yang terpikirkan oleh saya.
tim berselendang kuning
tim selendang warna-warni
ISHOMA sebelum memulai acara
bersenda gurau ala emak milenial sebelum mulai acara
peserta laki dengan tanjaknya
Tidak hanya seorang bloger Katerina, ada pula Bang Afit yang setahu saya sering disapa Koh Afit (meskipun sekarang saya jadi tahu beliau tidak se-kokoh itu :D). Bang Afit adalah bloger sekaligus reviewer yang mengelola idekeren.com dan urbandigital.id yang akan berbagi cerita tentang geraknya di dunia digital. 

Turut hadir pula David Windra, selaku Account Manager ASUS Daerah Khusus Ibukota Kaltim dan Kaltara, begitu sebut beliau ketika sesi perkenalan. 
David Windra, Account Manager ASUS area KalTim dan KalTara.
Selain memperkenalkan diri juga memperkenalkan ASUS
dari kiri : Bang Afit, Mbak Katerina dan Mas David W.
Dalam acara ASUS Blogger Gathering Balikpapan tentunya tidak hanya mengumpulkan bloger Balikpapan dan teman-teman dari ASUS, melainkan juga mengenalkan produk ASUS. Kali ini produk ASUS yang tampil adalah laptop kece ASUS VivoBook Ultra A412, si laptop ultra kecil nan futuristik yang akan diulas oleh bloger.
Laptop ASUS yang akan dikenalkan
photo by : Kokoh Hendra

WARNA-WARNDUNIA MENULIS DAN BERKREATIVITAS
BERSAMA ASUS


Mbak Katerina si @travelerien

Mbak Katerina membuka acara dengan ceria, menyapa kami dengan riang. Sepertinya memang bawaan beliau ini yang kemana-mana selalu bahagia hingga semua itu mengalir pula ke saya. Sebelum melabeli diri sebagai bloger (and blogging as a job), Mbak Katerina mengakui dirinya dulu adalah bloger alay, bloger cupu, sama seperti kisah bloger-bloger lain sebelum dikenal. Mbak Katerina memulai hobi menulisnya dan menuangkan semuanya di blog yang kini sudah tiada. Tahun berganti tahun, hingga penyaluran hobi menulis dan fotografi itu berakhir dengan tepat. Semangat menulis Mbak Katerina ini ia ceritakan pada kami. Selain menulis di blog, Mbak Kate, boleh disapa demikian atau Mbak Rien, juga memotivasi dirinya dengan mengirim berbagai tulisan ke media-media daring dan luring. Hasilnya? Puluhan karyanya mewarnai media cetak nasional seperti koran dan majalah, buku antologi pun ia lahirkan, tak ketinggalan berbagai lomba blog ia ikuti, baginya kalah-menang soal biasa, kemenangan awal adalah berani mencoba. Saya pun menyerap spirit ini, teringat banyak lomba blog yang saya ikuti dan kalah namun berakhir positif suatu hari. Untuk bisa menjadi bloger yang berpenghasilan dan memberi nilai positif bagi orang lain tentunya membutuhkan proses. Seiring waktu harus pula banyak belajar, mengikuti kelas-kelas pelatihan ngeblog, kelas menulis, dan hadir di acara bloger. Menyerap ilmu dari mana saja. Demikian saran Mbak Katerina.
kuis : Mbak Katerina dan Aisyah Dian

Kini, Mbak Katerina sudah menjalani aktivitas seabrek sebagai bloger. Blognya yang berniche (bertema khusus) traveling yang ‘membuat ia berjalan-jalan terus’ telah banyak dikenal dan menjalin kerja sama. Sebagai bloger kekinian, kegiatan Mbak Katerina bukan hanya menuangkan tulisan. Konten yang dibuat juga mencakup gambar, audio dan atau pun video karena kenyamanan pembaca sangat beragam. Mbak Katerina pun memiliki hobi memotret dan harus siap membuat konten video serta menyelesaikan tugas-tugas tenggat. Ya, menjadi bloger bisa lebih berat daripada menanggung rindu.
Mbak Katerina : zencreator yang mungil, enerjik dan menginspirasi

