3 MENU PIRING GIZI SEIMBANG BERSAMA SO GOOD


Rasanya baru kemarin kumpul-kumpul sama teman-teman yang sekarang udah jadi mamak-mamak dan ramai membahas drama rumah tangga sekena-kenanya. Ketika sudah berumah tangga begini, saat kumpul-kumpul lebih banyak membahas masalah anak, dagangan, (sedikit curhat) suami dan tidak lupa membahas kuliner. Mulai dari menu yang lagi nge-hitz saat ini, sampai menu-menu favorit di rumah. Lalu, sebagian mamak-mamak akan tukar-tukaran resep, kalau beruntung akan ada yang siap membawakan hasil kreasi masakannya untuk acara kumpul-kumpul selanjutnya.
Yes.

Bicara soal menu makanan sehari-hari, ibu-ibu memang punya problematikanya masing-masing. Bagaimana pun juga Ibu adalah ‘petugas perut’ anggota keluarganya. Meskipun sudah berusaha menyajikan hasil makanan yang lezat, Ibu-ibu biasanya dilanda kecemasan: apakah gizi keluarganya sudah terpenuhi atau belum ya?
Nah, untuk ini... Ibu-ibu bisa deh berpedoman pada Menu Piring Gizi Seimbang untuk kebutuhan sehari-hari.

PIRING GIZI SEIMBANG
Makanan bergizi sudah jamak diyakini memang penting untuk tubuh. Berdasarkan riset, menu sehari-hari masyarakat Indonesia secara umum masih jauh dari menu seimbang. Mengapa harus seimbang? Tentu karena kekurangan gizi tidak baik dan berlebihan pun menjadi masalah.
Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menetapkan menu seimbang ini? Ribet nggak sih?

Untuk cara mudahnya, depkes.go.id sudah membuatkan gambaran gizi seimbang lewat piring saji untuk menu sehari-hari. Sejalan dengan Departemen Kesehatan RI, produsen makanan berprotein SO GOOD Indonesia mengkampanyekan hal serupa. 
Bagaimana gambaran Piring Gizi Seimbang? Bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
Piring Gizi Seimbang So Good
Sumber : So Good berdasarkan DepKes RI

Karena kandungan gizi yang lengkap itu harus memenuhi unsur-unsur : Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. DepKes RI menyarankan untuk memakan berbagai aneka ragam makanan.
Nah, ini dia.
Biasanya orang Indonesia kalau nggak makan nasi, merasa belum makan. Meski sudah nelan singkong, kentang goreng, mie rebus, ubi, jagung, tetepp.. katanya sih belum makan. Padahal, semua yang saya sebutkan tadi sama-sama karbohidrat setipe dengan nasi.
Jadi, makanlah beragam makanan.
Dan bersyukur banget, Indonesia punya keragaman pangan yang bisa dipilih-pilih.
 Apa saja yang sesuai menu Piring Gizi Seimbang?

1. KARBOHIDRAT (35%)
Nasi, singkong, jagung, ubi, kentang, mie, sagu, gandum.

2. SAYURAN (35%)
Bayam, kubis, kol, sawi, kacang panjang, wortel dan sayur lain.

3. BUAH (15%)
Pepaya, jeruk, apel, anggur, jambu, pisang, dan buah lainnya.

4. PROTEIN (15%)
Protein hewani : Ikan, daging sapi, kambing, ayam, telur.
Protein nabati : tempe, tahu, kedelai, kacang-kacangan.

Hmm, mungkin dengan persentase masih terasa membingungkan kali ya untuk menakarnya?

Cara selanjutnya bisa dengan teknik menakar kebutuhan konsuumsi dengan tangan sendiri:
>> Karbohidrat
Makanan seukuran setangkup tangan. Jadi, untuk kebutuhan makan anak, artinya disesuaikan dengan tangan anaknya, bukan tangan bapaknya :D
>> Protein
Seukuran telapak tangan
>> Sayuran
Seukuran setangkup tangan
>> Lemak
Seukuran jempol tangan
Takaran Menu Piring Gizi Seimbang
Jangan lupa untuk menyeimbangkan pula dengan aktivitas lain, semisal olahraga dan istirahat yang cukup.
Aktivitas Pendamping Menu Gizi Seimbang

So Good Lebih Baik, Lebih Baik So Good
Beli sayur, buah, beras yang sehat, higienis itu masih lebih mudah. Biasanya yang sukar adalah, mencari makanan berprotein yang bersih dan higienis. Plus jatuh-jatuhnya ribet buat ngebersihin. Selama ini So Good terkenal sebagai penyedia solusi makanan berprotein yang bersih, higienis dan anti ribet. Dengan komitmen kuat untuk terus mengembangkan mutu, kini So Good hadir dengan logo baru yang penuh makna dan harapan.
Logo So Good

