Hand Lettering Using Felt-Tip Marker

spidol untuk lettering


(semoga judul dalam bahasa Inggrisnya nggak keliru)

Utak-atik kali ini dimulai saat beberapa waktu lampau teman saya berbagi video hand lettering di fb nya. Saya lupa judul videonya apalagi mau menaruh link nya disini. Karena saya nggak sanggup gosok-gosok temlen orang.

Dalam video itu, pena yang digunakan untuk menghasilkan tulisan keren bermacam rupa, termasuk jenis tulisan yang dihasilkan. Salah satu scene membuat saya teringat, heh saya pernah buat beginian nih.

Tulisan Indah

Hand lettering, typography, hand writing, calligraphy atau ada yang mau menambahkan lagi silakan saja. Tapi, biarlah kita kesampingkan dulu dimana letak perbedaannya. Biarlah ahlinya saja bicara. Sementara saya bercerita.

Dulu, waktu masih sekolah saya sering ditugasi membuat struktur organisasi, denah kelas dan tempelan di dinding yang setipe-tipe itu yang pake kertas karton, gede dan mesti ditulis. Iya, zaman dulu banget ini lho. Biarpun masa itu di sekolah sudah ada komputer, tapi hasil printernya masih yang berupa dot-dot itu, kalau pun ada yang kerenan dikit masih dipeluk-peluk sayang ama Pak Kepsek.

Sebenarnya saya bukan sekretaris atau tukang tulis kelas. Tulisan tangan saya juga nggak bagus-bagus amat. Bahkan apa yang mau saya share disini juga nggak cakep-cakep banget, tapi ya dipede-pedein aja nge-share  sekalian mengenang masa laloe.
hand lettering mudah murah
setelah sekian lama mencoba lagi ternyata bukannya menjadi ahli, tangan saya rasanya keriting-keriting geli

Dulu, kami menyebut tulisan yang begini ‘tulisan indah’. Tulisan di atas dibuat tanpa outline, nggak pake pensil-pensilan lebih dulu.

Terus kenapa berkesan buat saya? Bahwa saya bisa nulis cantik? Tulisan begini keren? Bahwa diantara satu kelas saya aja yang bisa nulis beginian?

Baca juga : Membuat Foto Kloning yang Keren


Nggak. Sekali lagi jawabannya nggak gitu. Yang membuat berkesan adalah bahwa saya selalu dapat fee tiap kali nulis beginian.*senyum*.
Di masa sekarang saya belum pernah lagi melihat struktur organisasi yang (kerajinan amat) ditulis tangan, semua hasil print out.

Saya sempat memantau jenis brush pen yang dipakai buat hand lettering, pengen juga gitu nyoba-nyoba. Ternyata, alamak banyak amat jenisnya. Itu kalau dikalkulatorin keluar berapa duit ya? *emang nggak niat keluar modal*

cuakeep! mau dong Jetpens

Ya udah, akhirnya saya balik ke masa lalu. Saya beli deh spidol biasa. Harga ecerannya 1000 perak *berarti zaman dulu, lebih murah lagi dong*


Mulailah tes..tes..lagi.

hand lettering mudah murah dengan spidol

Begini ya, zaman dulu jenis tulisan di atas rasanya udah cakep banget.  Kalau melihat font diatas, jenisnya mirip old english atau parchment versi stok font saya. Kedengarannya jadul ya. Saya nemu font begini dipakai di piagam penghargaan, bukti seminar sampe gapura di dekat rumah saya.

Walaupun sering ditugasi nulis indah dan ada yang bilang bagus, saya tau banget tulisan saya banyak cacatnya. Jadi, seringkali merasa nggak layak. Lagipula, tulisan tangan saya sehari-hari biasa aja, yang membuat tulisan saya berbeda adalah spidolnya.

Emang spidolnya diapain kakak?

"Spidolnya saya potong"

Seperti ini:

tips memotong spidol untuk lettering


Saya belajar dari teman SMP. Saya memotongnya menggunakan cutter yang masih baru banget dan tajam. Menurut saya semakin tipis alat potongnya lebih baik, dulu saya pernah pakai silet.
Memotongnya tidak harus tegak, disesuaikan dengan gaya menulis, ada ya kan orang yang biasa menulis dengan memiringkan pena.

Setelah dipotong akan ada hasil tebal-tipis ketika ditulis. Seperti ini:

hand lettering mudah murah

kelihatan nggak sih?

