Cranberry Rahasia Sehat dan Aktif Perempuan

July 14, 2017


Demi apa coba saya menahannya waktu itu?

Kejadiannya sudah lama sekali, saat saya masih SD. Kejadian singkat yang membuat saya menderita luar biasa. Saya masih ingat sakitnya walau alurnya sudah terlupakan. Waktu itu saya sudah berseragam rapi, bersiap ingin berangkat sekolah. Kemudian tiba-tiba hasrat buang air kecil tidak tertahankan lagi. Sebelumnya saya sudah merasakan ketidaknyamanan, Saya pun lari ke kamar mandi. Namun anehnya, saya kesakitan. Nyeri luar biasa. Saya nggak bisa buang air kecil! Seperti ada sesuatu menghalangi! Sambil memegang perut dan menunduk-nunduk, saya berteriak-teriak meminta pertolongan.
Seperti biasa, Ibulah orang nomor satu yang datang. Ada orang lain, tapi tak lagi bisa diingat. Saya diminta berbaring di ranjang dengan menyanggakan kaki ke atas. Ibu saya yang cemas, bertanya setengah putus asa, “ini gara-gara tadinya ada nahan pipis ya kan?”
Saya yang betul-betul kesakitan menjawab dengan tersedu-sedu dan berteriak:
“Iyaaaaaaaaa.”
***
Peristiwa itu berlalu lama sekali dan terlupakan. Setelah dewasa saya baru tahu istilah ini dinamakan anyang-anyangan. Istilah yang memang tidak familiar dalam bahasa saya sehari-hari. Peristiwa ini baru teringat kembali ketika saya mengikuti event outdoor bareng teman kampus.  Ya namanya juga outdoor,tidur ya tidur sembarang toilet pun kurang ramah dalam pandangan. Sebagaimana cewek pada umumnya,saya cukup risih ngejongkok di area yang bikin hati tidak nyaman, atau memang tempatnya kotor, bau dan jorok. Begitulah cewek. Mendingan ditahan saja, daripada kehormatan pipis ternoda. Efeknya, pada fase pipis selanjutnya (maaf, kalau kata pipis kurang nyaman dibaca) muncul ketidaknyamanan, seolah-olah ada hambatan.  Disitulah saya baru ingat, saya pernah punya kasus menahan pipis di masa silam. Syukurnya kejadian itu tidak separah di masa silam.

Harusnya memang sudah jadi pelajaran. Sayangnya, saya sering meluapakan kasus kemih ini. Padahal saya perempuan yang katanya perempuan itu mikirnya bisa lebih banyak dari actionnya saat mau buang hajat. Katanya perempuan itu rawan kelembapan dikarenakan organ intimnya di dalam, katanya perempuan itu lebih mudah terkena anyang-anyangan ditambah ada kasus kehamilan yang mana terjadi hanya pada perempuan. Eh sebentar… ini bukan lagi katanya tapi faktanya ya kan. Walaupun tentu bisa kejadian juga pada pria atau orang-orang berbagai macam usia, termasuk saya saat masih anak-anak.

Karena kejadian ini bukan kejadian yang patut dilupakan justru harus dijadikan pelajaran, saya kemudian ingin memahami mengapa, bagaimana anyang-anyangan alias gangguan hasrat pipis ini dapat terjadi.

Anyang-anyangan ini sebenarnya merujuk pada Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang penyebab terbesarnya adalah bakteri e-coli sekitar 80%. Namanya saja infeksi, artiya ada kuman di saluran kemih kita. Walaupun semua usia dan jenis kelamin dapat mengalaminya, namun perempuan dikondisikan lebih mengkhawatirkan terkena. Perempuan lebih rentan karena kondisi anatomi kita dimana jarak anus dengan uretra lebih dekat.

 CIRI-CIRI  
Hasrat buang air kecil yang berlebih.
Buang air kecil lebih sering, tapi sedikit-sedikit alias sebentar-sebentar ingin keluar.
Pada perempuan, ada nyeri di paggul.
Sedangkan pada pria, ada nyeri di anus.
Ada rasa perih atau sukar ketika buang air kecil.
Lelah dan kurang sehat.
Demam.

 PEDULI  PENYEBAB
Ada beberapa faktor penyebab yang patut dipedulikan :
-      E. Coli.
-      Chlamydia. Walaupun namanya cantik, tapi tak secantik kelakuannya. Bakteri ini juga dapat menjadi penyebab anyang-anyangan dan berimbas pada Infeksi Saluran Kemih.
-      Kurang minum air putih.
-      Kurang menjaga kebersihan organ intim. Termasuk  kebersihan penggunaan air dan toilet.
-      Cara membersihkan, yang terbaik adalah dari depan ke belakang.
-      Jangan ditahan. Dalam kondisi-kondisi tertentu kita memang sering menahan pipis ya kan. Misal saat lagi dalam perjalanan, mendapati toilet yang buruk, atau sedang sibuk-sibuknya. Saran saya, lebih baik dicari solusinya daripada menunda-nunda.
-      Dan faktor-faktor seperti adanya penyakit, gangguan kehamilan, KB dan lainnya.
Peduli pada faktor-faktor penyebab anyang-anyangan mebuat kita waspada dan mencegahnya lebih baik daripada nggak mau cegah.

