INI DIA KEBUTUHAN BERKEBUN YANG SAYA INGINKAN UNTUK RAMADAN EKSTRA DAN TIPS BELANJA HEMAT DI TOKOPEDIA

May 15, 2018



Belanja Kebutuhan di Ramadhan

Minggu-minggu menjelang Ramadan ini terhitung padat dan sibuk, rencana mau mudik sebelum Ramadan pun batal.. Syukur alhamdulillah rumah sedang dalam perbaikan.


Satu sisi ini baik, satu sisi pula, karena perbaikan, pekarangan jadi hancur (untuk sementara). Tumpukan tanah, batu, bongkaran dimana-mana. Tanaman-tanaman saya penuh debu dan ada yang terpaksa direlakan. Tapi, saya nggak merasa sedih juga sih, karena tanaman-tanaman yang ikut rusak itu, sudah saya anggap sedekah.


Intinya, krena perbaikan rumah, karena akhirnya belum bisa mudik, karena mesti mengembalikan kondisi rumah agar nyaman kembali, termasuk meramaikan kembali dengan tanaman-tanaman saya saat bulan suci ini, maka saya menyebutnya Ramadan Ekstra.  Ekstra rencana, ekstra kerja keras, ekstra pengeluarannya, ektra segalanya deh agar semua bisa beres saat Idul Fitri nanti. Tapi, biar pun bakalan ekstra pengeluaran, saya tetap mau ekstra hemat.

Untuk penghematan ini, saya sudah merencanakan membeli beberapa kebutuhan berkebun di Tokopedia, sekaligus tips-tips belanja hemat di  bulan Ramadhan yang teman-teman juga bisa tiru :

Pertama:
Membuat daftar kebutuhan:
1. Sarung tangan gali
Sebelumnya saya sudah punya sarung tangan untuk berkebun, sayangnya sudah rusak. Sarung tangan lainnya, khusus bertukang. Itu lho, sarung tangan yang ada totol-totol di sisi sebelahnya (ada yang bilang sarung tangan bintik,  entah nama lainnya). Tapi, sarung tangan ini kurang pas untuk aktivitas berkebun yang cenderung banyak bersentuhan dengan tanah, apalagi kalau tanahnya lembab. Kemudian saya menemukan sarung tangan ini di Tokopedia, cocok banget buat maen-maen tanah.
Sarung Tangan Berkebun


2. Tools Berkebun serbaguna
Sekop mini saya, gagangnya sudah hancur termakan usia (dan kemalasan si pemiliknya merawat). Lagipula 1 sekop mini ternyata nggak cukup, karena mesti rebutan dengan Cmumut, saya pun memutuskan tuk mencari di Tokopedia dan ternyata menemukan sekop multifungsi seperti ini :
Katanya nih, cocok juga untuk pekebun pemula alias rumahan.

3. Vertical Planter.
Agar tidak menyesakkan pekarangan yang sudah terasa penuh, ada baiknya saya merencanakan menanam dengan metode vertikal untuk mengantisipasi lahan terbatas.


Kedua.
Setelah membuat daftar kebutuhan, biasanya akan ada banyak pilihan produk di Tokopedia. Karena itu, cek dulu harga masing-masing toko online yang menyediakan produk serupa di Tokopedia sebelum membeli. Selain memastikan memastikan produk memang murah, saya juga memilih agar produk yang saya beli tidak murahan.

Ketiga.
Membaca spesifikasi produk dan ulasan pembeli sejelas-jelasnya dan berulang. Dari situ saya tahu, bahwa barang yang saya inginkan memang nyata adanya, jelas transaksinya dan ada kepuasan pembeli lain pula. Karena berbelanja di bulan Ramadan, inginnya adem ayem, lancar dan akadnya jadi pahala ya kan.

Keempat.
Tambahan nih, untuk penghematan di bulan Ramadan, saya pilih produk dari penghasil lokal. Karena kalau mutunya bagus, dengan harga yang miring, saya tentu bisa irit berbelanja bukan?

Kelima
Untuk menghemat ongkos kirim, saya bisa memilih seller yang terdekat. Biasanya,  saya memang sukar menemukan toko online/penjual yang menjual produk yang saya incar dan lokasinya berdekatan dengan lokasi saya (di Balikpapan) alias sekota alias sepropinsi. Tapi, meskipun sukar, saya tetap bisa menemukan setidaknya yang cukup dekat dari lokasi saya agar ongkos kirim yang saya tanggung tidak terlampau berat.

