Kreasi Bakmi Mewah : Tahu Isi dengan Saus Jagung dan Bakmi Mewah Hijau Brokoli

January 19, 2017

Kreasi Bakmi Mewah

Tahu nggak?
Semenjak saya mulai suka food photography, saya mulai rajin masak-memasak (sedikit). Ada rasa have fun di dapur. Meskipun artinya banyak masak = banyak makan. Yang mana banyak makan ini sudah merusak resolusi diet 2017 saya (yang akan dimulai akhir Februari mendatang). Tapi tak apalah, karena katanya diet selalu dimulai besok.

Apalagi kalau disuguhi mie.
Segala mie-mie an saya suka. Suatu hari saya dan suami makan bakmi untuk pertama kalinya. Ada dua suguhannya, semangkuk bakmi dan semangkuk kuah. Saya lihat suami makan mie-nya begitu saja. Dia bilang kalau mie-nya saja sudah enak tidak apa tidak pakai kuah. Ini berbeda dengan kebiasaan saya yang langsung menumpahkan kuah ‘byur-byur’. Lama-lama saya jadi kangen (sama bakmi keringnya, bukan pak suaminya)

Makanya ketika ada Bakmi Mewah -bakmi ayam tanpa kuah- saya kira bolehlah dicoba.

Tentang Bakmi Mewah 

Bakmi Mewah ini bakmi pertama di Indonesia yang menghadirkan bakmi siap saji dengan daging ayam asli. Jadi di dalamnya memang ada potongan daging dan jamur.

Bakmi Mewah

Ada 5 komponen didalamnya: mie kering, sayuran kering, bumbu+minyak, daging ayam + jamur dan saus cabai.
Saya coba memasak sesuai aturan: rebus mie dalam air mendidih selama 2 menit, tiriskan dan tuang ke mangkuk, tuang bumbu dan aduk, tuang daging ayam di akhir. Bakmi Mewah siap disantap. Saya sendiri menambahi topping sayuran dan kerupuk. Hasilnya?

Bakmi Mewah dengan Daging Ayam Asli Tanpa Kuah


Enak.
Gurihnya nggak nyengat di lidah. Bakmi Mewah ini tidak menggunakan MSG. Sip, pas dan mantap buat saya. Daging ayam dan jamurnya juga no hoax. Potongannya kecil-kecil mungil dan emang asli kok.
Mie nya juga kenyal, lentur dan nggak gampang putus. Saya sudah coba lamaan dikit masaknya dan hasilnya mienya tetap baik-baik saja, nggak pecah, nggak hancur, tapi tetap lunak dikunyah. Juga tidak berasa tepung kalau dimakan. Enak aja ditelan, nggak bikin gangguan tenggorokan.
Bumbunya cair. Ini yang saya suka. Karena nggak bikin bersin saat dibuka. Asyiknya bumbu begini juga nggak bikin mudah haus, karena tidak mengandung rasa gurih yang berlebihan. 



Mari Berkreasi!
Karena saya punya dua Bakmi Mewah dan saya sudah mencoba memasak sesuai aturannya, sekarang saya mau membuat KREASI BAKMI MEWAH ini dengan menambahkan beberapa bahan sesuai selera dan ala-ala saya. Karena katanya Bakmi Mewah adalah sajian ala resto yang siap saji, jadi boleh dong kalau makanan rumah digabungkan dengan Bakmi Mewah, siapa tahu saya siap buka resto di rumah. Maunya.

Dan pada akhirnya jadilah: Tahu Isi Bakmi Mewah dengan Saus Jagung dan Bakmi Mewah Hijau Brokoli.

Lanjut sekrol yuk :)

Tahu Isi Bakmi Mewah dengan Saus Jagung
*******

Tahu Isi Bakmi Mewah dengan Saus Jagung

Bahan yang digunakan :
- Bakmi Mewah
- Tahu persegi
- 2 butir telur

Bahan saus jagung :
- 1 buah jagung manis
- 2 siung bawang putih
- 1/4 bawang bombay
- 2 helai daun bay leaves
- 1/4 sdt teh custard
- kaldu
- merica dan garam secukupnya 
Cara Membuat Tahu Isi Bakmi Mewah

Cara Membuat:
  • Rebus mie seperti biasa, tiriskan lalu campur semua bumbu termasuk daging ayam dan jamur.
  • Masukkan 2 butir telur ayam. Aduk rata.
  • Siapkan tahu potong persegi, lubangi tengahnya, lalu masukkan mie perlahan. Kalau biasanya tahu isi digoreng lebih dahulu lalu dilubangi, sedang yang ini saya mau nanti ketika digoreng tetap ada tekstur lembut dan tahu tetap berasa. Penggunaan telur untuk memastikan mie tidak mudah keluar dari tahu setelah digoreng. Jadi setelah mie dimasukkan ke dalam tahu, saya lapisi lagi tahu dengan telur.
  • Siapkan minyak panas, masukkan tahu secara penuh ke dalam minyak. Maksudnya agar tidak ada yang mentah di dalam tahu.