Waktu itu, temen-temen ngikutin cara ini –– beli spidol-potong–– ternyata hasil tulisan mereka juga cakep-cakep. Tapi awas! saat menggunakan hati-hati terkena air, blebernya itu lho.

spidol untuk lettering


Katanya nih, menulis (bukan mengetik )selain melatih kemampuan motorik juga mampu mempertajam kemampuan otak. Saya sendiri menyenangi hand lettering karena efek fokus dan rileksnya beda. Biasanya kalau ngetik, saya mudah teralihkan pengen buka tab-tab yang lain, kepoin artikel yang asyik (dan kemudian lanjuut, ngetik pun stop). Beda dengan menggunakan pena, bawaannya santai sambil minum teh terus yang ditulis quote-quote mesra lalu diberikan pada orang tersayang *uhuk, ini mulai nggak jelas mau ngomong apa*

Handwriting seems to have lost some of its attraction over the last years. Nobody writes beautiful handwritten letters, and uses digital means of communication with smileys, abbreviations and standard lettering instead. And that’s a pity. Since handwriting is unique, it has a tremendous expressive power a standard lettering isn’t able to achieve.
(From smashingmagazine.com)

Sebenarnya kalau mau tulisan kita berseni, nggak mesti pakai pena khusus, bener kan? Pena yang ada aja sudah sip. Yang dibutuhkan cuma latihan. Nggak mesti juga pake spidol apalagi harus dipotong. Ini cuma kemudahan buat saya.

spidol untuk lettering


Kebanyakan jenis tulisan yang saya coba pake spidol ini bergaya italic writing, meliuk-liuk, vintage, jadul punya deh.

spidol untuk lettering


spidol untuk lettering


spidol untuk lettering


Bagi yang ingin mencoba (macam ada yang baca aja, haha) selain mesti hati-hati kecipratan air, kertas yang dipake juga diperhatikan. Saya sempat pakai kertas yang bikin bleber tulisannya, hampir di setiap letter-nya berawan-awan. Nggak nyaman dilihat. Saya juga pakai kertas yang bergaris untuk nyoba-nyoba, biar rapi indah nyaman dilihat di hati. Daripada mesti garisin satu per satu.

spidol untuk lettering


Karena zaman saya sekolah, nggak kenal tuh ama Manhattan Darling, Brushing, Sortdecai dan letter yang asyik punya itu. Ketemu Monotype corsiva aja udah cantik banget. Nah, karena saya suka mengamati dunia per-font-an,  saya pengen juga dong nyoba-nyoba seni menghasilkan jenis tulisan beragam. Saya pun mencoba dengan spidol ajaib saya, dan hasilnya:

spidol untuk lettering

LU-MA-YAN.

Dan masih banyak lagi yang bisa dibuat, bener kan? Karena sebenarnya bukan saya yang keren, tapi spidolnya. Karena itu saya pikir, semua orang pasti BISA.

Cara megang juga mesti diperhatikan, sebelum mulai coba dulu di kertas lain. Saya lebih sering menggunakan bagian tipis di posisi horizontal. Kalau menunjuk pada gambar di atas, perhatikan kata: Javanese ♥ harry ♥ lelahnya ♥ Dejavu ♥ language.
Dan bila bagian tebal di posisi horizontal (tapi nggak 100% juga sih) hasilnya adalah : Himuragi.

Beberapa kali kita memang mesti pintar meliukkan tulisan. Kalau mau lurus saja (nggak pintar meliuk) jangan terlalu berharap ujung yang dihasilkan akan rounded (kalau udah nyoba nanti ngerti apa yang saya maksud). Jadi sering-seringlah berlatih meliuk *jemarinya bukan badannya*. Saya ambil contoh kalau yang dibuat meliuk-liuk, yang kayaknya udah bisa kelihatan ya: Happy hoursSpeak ♥  Snobberry.

Tapi pesan saya, nggak semua font cakep itu bisa serupa ama tulisan kita. Ingat, tebal-tipisnya satu huruf tergantung bagaimana kita memotong spidolnya.

Ada beberapa tipe brush letter yang saya coba paksakan dan hasilnya--------- ya------nggak ada hasilnya, haha.
Maksa sih.
Seperti yang saya bilang, teman-teman saya juga beda hasil tulisannya. So, yang penting nyari santainya, nikmatnya dan gorengannya *hiyyaa* semoga dapat manfaatnya aja maksud saya.

Ya udah lah sampai segini aja. Nanti kalau saya belajar hand lettering (dengan alat tulis lainnya) atau naik ke typography, saya share lagi. Ya kalau sempat, kalau ada yang baca, hehe. Kalau serius nge-share tutorial dan tips saya suka nggak pede. Walaupun ini udah berbau tips en tutorial gitu. Soalnya apalah saya ini yang masih perlu banyak belajar.