Keenam
Selain mencari seller terdekat, agar bisa menghemat ongkos kirim, pilih juga metode pengiriman yang paling efisien. Karena di Tokopedia menyediakan berbagai metode pengiriman dan saya tinggal menyesuaikan kebutuhan dan dana saya. Karena setiap pilihan pengiriman akan diperlihatkan nominalnya.

Ketujuh
Memilih cara pembayaran yang tepat. Ada beragam metode pembayaran yang disediakan Tokopedia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan buyer.

Kedelapan.
Pastinya manfaatkan Promo dan Diskon. Jika saya tidak langsung berbelanja pada saat saya mencari produk, maka hal yang saya lakukan adalah menyimpan source link produk yang saya incar. Tujuannya apa? Ya, apalagi kalau bukan memanfaatkan promo-promo dan diskon, khususnya di bulan Ramadan ini dimana Tokopedia memberikan rangkaian promonya  seepaaanjaaanggg Ramadan. Dengan kedelapan cara ini, saya kepengen bisa ekstra hemat berbelanja kebutuhan berkebun di Tokopedia.

Malah sebenarnya nih, Tokopedia juga mengadakan Ramadan Ekstra.
Saya belum tahu gimana rasanya Ramadan Ekstra dari Tokopedia ini, karena belum berbelanja. Tapi, katanya sih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra, layaknya festival belanja online “Black Friday”.
Aish, sudahlah rahasia,  pakai kejutan, ada ekstranya pulak.

Tapi, baiklah, kutandai dulu kau tanggal 25 Mei, biar ndak lupa.

Ngomong-ngomong soal Ramadan Ekstra, impian saya Ramadan tahun ini bisa menjadi Ramadan yang Ekstra. Ekstra ibadahnya, ekstra produktif, ekstra kreatif, ekstra waktu tuk membaca buku, ekstra berdoa, dan tentang pekarangan saya, jumlah tanamannya mesti ekstra pula dari sebelumnya. Tak lupa saya juga mau ekstra hemat, jangan sampai berlebihan atau mubazir. 
Ekstra hijau, ekstra bahagia

Saya sudah mencatatat beberapa kekurangan diri ini di Ramadan lalu dan berharap Ramadan ini tidak megulanginya. Pastinya,  saya ingin Ramadan tahun ini, membuat diri saya lebih baik dari tahun sebelumnya. Aamiin.
Semoga, teman-teman yang akan menjalankan Ramadan tahun ini pun demikian.


Salam,
Lidha Maul

You Might Also Like

9 Comments

  1. WAh mantep mbak, saya juga seneng berkebun.. menikmati hasil panen dari kebun sendiri tuh rasanya nikmat banget :D

    ReplyDelete
  2. wii... sarung tangan ada cakarnya ya... mupeng nian sama vertical planter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian kalau punggung gatal tinggal garuk-garuk hahaha
      **canda**

      Delete
  3. Gua juga hobby berkebun dan bunga mawar ada kesukaan gua, cewek banget kan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gak bener itu mas, tetap lelaki kok :D
      Mari kita sebut tipe romantis dan penyayang tanaman saja

      Delete
  4. Wah makasih infonya, jadi pingin belanja juga di tokopedia😁 dan penasaran dengan ramadan ekstranya juga😃

    ReplyDelete
  5. Iya banget, ada kejutan Ramadhan ekstra di Toped. Nyediain voucher bejibun pake belah ketupat hehehe. Jadi, mba Lidha itu sarungtangannya bikin mupeng daku...

    ReplyDelete
  6. Eh, ada ya sarung tangan gali gitu. Asyik bisa langsung cakar-cakar nih. Mau juga aah...
    Lagi asyik main tanah jg saya mbak^^

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

My Inspiration Stories

DIBALIK DOMPET YANG HILANG ADA DOA YANG MENGEMBALIKAN

" Berdoalah kepadaku Niscaya Akan Kuperkenankan Bagimu" (TQS 40:60) Saat itu masih awal pernikahan kami yang be...