Tahu Isi Bakmi Mewah

Cara Membuat Saus Jagung:
  • Goreng 2 siung bawang putih (bisa langsung goreng atau belah dua)
  • Pipil jagung lebih dahulu, haluskan bersama bawang putih yang sudah digoreng. Saya menggunakan blender, sebenarnya saya lebih suka memarut biar kulit dari bulir jagungnya tidak ikut muncul nantinya. Tapi ya capek juga sih.
  • Siapkan minyak untuk menumis, masukkan bawang bombay yang sudah dirajang kecil-kecil. Ini sesuai selera saya saja ya. Saya pakai seperempat.
  • Masukkan bay leaves 2 helai dan ¼ sdt custard bubuk.
  • Aduk terus sampai dirasa jagung sudah matang, masukkan merica, garam dan kaldu secukupnya. Matikan kompor.

Saus Jagung

Saya sebenarnya lebih suka saus jagung yang encer, yang bisa dengan mudah tumpah. Tapi yang agak kental ini sangat disukai C’Mumut. Ini kentalnya seperti jus alpukat hanya saja agak kasar. Tapi masih bisa disiram ke tahu goreng isi bakmi mewahnya kok.
Rasanya manis kegurih-gurihan, eh atau gurih kemanis-manisan ya. Eaaa.
Kalau nggak biasa, lidah agak segan-segan gimana gitu kayak baru kenal. Tapi, kalau saya dan C’Mumut sih suka, dicocol ke tahu atau jadi toppingnya, rasa enaknya jadi tiga dimensi.
Karena mie sudah mengandung karbo, tahu dan telur saya anggap lauknya, sedang serat pangan didapat dari si jagung. 

Makan gorengan aja keren bener ya, maklum saja ini namanya makan gorengan rumahan bergaya resto.  Yuk, lanjut ke resep kedua:


Bakmi Mewah Hijau Brokoli
*******
Bakmi Mewah Hijau Brokoli

Resep kedua ini, saya suka pake banget. Karena saya menggunakan sayuran dan saya suka sayuran pake banget. Membuatnya juga lebih mudah tetep pake banget.

Bahan yang digunakan:
- 1 bungkus Bakmi Mewah
- 1 butir telur (kocok, saya pakai kurang dari setengahnya)
- Brokoli segar 30 gr

Bahan Bumbu:
- 3 siung bawang putih (belah 2, goreng)
- 1 siung bawang bombay (belah 4, potong memanjang)
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Kaldu (optional)

Cara Membuat:
  • Rebus Mie lebih dulu, tiriskan.
  • Buang batang utama brokoli, haluskan bersama bawang putih goreng dan telur. Saya gunakan kurang dari separuh yang sudah dikocok. Kalau menggunakan blender, jangan terlalu banyak memakai air, agar brokoli tidak terlalu diatas kompor nantinya. Kalau mau dipotonh kecil-kecil juga bisa karena brokoli mudah terlepas.
  • Siapkan minyak untuk menumis, masukkan bawang bombay. Masukkan Brokoli dan kawannya tadi yang sudah dihaluskan, aduk tapi jangan terlalu lama. Ketika dirasa cukup matang, masukkan Mie Bakmi Mewah yang sudah ditiriskan.
  • Masukkan kaldu (optional saja) karena menurut saya kalau sudah pakai telur, rasanya sudah cukup enak kok. Matikan api. Masukkan garam, merica, beserta bumbu yang ada pada Bakmi Mewah.
  • Hidangkan sesuai selera, dan tidak lupa tuang potongan daging ayam dan jamur dari kemasan Bakmi Mewah. Nah, selesai. Silakan kalau mau ditambah dengan cabenya.

Mudah kan.
Enak banget lagi.

Berkat mengaduk mie dan brokoli yang sudah halus ini diatas kompor, saya jadi tahu sesuatu. Saya kira mie-nya bakalan menyatu, lengket dan kemudian pengen disingkirin aja. Ternyata nggak. Mie nya tetap menjadi dirinya apa adanya. Tetap panjang dan tidak menggumpal.

Bakmi Mewah Hijau Brokoli

Ini kreasi Bakmi Mewah ala saya. Ada yang punya kreasi dengan Bakmi Mewah? masaknya di rumah, hasilnya sajian ala resto yang mewah. Ya, kapan lagi memindahkan restoran ke rumah. 
 @bulirjeruk



Saya juga share di Instagram ya. Siapa tahu ada yang mau mampir :)
Yang punya kreasi dengan Bakmi Mewah mana suaranyaaa :D

Salam,
Lidha Maul

You Might Also Like

26 Comments

  1. Resep kedua bikin laper :D. Mana belum mkn malam... Stok bakmi mewahku abis mbak.. Ntr mau beli lg agak banyakan ah, mumpung lg banyak resep2 kreasinya :D

    ReplyDelete
  2. Waaahh kudu coba ini, makasih inspirasinya mba lidha..

    ReplyDelete
  3. Saya sudah pernah membeli bakmi mewah ini tapi belum pernah mencicipi rasanya karena sudah diserbu cucu. Pastinya lebih daripada yang lain rasanya.
    Terima kasih resepnya yang cihui.
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hangat juga pakde, walau disini lagi sejuk2nya :)

      Delete
  4. oh my..ini keren banget poto-potonya, kreasinya juga oke punya

    ReplyDelete
  5. Untuk yang tahu, pakai bay leaves bubuk ini ya, mba. Beda ya rasanya dengan oregano plus basil? Saya belum pernah masak pakai bay leaves :D Yang resep kedua, warnanya jadi hijau ya. Pikir saya kayak pakai daun suji gitu jadi hijau, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di Indonesia mirip daun salam mbak manfaatnya
      Kalau daun suji kemungkinan bisa hijau banget menurut saya yang ini nggak terlampau ^_^

      Delete
  6. Membayangkan saus jagung...manis ya. Kreatif mba Lidha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. manis gurih, lebih banyak gurihnya :D

      Delete
  7. Ya Allah..baper..baper... Jadi bakmi super mewah ini mah...��

    ReplyDelete
  8. Kreatip pisan euy. Tahu isi itu camilan kesukaan apalagi dimakan pake saos cocol, beud, nikmat.
    Pakai saus jagung, blm pernah coba. Kapan-kapan mau cobain ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nikmat lagi pake cabee :D mbak duuuuh itu

      Delete
  9. Kreatip banget mengolah mie nya dan potonya emang tsakep2, sukaaa 😍😍😍

    ReplyDelete
  10. Mbaaa..kreatif banget siiik.. Dan cakep-cakep fotonya bikin lapaaarrr..

    ReplyDelete
  11. waah... boleh juga nih tahu isi bakmi mewah nya :)

    ReplyDelete
  12. Tahu isinya, look so yummy banget mbaaa. Kreatif bener. Desainnya juga cakep

    ReplyDelete
  13. Aku suka yang hijau brokoli.. Enak sekali sepertinya..

    ReplyDelete
  14. Keceee Mba Lidha. Poto2nya keren beud. Cling!
    Saus jagung ini berarti mirip sup jagung gitu ya Mba? Bedanya di tekstur aja, kalau sup jagung kan encer gitu ya.

    ReplyDelete
  15. wahh banyak sekali ya yang bisa kita kreasikan dengan bakmi mewah ini..

    ReplyDelete
  16. Ulalaaa ngiler banget mbaaakkkk.. tapi ngomong-ngomong soal bakmi mewahnya sendiri kalo dimasak seperti biasa ko bumbunya kalo buat aku kurang kerasa, kurang endol gitu mbak heuheu

    ReplyDelete
  17. Ngaksk dulu pas bagian diet selalu dimulai hari esok #sloganku banget ampe kilap ngemil tau2 udabuengkak aja huhu

    Bskmi tanpa byur2 emank plg nyami....klo kuahnya banyak malah ndlodrog alias mekar
    Aku mau contek ah kreasi tahu bakmienya, enak buat cemilan sambil nonton dvd #eh

    ReplyDelete
  18. Kalo di gresik, sous jagung di tambah dengan gilingan udang akan jadi masin krupuk

    ReplyDelete
  19. Aduh itu gorengan tahunya emang keren banget... dimakan anget-anget yum yumm banget pastinya yaaa

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

Popular Posts