Saya belum nyoba yang pake kuas. Tapi saya punya niat membingkai apa yang sudah saya tulis, atau nempelin di kaos, di mug. Maunya, kalau udah bagusan, udah kerenan. Semoga.

spidol untuk lettering

Terimakasih :) :)


@lidhamaul

55 Komentar

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.

  1. Wah bagus niih, inspiring. BIsa buat latihan anak-anak di rumah. saran nya potong pake apa mba ? cutter ya.. ?

    BalasHapus
  2. yup, tu sudah saya tambahin abah. Kelupaan tadi ^^

    BalasHapus
  3. hehehe.. siip. mantap. thanks mba.

    BalasHapus
  4. Bisa mulai nyoba pake kuas dan tinta calligraphy aja mbak :) jadi bisa lebih murah

    BalasHapus
  5. halo mba tanti, makasih udah mampir^^
    tapi nggak salah tuh, kuas yang saya punya lebih mahal lho, di atas 1000 perak, tinta kaligrafi juga dan nggak umum dijual :)

    BalasHapus
  6. saya tetep saja kagum lo mbak sama tulisan keren dari dulu ampe sekarang, lantaran saya susah nirunya. Malah jadi keriting tak berbntuk. Andai saja saya kenal cara tehnik handwriting demikian bisa saja pinter ya...hahaha :D

    BalasHapus
  7. ya Allah mbak tulisan mu cantik mbak, bisa bikin kaligrafi ini mah, kembangkan terus mbak

    BalasHapus
  8. Nulis begini harus terbiasa juga ya mbak ._. aku selalu nggak karuan kalau nulis bagus kayak gini. Misal mau nulis FEEL. F nya udah bagus, tapi EEL nya kadang nggak bisa nyesuain sama F yang udah bagus itu -_- akhirnya, jeeleeek deh -_-

    BalasHapus
  9. mungkin EEL lagi nggak mood ama F, coba ganti aja UN atau EBRI aja *uhuy*
    Jelek kan relatif, banyak hand lettering yang terlihat 'jelek' tapi sebenarnya unik dan menarik :D

    BalasHapus
  10. Mau belajar nulis inii mbaa. . Cakep ginii

    BalasHapus
  11. hai Uci, coba deh *sedikit* tips di atas ^^

    BalasHapus
  12. ayo..ayo coba, jangan lupa bikin postingannya ya ^_^

    BalasHapus
  13. aku juga suka sama tulisan indah, dan mulai belajar nulis lagi. btw samaan kita di pengalaman bikin struktur org dll yg pake karton dan tulisan tangan, lho mba...

    BalasHapus
  14. Kereenn ... !!!
    Pake yang ada n murmer dulu ya..kalo itu saya setujuhh.. 😊😊

    BalasHapus
  15. adekku iris ujung spidol dan akhirnya buat lomba nulis kaligrafi dengan teknik ini

    BalasHapus
  16. Hand letteringnya bagus banget mba. Saya pengen bisa tapi tulisannya jelek. Memungkinkan ga ya? Saya paling suka lihat font-font cantik begitu.

    BalasHapus
  17. ternyata pake spidol biasa bisa juga ya.. KIrain harus pake pena or spidol khusus. Berarti itu nanti ujungnya kayak pena buat kaligrafi itu ya Mak

    BalasHapus
  18. hihi, tapi seru ya nulis gitu *salaman*

    BalasHapus
  19. hati-hati salah iris ^_^ semoga menang ya

    BalasHapus
  20. emang ya kalau yang murah en gratisan lajuu ^_^

    BalasHapus
  21. MUNGKIN! MUNGKIN! SANGAT MUNGKIN..<-- tuh, capslocknya di on-kan, ayo coba

    BalasHapus
  22. bener mbak, saya ingat temen saya motong spidolnya buat kaligrafi arab

    BalasHapus
  23. whaaa cantiik cantiik banget. mau coba ahh

    BalasHapus
  24. Keren keren banget Mba hasilnya. Aduuu jadi dibikinin quote pajangan. *lah

    Hehehe ....

    BalasHapus
  25. Baguss bangett mbakk, aku coba pake pensil aja hasilnya kayak tulisan anak SD heheh, dasarnya emang tulisan tanganku rada-rada sih.. Tipsnya juga berguna banget, selama ini kalo spidol tumpul langsung buang gak kepikiran dipotong/ditajamkan :D

    BalasHapus
  26. masa siiih kayak anak SD ^_^
    asyik-asyikan nulis tangan lagi yuk

    BalasHapus
  27. Saya suka sekali dulu menulis dengan style seperti itu. Terutama ketika sering mengikuti lomba. Sayangnya sekarang sudah fokus dengan pekerjaan yang lain. Kalau menulis indah lebih banyak pakai komputer dari pada pakai pena hehe...

