DIY : Hiasan Kulit Bawang

May 15, 2016

Apa yang terjadi saat setelah mengupas bawang?
Akan dikemanakan kulit bawangnya?
Biasanya dibuang bukan?
Sama dong.
Sampai saya melihat suatu artikel DIY (Do It Yourself) tentang membuat rangkaian bunga dari sisa-sisa di dapur, saya tertarik untuk berbuat serupa. Sisa dapur yang saya gunakan adalah; "kulit bawang"

Langsung ke bahan-bahannya saja yuk:

  1. Kulit bawang. Yang saya gunakan adalah kulit bawang putih, selain teksturnya lebih keras, sebagai pemula saya masih ragu mencoba kulit bawang merah. Ambil bagian bersih kulit bawang putih. Bila terdapat noda hitamnya, bersihkan lebih dulu. Bila terdapat bagian basah, keringkan lebih dulu.Jangan khawatir soal bau Bawangnya memang bau (bagi yang tidak suka) tapi kulitnya tidak berbau.
  2. Ranting- tusuk gigi. Bisa juga akar-akaran. Saya dapat dari toko souvenir saat itu. Bisa juga mengambil dari alam. Tapi, berdasarkan pengalaman, karena ada resiko rapuh, maka saya vernish terlebih dahulu. Pernah juga saya lapisi cat.
  3. Pernak-pernik tambahan. Saya hanya memberi manik-manik karena yang ada hanya manik-manik, hehe. Kalau saya punya dedaunan kering, bunga-bungan kering lainnya, mungkin akan saya tambahkan.
  4. Lem. Pilih lem yang maha kuat, hehe. Tapi, jangan lem gajah yang buat tikus ya.
  5. Gunting.
  6. Alas-wadah. Karena saya punya stok cd bekas, saya mau pakai itu saja. Selain reuse-recycle nya agak susah sih kalau menurut saya, jadi saya suka mikir mau diapain ya benda ini. Sementara barang bekas yang lain, mikirnya enak aja (garapnya yang malas)
Caranya:
Tidak usah berpanjang lebar, mari kita buat saja hiasan kulit bawang ini. Pastikan saja kulit bawangnya sudah bersih. Lalu, bentuk menyerupai kelopak bunga. Atur, 5-6 kelopak melingkar agar menyerupai bunga semua bagian bawang di atas alas (cd). Beri manik-manik di tengahnya. Sisi-sisi yang lain saya tambahkan ranting.

Tapi, mohon maaf saya terlalu asyik mengerjakan ini sampai lupa memotret step-by-step nya. Maaf ya. Langsung ke hasilnya saja yuk.

Hasilnya;

Penggunaan pigura bisa mempermanis hiasan




Sekian dulu post yang singkat ini. Semoga menginspirasi.
Terimakasih sudah menyimak.
Btw, ini sudah 3 tahun lho

Salam hangat, lidhamaul.

You Might Also Like

58 Comments

  1. Oiya, kalau kulit bawang merah selain tipis dan mudah sobek, kadang kalau dikupas dagingnya ikut serta.

    Terus kulit bawang putih juga ga cepet busuk dan bau ya mba. Btw, disortir ga kulit bawangnya? Sama motongnya diukur juga ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe nggak komplit ya postnya, jemari euh jemari :D
      Iya peh, nggak pake kulit bawang merah karena masih belum pandai membersihkannya terlalu mudah bau dan berjamur.
      Kulit bawang putihnya disortir, ambil yang tebelnya. Pembersihannya nggak ada yang spesial. Motongnya sama panjang, tapi nggak spesial2 amat ngukurnya

      Delete
  2. Mba Lidha, kreatif banget, kulit bawang bisa jadi hiasan dinding yang manis.
    Kalau mau dibuat hiasan dinding begini harus hati-hati yang ngupas barangnya.
    Selama ini, buru-buru aja kalau ngupas bawang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga orangnya buru2 kok mbak ety. Asal ngupas aja, nanti diambil yang lumayan bagus dan masih utuh