Tapi, semua itu menyenangkan selama adanya support system mengitari. Dukungan ini bukan hanya dari orang terdekat, namun juga sarana yang mumpuni. Mbak Katerina merasakan hal itu, sebagai bloger tidak mungkin tidak membutuhkan gawai. Sebagai bloger, Mbak Katerina bepergian dan bekerja bersama gawai andalannya, ASUS. Urusan laptop yang ia butuhkan yang berperforma handal, yang bisa cekatan membantu pekerjaan layaknya ASUS. Karena kerap menggunakan ASUS, Mbak Katerina pun menjadi bagian dari BLUS, Blogger ASUS dan juga seorang Zencreator. Mbak Katerina pun menanyakan “apa itu Zencreator” ke peserta. Zencreator adalah orang-orang yang bergerak di bidang konten kreatif dengan menggunakan perangkat dari ASUS baik Zenfone mau pun Zenbook, Mas David WIndra menambahkan bisa dengan produk ASUS lainnya. Sama seperti BLUS, tidak serta merta setiap orang bisa menyematkan diri sebagai zencreator. Tapi, bisa saja saya dan peserta lain menjadi zencreator pula nantinya. 

Lalu, laptop apa sih yang handal mendampingi para konten kreator ini. Soal ini Bang Afit lah yang akan bercerita.

ASUS VIVOBOOK ULTRA A412,
LAPTOP ULTRA WARNA-WARNI TERKECIL
YANG SIAP MENYERTAI KREATOR KONTEN

Afit HK, demikian nama akun instagramnya yang tidak sempat saya tanyakan apa itu HK, mengenalkan diri sebagai digital nomad. Menurut Bang Afit, yang dibutuhkan seorang digital nomad ada tiga, yakni internet, skill dan gadget yang mumpuni. Nomad berdasarkan KBBI bermakna berkelana, jadi seorang digital nomad bebas ke mana pun bekerja asalkan 3 kebutuhan tadi terpenuhi. Di masa kini, internet bisa ditemukan di mana pun, dan keahlian bisa diasah, untuk gadget yang mumpuni, Bang Afit mengenalkan ASUS VivoBook Ultra A412, “The World’s Smallest Colorful 14 inch Ultrabook” sebagai peralatan handal seorang digital nomad.
Bang Afit, sering dengar namanya, baru bertemu orangnya
3 kebutuhan seorang digital nomad
ASUS Blogger Gathering Balikpapan
ASUS VivoBook Ultra A412

ASUS VivoBook Ultra A412 hadir dalam desain stylish dan performa yang powerful. ASUS VivoBook Ultra A412 adalah laptop ultrabook berlayar 14 inci ringkas yang saat ini diklaim terkecil dan paling berwarna di dunia, cocok untuk kaum mobile yang berkeharusan membawa laptop ke mana pun, sehingga tidak memberatkan fisik. 

“Desainnya pun cakep sehingga tidak malu-maluin kalau dibawa area publik,” ucap Bang Afit.

Laptop ultrabook berukuran 32,2 cm x 21,2cm x 1,9cm ini terlihat portable saat dijinjing dan dimasukkan ke dalam tas. Selain bodinya yang ringkas, bobotnya yang ringan 1,5 kg, dan penyematan prosesor Intel generasi ke-8, ada pula beberapa kelebihan ASUS Vivobook Ultra A412 lainnya :

  • Ergolift Design

ergolift, membuat inti bodi terangkat
Desain ergononis yang menyamankan bisa mengangkat bagian bodi dan keyboard sehingga membentuk dua derajat. Dengan demikian aliran udara pun lancar dan membuat laptop tidak cepat panas. 

  • Windows 10


Ingin ‘say no to Windows bajakan-bajakan club’? Karena ASUS menyediakan Operating System Windows 10 dalam ASUS Vivobook Ultra A412 yang pastinya legal. 

  • Windows Hello

Bila di smartphone kita jumpai fitur fingerprint sebagai sistem unlock dan pengaman, demikian pula halnya ASUS Vivobook Ultra A412 yang di sini sudah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan mengetikkan password.

  • Bezeless

Bezel atau area yang membingkai layar, jauh lebih sempit dibanding laptop yang biasanya dijumpai. Ini mengasyikkan, karena layar yang di depan mata jadi nampak lebih luas. Bezel ultraslim dengan ukuran 5,7mm

  • Ragam pilihan warna

Tersedia 4 pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera : tranparent silver, slate grey, peacock blue, coral crush.

  • SSD up to 512 GB

SSD (storage di atas HDD)

  • Sonic Master

Audio terbaik untuk para penikmat suara serta mampu menyaring suara-suara bising.

  • Backlit Keyboard

Keyboard ASUS Vivobook Ultra A412 telah menggunakan LED backlit agar bisa digunakan dalam suasana gelap.

  • ASUS True to Life

Merupakan fitur ASUS yang menyempurnakan gambar.

Selain mengenalkan ASUS VivoBook Ultra A412, Bang Afit juga mengenalkan produk laptop ASUS lainnya yakni K403.
ASUS VivoBook Ultra K403 yang juga diperkenalkan saat acara

ASUS VivoBook Ultra K403


WARNA-WARNI GAYA BLOGER
DAN ASUS VIVOBOOK ULTRA A412


Sesi selanjutnya adalah coffee break dan sesi pengalaman bersama ASUS VIVOBOOK ULTRA A412. Ya, masa’ hanya dikenalkan, harus juga bisa merasakannya ya kan.


Sesi ini juga membuat kami menjadi ramai dan sekaligus bertujuan untuk mengambil foto untuk lomba Instagram. Kami mengambil lokasi pemotretan di kolam renang Infinity Aston Hotel yang cantik. Pemandangannya bagus banget, untuk saya yang sudah beberapa kali ke Aston tetap tidak bosan dengan lokasi ini. Gaya teman-teman bersama laptop : memegang, membawa, menggunakan dan memangku, ternyata beda-beda ya, penuh warna. Ada yang nyaman duduk di lantai, ada yang lebih memilih duduk di kursi, ada yang bersandar dan ada yang senang berbaring. Unik.
gaya mahasiswa yang terlalu banyak tugas.
Foto : Lidha Maul
gaya pelajar
Foto : Lidha Maul
gaya womanpreneur
Foto : Lidha Maul
gaya perempuan milenial gaess
Foto : Lidha Maul
gaya santuy
Foto : Lidha Maul
gaya bahagia bisa ngangkat laptop
keramaian di infinity pool Hotel Aston Balikpapan
sebagai bloger, Anda tidak hanya dituntut bisa menulis, bisa memotret, bikin video dan masih banyak lagi
Foto : Mbak Katerina

Setelah sesi pemotretan, saya buru-buru mengunggah foto ke instagram, tanpa memilah-milih lagi, saya pikir semua orang sudah melakukannya, karena saya masih saja di sekitar kolam renang sementara teman-teman sudah memasuki ruangan kembali. Ketika tiba di Quartz Room lagi, ternyata para peserta baru mulai mengunggah fotonya. Sembari menunggu pengumuman pemenang lomba IG, kami disuguhi pantun dari teman-teman yang hadir dari luar kota.
pantun challenge
para pemenang lomba instagram.
Keseluruhan acara siang hingga sore itu luar biasa. Saya masih punya cerita luar biasa lain setelah acara, tapi akan saya tulis terpisah. Intinya benar-benar sesuai harapan saya ketika mengikuti acara ASUS Blogger Gathering Balikpapan ini, bahkan di luar ekspekstasi sih sebenarnya. Karena jauh lebih menyenangkan.

Terima kasih ASUS, Mbak Katerina, Bang Afit dan Mas David. Senang bisa mengikuti acara ini.
Sebagai penutup, saya kutipkan pantun dari Mas David Windra.

“Pergi ke Kota Melak mencari duren,
dibawa pulang untuk seseorang yang khusus.
Jangan ngaku jadi orang yang keren,
Kalau laptopnya belum pakai ASUS.”
Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.