Kok lebih baik daripada nggak mau cegah ya? Menurut saya anyang-anyangan ini berbahaya karena bisa menjadi ISK, jadi nggak mau mencegah jauh lebih berbahaya sekaligus tanda tidak peduli. Ada penyakit lain selain anyang-anyangan ini yang akan didapat oleh tubuh, semisal ginjal jika tidak peduli pada pencegahannya. Mencegah layaknya kewajiban, mesti banget dijalankan. Sebenarnya ada cara mencegah sekaligus mengatasi yakni mengonsumsi buah cranberry.


Dilansir dari berbagai jurnal kesehatan, buah cranberry terkenal dapat mencegah dan mengatasi anyang-anyangan. Buah cranberry mengandung ProAntoCyanidin yang dapat mencegah dan mengurangi bakteri e-coli menempel di dinding saluran kemih. Di Indonesia sendiri sudah ada suplemen yang mengandung ekstrak cranberry yang memang diproduksi untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan ini bernama Uricran.

Sebentar, biar saya tuliskan mengapa sukar memakan buah cranberry langsung. Perlu digarisbawahi sangat mungkin kita makan buah cranberry secara langsung. Tapi…. Buah cranberry  bukanlah  buah khas Indonesia, sukar menemukan buah ini secara umum. Kebanyakan kita begitu melihat sepintas pada gambar di atas akan mengira buah ini adalah buah kersen, huni, buni, seri. Padahal nggak. Beda banget. Kemungkinan buah ini ada di supermarket, tapi itu hanyalah mungkin.  Sedangkan suplemen Uricran ini sudah dapat ditemukan di apotek-apotek terdekat.

Produk Uricran sendiri terbagi menjadi dua yakni kapsul dan sachet :

Prive Uricran
 


Terdiri 30 kapsul/box. Komposisi: 250mg ekstrak cranberry


Prive Uricran Plus
Terdiri 15 sachet per box. Mengandung : 375 mg Ekstrak Cranberry + 60 mg Vit C + 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus +0.1 mg Bifidobacterium bifidum.


Di dalam Uricran ini juga mengandung Probiotic dan Vitamin C. Saya pikir kalau nggak begini, mungkin saya nggak tahu manfaat buah cranberry yang menjadi solusi alami anyang-anyangan. Apa yang saya lakukan di masa silam untuk mengatasi sakit buang air kecil, yakni berbaring mengangkat kedua kaki tinggi hanya bersifat merileks-kan. Pertama, karena tidak tahu solusi yang tepat, kedua ketidakmungkinan saat itu untuk segera ke rumahsakit. Ketiga, apa yang menjadi kesembuhan saya saat itu belum tentu bisa direalisasikan pada orang lain. Keempat, trik tradisional lain memang bisa digunakan untuk menenangkan namun tidak dapat mengurangi bakteri yang menjadi penyebab. Saat ini Uricran bisa menjadi solusi dari dalam. Terakhir, ini nih yang perlu buat saya ingat, Uricran ini bisa diminum kapanpun dan dimana pun untuk kita yang ingin sehat dan aktif.

----
Sumber informasi produk: uricran.co.id
FP Uricran : https://www.facebook.com/priveuricran/

You Might Also Like

10 Comments

  1. Menahan marah memang dianjurkan mbaa tapi tidak berlaku untuk menahan pipis.
    Makasih tips sehatnya.

    ReplyDelete
  2. Menahan marah memang dianjurkan mbaa tapi tidak berlaku untuk menahan pipis.
    Makasih tips sehatnya.

    ReplyDelete
  3. Saya juga mba Lidha, sering nahan pipis kalo kondisi kamar mandinya kurang bersih dan akhirnya jadi anyang-anyangan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ragu mau buang hajatnya ya kan. Sama :(

      Delete
  4. Clegukkk...itu buah cranberry nya bikin ngiler bangetttt.. udah kebayang segernyaaa

    ReplyDelete
  5. Mbak Lid, pembukaannya kok kaya cerita bersambung, sih? Bagus banget, padahal cuma kalimat tanya gitu ya :') Kan jadi penasaran baca sampe kelar kan kan..

    ReplyDelete
  6. gemes kalo udah dapet anyang-anyangan ini. Nyebelin.
    Itu dulu, sekarang aman ada Uricran ya Mba

    ReplyDelete
  7. Ke mana-mana aku selalu bawa Uri-Cran
    Ngebantu banget buat hempas manja si anyang2an :)
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  8. Buah cranberry memang berkhasiat ya mak.coba bisa tumbuh mudah di daerah panas.

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

Popular Posts