      Delete
  3. bagus mba...jd pengen nyoba :)

    ReplyDelete
  4. Aiiih bisa cakep gitu yak, bisa buat ide seru-seruan sama anak-anak

    ReplyDelete
  5. Gak ada pictorial step by step nya ya mba? Agak meraba raba untuk yang gak kreatip nih hehehe.. Tapi hasil nya sih cakeppp buat pajangan, jadi ingin nyoba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maapkeun,
      Terlalu asyik mengolah sampai lupa jepretnya

      Delete
  6. Kulit bawang? kerenn
    sekecil apapun bisa dimanfaatkan ternyataa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aw..aw..ahh..ahh
      aku..aku..aku..dikunjungi mbak Shinta
      *kemudian batuk dua hari ini langsung lenyap*
      *lupa ngomenin komennya*
      *mudahn dia mampir lagi*
      *apaan coba*

      Delete
  7. cantiknya *jempol*
    jadi tertarik juga pengen bikin, tapi mau kumpulin kulit bawangnya dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak Ira, jangan lupa colek saya ya bila jadi :)

      Delete
  8. Wah keren Mbak, jadi anggrek ala ala ya Kalau di pajang di dinding :)

    ReplyDelete
  9. yailaaaah kreatip bener emak satu ini. ini cocok juga ya kalo ditaro depan pintu gitu. tapi bau bawang ngga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bau ^_^ apalagi setelah kena lem yanv aromanya lebih kuat

      Delete
  10. Kreatif..tutorial gbr ato video jg dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya anggap itu doanya mba Deasy. Semoga bisa terwujud di episode mendatang

      Delete
  11. Terus saya bengong lihat hasilnya. bagus banget mba dan itu dari kulit bawang yang biasa saya kupas tiap hari. Kumpulin ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudahan ngupasnya nggak sambil bengong ya ^_^
      semoga berkesempatan mencoba ya mbak, ditunggu hasilnya

      Delete
  12. cantik mba hasil akhirnya mba. suka. . btway ini tahan berapa lama ya mba, ada tips khusus ga biar kelopak bunga kulit bawangnya awet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya buat udah bertahan 3 tahun. Satu tahun di vernish

      Delete
  13. coba di vernis mba (bener ga ya penulisannya gini) supaya warnanya lebih cantik :D

    http://rusydinat.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya say udah, biar nggak rontok kan.

      Delete
  14. Bagus banget hasilnya mbak
    Sayangnya saya gasuka bau bawang putih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kulitnya nggak pake bau Ulya. Entar kalau ditempel malah bau lemnya yang dominan

      Delete
  15. Hiyaaa...bisa ya. Kreatif bener deh Emak satu ini. Aku kayaknya kalau ngupas bawang barbar banget deh. Hancur minang hadil kupasannya. Ini awet ya Lid? Lama-lama mrothol nggak? (((mrothol)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merendah..merendah..food blogger masa' barbar.
      Bisa mrothol kok, oleh karena itu berilah pengawet, bisa di vernish atau beri cat kuku, dan jangan terlalu banyak dipegang-pegang.

      Delete
  16. wah ini dariulit bawang hasilnya bagus banget ya, kalau aku di buang

    ReplyDelete
  17. wahh ini sih sakti kak... memang wanita diberi kesabaran luar biasa sepertinya buat bikin beginian.. kalo saya bisa gatel pantatnya....T______T itu dia ga akan membusuk kan yah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumpulin dulu kulitnya sebulan, pilih2 terus potong sebulan lagi. Kalau gatel, ya mandi dulu lah :D
      Nggak busuk, ni udah 3 tahun, begitu2 aja

      Delete
  18. Duh saya nyerah deh mbak kalau harus buat yang beginian kalau yang ini sih cocoknya sama orang yang sabar dan tidak mudah bosan biasa dan hasilnya juga kalau orangnya cocok akan bagus.

    ReplyDelete
  19. mbaaa, cantiknyaaa. Itu harus hati2 ya ambil kulit bawangnya ..

    ReplyDelete
  20. Kok aku jd kagum gini yach
    Adaaa aja idemu mb hihihi
    Bagus bin kreatif

    ReplyDelete
  21. Hueh mbak? Seriusan itu kulit bawang bisa jadi seindah itu ._. kreatif parah ini mah :D

    ReplyDelete
  22. syantiiiiik...

    eh btw templatenya kece mba, beli dmn? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shona ^^ sama seperti kulit bawangnya, templatenya juga gratisan kok :)

      Delete
    2. pasti sabar banget bisa ngedit2 CSS templatenya nya @_@ mau linknya donk mba..

      Delete
  23. Bagus mbak ... Jadi pengen nyoba nih

    ReplyDelete
  24. wah bagus tuh hiasannya dari kulit bawang, sangat kreatif banget ini...
    terima kasih untuk ulasannya,..

    ReplyDelete
  25. kereeen banget yaah Mbak.
    butuh tangan yg dingin, ide kreatif dan kesabaran yg ekstra ini yaahh..
    mupeng lihatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak dibuat :)
      yang pasti butuh tangan kering, karena kalau basah, lengket-lengket kulit bawangnya :(

      Delete
  26. Done reading, Mba. Cakep-cakep banget hasilnya dan bisa awet gitu ya sampe 3 tahun. Kreatif banget, Mba :D

    ReplyDelete
  27. entah gimana malah jadi inget film jadul vampir2an :D

    ReplyDelete
  28. wow, cantik banget hasilnya :)

    ReplyDelete
  29. Cantik bangeeet mba. wohhh, pengen nyoba bikin deh. kayaknya (kayaknya sih) gampang yaa hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gampang kok, cuma ngumpulin kulit bawang dan milihnya yang lumayan

      Delete
  30. Lidha, ini bisa jadi properti foto loh, keren, kreatif. Aku mah ngga sabaran klo sama bawang, bawannya laper hahahhahahah. Bawang putih kan enakkkk banget :))) ditumis sama udang kasih kecap jepang, ngga usah digaremin lagi ahhhhh laper *sangat gagal fokus, maafkan ya hahahhaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah, gak ngerti properti foto keren itu gimana,xixixi.
      Emang ya, makanan mulu nih orang, hahaha

      Delete
  31. wow cantiknya...telaten amat mbak bikinnya...

    ReplyDelete
  32. Duh, ini post lama, ya. Kok aku baru baca, sih. Hihi. Aku udah pernah liat yang beginian di tivi, Mbak, bertahun yang lalu. Tapi ya itu, nonton doang.
    *dasar gak kreatif

    Btw keren banget Mbak hasilnya :)

    ReplyDelete
  33. Iih cantik ya, daripada dibuang kulitnya bisa dijadikan hiasan.

    ReplyDelete
  34. Hi mba Lidha, keren deh. awal melihat nggak nyangka kulit bawang bisa begitu. bagus ya kalau semua bisa dijadikan pernik kreatif. trims idenya...bisa diajarkan juga ke anak-anak, nih.

    ReplyDelete
  35. Mb lidha pinter ik kreatif bgt aku plg g sabar bikin2 kyk gini

    ReplyDelete
  36. Cantik, kreatif dan super telaten. Coba aku, kulit bawang putihnya sudah terbang kemana-mana habis dikupas. :D

    ReplyDelete
  37. Ini sih kreatif banget Mba, kulit bawang aja bisa jadi hiasan. Semua serba bermanfaat ya.

    Terima kasih ilmunya Mba 😊

    ReplyDelete
  38. Seandainya ada step by step nya pasti lebih asik nih mba hihihi..
    mkasih sharingnya :D

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

Popular Posts