    Nice post mba... Salam kenal ya :)

    BalasHapus
  28. Hai Tina, salam kenal juga ya. Sampai ikut lomba juga ya, saya malah belum pernah. Bisa dong bagi ceritanya :)

    BalasHapus
  29. Tulisannya cakep, Mbak! Keren ih. Jadi ingat jaman seragam putih abu2 dua puluhan tahun lalu. Sering pake spidol dan pulpen boxy yang dipotong ujungnya agar menghasilkan tulisan berseni.

    Jadi pengen nyoba lagi, ah! Iya, pake stabilo warna warni juga bisa mba. :)

    BalasHapus
  30. kreatif ya mbak kita jaman dulu :)
    Yuk..yuk mbak Alaika coba lagi

    BalasHapus
  31. Bagus-bagus Mbak tulisannya..... Pengen nulis kayak gitu juga tapi emang gak bakat.... Mana bisa.... Hehehe...

    BalasHapus
  32. Wooowww..keren banget tulisannya mbak. Aku selalu pengen bisa nulis kaya gini tp tanganku kaku dan ga nyeni blas..hiks...

    BalasHapus
  33. Hand letteringnya keren. Saya jadi pengen nyobain. Waktu SMP/SMA dulu seinget saya ga dapet pelajaran kayak gini *kasian amat ya*

    BalasHapus
  34. tangan saya juga nggak nyeni kok :D
    efek spidolnya aja tuh

    BalasHapus
  35. yup pake tulis manual, kecuali nama yang tertera

    BalasHapus
  36. Ih bagus tulisan tanggannya... pengen coba ih pake spidol di runcingin.... lagi musim tulisan tanggan gini.. habis tulisanku juelek semenjak hobi nulis pake laptop hiks....

    BalasHapus
  37. Ini pake spidol biasa gitu kan ya Lid? Snow**n? Aku mbayangin motongnya. Kan ujungnya kecil gitu ya. Let me try. Kamu kreatif syekali, emaknya C'mumut...

    BalasHapus
  38. Bawaannya santai sambil minum teh terus yang ditulis quote-quote mesra lalu diberikan pada orang tersayang *uhuk, ini mulai nggak jelas mau ngomong apa* <-- Ngakak saya mbak :D

    Sejak 2016 ini saya pengen banget belajar handlettering, tapi apa daya ... sampe pertengahan tahun ternyata masih sebatas rencana, hehehe.

    Saya suka tulisan mbak, apalagi yang ada bunga mataharinya itu, tjakep mbak :D

    BalasHapus
  39. baguuus mbak ^^, aku juga lagi belajar lettering nih, biasanya pakai brush pen, tapi pakai spidol yang gini bisa juga ya

    BalasHapus
  40. Belajar hand lettering..memang sperti jam terbang dan banhak latihan ya mak?

    Tangan saya masoh kaku .apalgi meliuk - meliuk..malah badan saya yang meliuk2.

    Terimakasih mb sharingnya..sy coba spidol potongnya

    BalasHapus
  41. Halo.. tulisan ini membantu bgt buat yg baru pgn coba smacam ini. Bs dicoba pke spidol biasa dulu yg murah meriah
    O iya, hr ini baru aja saya tertarik sm art smcm watercoloring n calligraphy, tp bingung jg googling dgn istilah2 alat2nya, nah klo spidol untuk handlettering gini yg ujungnya lentur kyk brush itu namanya apa ya.. sama itu wreath yg digbr plg bawah. Saya pgn nambh2 tau bentuk2 yg dipke kyk di gbr itu (kemvang,daun dll), ada g sih contoh2nya, klo ada yg smcm itu namanya apa ya? Bingung mw googling, soalnya saya minim tau soal ini. Ya mgkn sbagian bs dr kreasi sndr ya, tp kykx prnh liat bntuk2 gt, cm gtw namanya apa. Mksh

    BalasHapus
  42. Tulisanya suah seperti print printan komputer saja

    BalasHapus
  43. Mba Lidha, kalau buat pemula seperti dakuh, perlu gak sih belajar nulis tegak sambung dulu kaya waktu SD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak mesti kok. Langsung mau style nya yang gimana juga bisa. Tapi memang mesti latihan

      Hapus
  44. terimakasih banget ya kak :). Indah sekali tulisan tangannya kak Lidha Maul

    BalasHapus
  45. kapan ya aku bisa menulis seindah dan se estetik itu hehe

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama