, , , , ,

Menyapa Golden Tulip Hotel and Suites, Hotel dengan Brand Golden Tulip Pertama di Balikpapan


Golden Tulip Balikpapan Hotel and Suites

Saya baru tahu bahwa sejak 1 Januari 2020 lalu, ada hotel dengan brand baru hadir di Balikpapan tercintaaah. Brand ini bernama Golden Tulip, bagian dari Louvre Hotels Group yang berbasis di Perancis. Sedangkan letak hotel Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites berada tepat di area yang sama dengan gedung perkantoran Grand Sudirman, di Jl.Jend. Sudirman. Pertama kali saya dikontak Berlian Afrianti, yang ramah banget mengajak datang ke press conference di Golden Tulip Balikpapan. Mereka yang hadir pun bukan hanya dari teman-teman media. Beberapa influencer dan kreator pun diundang.

Golden Tulip Balikpapan Hotel and Suites

Golden Tulip Balikpapan Hotel and Suites

Sebelum memasuki lobby saya melihat logo Golden Tulip terpampang. Jika Anda memiringkan kepala ke kanan, Anda akan melihat setangkai tulip dengan tulisan golden tulip sebagai tangkainya. Setelah mendekati lobby, saya melihat penampakan sepeda berwarna kuning dalam bentuk flat alias gambar.  Ada apa sih dengan sepeda ? 
Golden Tulip Balikpapan Hotel and Suites
Kemudian beberapa orang berfoto di depannya. Oke. Baiklah, artinya ada penyegaran yang ditawarkan hotel ini. Biasanya hal kecil yang menyenangkan begini-lah yang mengundang feel good bagi para tamu.
Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites
lobby

Saya lanjutkan melangkah ke ruang press conference, di sana tiga narasumber sudah menyambut kami. Ya, press conference ini lebih santai dari yang saya kira. Waktu juga tidak banyak terbuang, pukul 10.45 sesuai agenda sudah dimulai. Sepertinya warna kuning menjadi warna identitas yang mendominasi hotel ini, dan tambahan biru yang minimalis. Terlihat beberapa pegawainya menggunakan kostum berwarna kuning, termasuk mbak Berlian yang menyambut saya dengan ceria di siang itu. 

Tiga narasumber yang saya maksud yakni :
  • I Ketut Kartika, General Manager Golden Tulip Balikpapan
  • Patrick H. Sibourg, Senior Vice President Operations Golden Tulip
  • Evi Azhali, Assistant Vice President Sales & Marketing Golden Tulip
Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites
dari kiri ke kanan : Evie A. -- Patrick S. -- I Ketut K.
Nah, saya penasaran tentang Golden Tulip Hotel & Suites ini. Tidak dapat dipungkiri, lokasi Golden Tulip Balikpapan berada saat ini telah diingat masyarakat sebagai hotel dengan brand berbeda, jadi bagaimana re-branding ini dilakukan, kira-kira apa saja yang ditawarkan oleh Golden Tulip saat ini dan ke depannya? Jadi yuk, simak paparan narasumber berikut :

Hadir di Kota Penyangga IKN

Mengapa Balikpapan ? 
Ya, mengapa ada brand hotel hadir lagi di Balikpapan? mengingat persaingan hotel di Balikpapan terus menguat. Soal ini Pak Ketut Kartika menyampaikan bahwasanya semenjak ditetapkannya Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, maka Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN sudah dipastikan turut berkembang pula ke depannya, menjadi kota yang aktif yang diharapkan benar-benar mampu menopang kebutuhan IKN nantinya. Demikian pula kehadiran Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites yang diharapkan dapat menyediakan kebutuhan inap dan berkegiatan bagi kota ini. 

Mengutip dari Patrick H. Sibourg, “dengan masuknya Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites ini akan memenuhi permintaan pasar bisnis dan liburan yang meningkat.”

Fasilitas

Segmen yang ditawarkan oleh Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites terbuka bagi famili, bisnis, traveler dan akan ada segmen baru yakni milenial. Untuk pasar tetapnya sendiri, Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites akan ada penambahan ballroom yang luas sebagai fasilitas hotel yang baru. Proyek ballroom kemungkinan dibuka pada tahun 2021. Ballroom yang nantinya dapat digunakan sebagai pertemuan grup, MICE (Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions), atau pun pernikahan. 

Untuk segmen baru, yakni milenial, sudah jamak kita ketahui, milenial punya selera yang unik dan berbeda dari generasi lain. Mereka lebih terbuka dengan gaya hidup yang lebih fun dan colorful. Untuk itu ke depannya akan ada blue lounge (disebutkan bakal instagrammable banget) atau open lounge karena lounge-nya yang menghadap ke laut terbuka, live music, dan akan ada wadah ngopi. Rencananya juga akan ada banana boat, parasailing yang kesemuanya masih dalam bentuk proyek. 

Sementara untuk saat ini Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites telah hadir dengan 150 kamar yang luas, lapangan tenis, pusat kebugaran, kolam renang yang menghadap lautan, cocok untuk kalangan yang ingin melepas penat bersama alam, lokasi outbond, pernikahan, pertemuan, bisnis dan resto.

Persaingan dan Pelayanan

Tentang ini Ibu Evi Azhali sudah sangat paham bahwa persaingan pasti akan ada. Kompetitor akan terus bertumbuh. Untuk itu Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites pun 

terus mengupgrade services, menjadi hotel yang memiliki bonding kepara para tamu, lebih personalized, storytelling services, dan ke depannya terus menawarkan kenyamanan akomodasi dan fasilitas. “Kalian sudah lihat di dekat lobby, nantinya ada tandem sepeda yang bisa dinaiki, tapi tidak bisa dibawa pastinya dan berfoto di sana. Untuk mengatasi kejenuhan, kami berniat menaruh wheel of fortune di lobby, siapa tahu ada tamu yang beruntung.” Kalimat Bu Evi menjawab pertanyaan saya termasuk filosofi tandem sepeda yakni tentang kebersamaan.

Patrick H. Sibourg yang sudah berpengalaman menangani sebuah hotel di Balikpapan menyampaikan harapannya agar Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites dapat menjadi hotel internasional. “Kami akan menjadikan Golden Tulip Balikpapan, sebagai hotel terbaik di Balikpapan dan kami akan bekerja keras untuk itu. Tamu akan mengingat ini GOLDEN TULIP Balikpapan,” ucapnya dengan bahasa Indonesia bercampur bahasa Inggris.

Sementara pelayanan di bidang digital yang saat ini sudah dilakukan tentu saja menguatkan medsos (bisa diintip di IG @goldentulipbalikpapan) kemudahan pencarian di peta digital dan mesin pencari.

Sebagai penutup, hadir pula Chef Gatot yang memaparkan menu-menu dari Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites sebagai jawaban atas pertanyaan teman-teman media dan influencer.


TUR TIPIS-TIPIS

Setelah press conference, kami diajak untuk tur hotel tipis-tipis, didampingi Berlian Afrianti dan Iin. Kami hanya mengunjungi kamar untuk berkenalan dengan tipe kamar dan fasilitasnya. Tipe kamar di Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites yakni : Deluxe, Eksekutif, Junior Suite (2 kamar tidur), Golden Suite (3 kamar tidur) 

GOLDEN SUITE
Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites
 Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites


JUNIOR SUITE
Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites

Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites

Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites


EXECUTIVE
Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites

Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites


DELUXE
Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites

Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites


Beberapa amenities tampak dalam jepretan :
Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites

Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites

Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites


Makan dan Bercengkerama di Tulipe

Setelah tur singkat, saya dan kawan-kawan melanjutkan makan siang di ruang makan Tulipe. Kami mendapatkan tag name di meja. Kok saya suka ya? Kemudian saya potret.

Setelah itu saya ikut mengobrol barengan Berlian dan teman-teman influencer dan kreator. Obrolahnkami ringan saja sih sebenarnya dan lebih banyak becandanya. Nantinya sih, berharap akan ada bonding antara Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites dengan rekan media, influencer serta kreator, mengingat hotel ini akan terus bertumbuh dan melaju menjadi hotel yang nyaman di Kota Balikpapan.
Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites

Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites
Sayangnya saya tidak banyak memotret teman-teman dan rekan media serta influencer yang hadir. Mungkin beberapa fot lainnya akan saya mudat di instagram pribadi @lidhamaul.

TENTANG GOLDEN TULIP
PLAYTIME, ANYTIME

Golden Tulip sendiri telah hadir di Indonesia sejak 2013. Banjarmasin menjadi kota pertama di mana hotel ini berdiri dengan nama Golden Tulip Galaxy. Kemudian menyebar di kota-kota lain : Royal Tulip, Golden Tulip, Golden Tulip Essential.

Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites saat ini menawarkan rate kamar mulai dari IDR 800.000 per kamar per malam. Untuk table manner, wedding package, birthday bash dan paket lainnya sesuai kebutuhan dan kesenangan tamu untuk play time, any time dapat mengontak email : info@gtbalikpapan.com atau no. +62542-733999 atau memantau media sosial IG @goldentulipbalikpapan

***



Terima kasih.

Share:

14 comments:

  1. hotelnya bagus dan nyaman banget. kalo main ke sana bisa nih nginep di golden tulip balikpapan hotel & suites :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggi dan desainnya apik. pasti proyeknya sesuai SOP karena kan demi menyambut IKN. pembangunan maksimal yg aman

      Delete
  2. Wah makin banyak ya pilihan menginap di Balikpapan ni mba. Bookmark dl deh, kapan2 ke sana bisa jadi pilihan tepat.

    ReplyDelete
  3. Konsep gedung dan ruangannya seperti modern minimalis gitu ya, Mba. Belum ada kolam renangnya ya?. Saya senang sekali kalau ketemu hotel yang sudah ada fasilitas kolam renangnya.

    ReplyDelete
  4. Wah dari grup hotel asal Perancis ya Golden Tulis Balikpapan ini, pantesan fasilitas dan layanan standar internasional. Pas ya buat kota Balikpapan keberadaannya, untuk menunjang industri, pariwisata dan penyangga IKN nantinya

    ReplyDelete
  5. Lihat kulkas yang di kamar deluxe kayaknya ukurannya lumayan besar, ya? Biasanya kan kulkas hotel ukurannya kecil-kecil. Enak juga kalau besar gitu. Biasanya kalau menginap di hotel, anak-anak saya suka banyak jajannya, termasuk minuman hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku suka lobby nya plong gitu tapi interiornya mewah yaa. Bakalan jadi hotel favorit bagi orang balikpapan nih

    ReplyDelete
  7. Saya belum coba Golden Tulip yang di Bpp. Tapi sudah yang di Batu Malang. Memang dari bedding, breakfast, semua layanannya nyaman banget deh.top notch

    ReplyDelete
  8. Suka sama interior dan desainnya, classy, jd mupeng

    ReplyDelete
  9. Wow hotelnya baguuus
    Fasilitasnya lengkap banget ya
    Bintang berapa ini, kak?
    Suka banget sama interiornya yang terlihat mewah dan elegant

    ReplyDelete
  10. Bener juga, kalau fasilitas penginapan di ibu kota yang baru gini kurang memuaskan pelayanan dan fasilitasnya, bisa-bisa malah bikin bangkrut ya. Soalnya kan pasti butuh yang pelayanannya oke dan kece fasilitasnya

    ReplyDelete
  11. Melihat designnya Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites ini menawarkan akomodasi modern dan
    terlihat nyaman dengan dominasi design kontemporer

    ReplyDelete
  12. Aku suka lihat tipe kamar Golden Suitenya deh, nampak homey. Ada rekomendasi hotel yang bagus di Balikpapan ya mbak, semoga bisa staycation disini kalau ada kesempatannya :)

    ReplyDelete
  13. Aku suka banget sama tipe hotel yang classy gini, kerasa banget ya elegantnya. Semoga suatu hari nanti bisa ke Balikpapan nih, nginep di sini dan ketemu mba Lidha

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.