Sebagai pilihan pangan berprotein berkualitas terpercaya oleh masyarakat, pilihan produknya pun sangat banyak :
So Good Siap Olah :
Ayam Potong Paha & Dada, Ayam Utuh Potong 10, Ayam Potong Daging Sup Ayam, Ayam Potong Paha Dada Bumbu Kuning. Kemasan bisa dilihat disini.
So Good Siap Masak :
Bakso Ayam Kuah Keju, Pangsit Udang, Shrimp Dumpling Hakau Udang, Sausage Premium Smoke Bratwurst, Chicken Karage, Chicken Katsu, Chicken Steak, Chicken Nugget Jets, Chicken Nugget Ayam Veggie, Chicken Nugget Dinobites, Chicken Nugget Alphabet, Chicken Nugget Animal, Chicken Nugget Donat, Fish Nugget, Fish Karage, Golden Money Bag, Otak-otak
Ebi Panko, Shumai Furai, Ebi Katsu, Sausage Premium Garlic, Sausage Premium Original, Sausage Premium Honey, Sausage Premium Hot & Spicy, Chicken Nugget Premium, Chicken Stick Premium, Chicken Nugget Original, Chicken Nugget Hot & Spicy, Chicken Stick Spicy Cheese, Chicken Stick Original, Chicken Stick Hot & Spicy, Chicken Stick Spicy Garlic, Chicken Wings
Chicken Cuts, Bakso Goreng Ayam Ikan dan Udang, Bakso Kuah Sapi, Bakso Ayam Kuah Original, Bakso Ikan. Kemasan bisa dilihat disini.

Nah, kebetulan saya punya produk frozen food So Good Bakso Kuah Sapi. Di post ini nantinya ada Menu Piring Gizi Seimbang Bersama So Good Bakso Kuah Sapi yang sudah saya coba di rumah (dan sudah habis).
Kemasannya masih berlogo lama ya, karena menyesuaikan stok lebih dulu.
Kenapa bakso? Karena saya penyuka bakso (dan seafood, tapi untuk sementara seafoodnya ditunda)

MENU BAKSO SAPI BUMBU KACANG

Bakso pakai bumbu kacang? Ya mirip-mirip salome (kudapan Balikpapan) yang pakai bumbu kacang, tapi mirip doang sih, resepnya beda ama salome.
Piring Menu Seimbang So Good
Persiapan:
Karbohidrat : Nasi
Lauk : Bakso Sapi So Good Lebih Baik. Lebih Baik So Good.
Sayur   : Kacang panjang, bayam dan kecambah.
Buah : Nanas
>> Bumbu/Saos Kacang :
Siapkan bawang merah+putih+kemiri segenggam, goreng.  Goreng pula kacang tanah.
Haluskan bersama bumbu tadi + gula merah + kecap + sedikit merica + garam.


MENU : NASI KUNING DENGAN BAKSO BUMBU MERAH

Di Balikpapan, makan nasi kuning udah nyaris 24 jam. Setiap pagi ramai jajanan nasi kuning untuk sarapan, lalu ketika malam tiba banyak lagi warung-warung buka untuk menjual nasi kuning. Biasanya, warung-warung ini memang bertuliskan : Nasi kuning malam. Untuk bumbu lauk partner nasi kuning ini beraneka rupa, ada opor, bumbu kuning, bumbu bali, semur, dan lainnya. Wah rame deh. Nah, yang ini nasi kuningnya menggunakan bakso.


Persiapan:
Karbohidrat : Nasi kuning
Lauk : Bakso Sapi So Good Lebih Baik. Lebih Baik So Good.
Sayur   : Wortel dan selada
Buah : Pepaya
>> Bumbu merah : bawang merah + putih segenggam. 2 bt kemiri goreng, 4 cabai besar merah, 1 buah tomat, gula merah. Haluskan, tumis hingga harum, masukkan daun jeruk nipis + daun salam + lengkuas, sejempol + garam secukupnya. Campurkan bakso.


MENU : BAKSO KUAH SAPI

Karena ini produk So Good Bakso Kuah Sapi, rasanya tidak lengkap kalau tidak bikin baksonya ya. Hayoo, siapa yang suka makan bakso tanpa sayur? Kalau saya penggemar sayur, jadi pasti selalu menambahkan sayur agar seimbang.

Piring Menu Seimbang Bakso Kuah So Good

Persiapan :
Karbohidrat : Mie
Lauk : Bakso Sapi So Good Lebih Baik. Lebih Baik So Good.
Sayur   : Pakcoy
Buah : Nanas + pepaya
>> Kuah : Rebus air, masukkan bakso sapi So Good untuk mendapatkan kaldu (usahakan es batu yang menempel dihilangkan dulu), masukkan potongan daun bawang + seledri agar harum, tambahkan bumbu yang terdapat di kemasan So Good Bakso Kuah Sapi. Siap dihidangkan.
Catatan : penggunaan piring hanya ilustrasi, bisa diganti mangkuk atau wadah lainnya.

Demikian menu kreasi bersama So Good Bakso Kuah Sapi yang sudah saya coba. Silakan berkreasi dengan menu-menu So Good lainnya.

Terima kasih.

Salam.
Lidha Maul
*************************************

Artikel ini diikutsertakan di dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good
#BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang

16 Komentar

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.

  1. Wiiih... piring gizinya menggoda sekali. Btw, kadang demi alasan kepraktisan jadi suka lupa dengan kandungan gizi makanan yang kita hidangkan buat anak2. Padahal ini penting banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Kadang ngeliat anggota keluarga suka makannya yg mana, ya udah makan itu. Kalau anak2 paling sering kurang sayurnya. Kalau bapak2 kurang banyak katanya ^_^

      Hapus
  2. Mba aku baru denger makanan Salome jadi penasaran pengen coba ;p ini semuanya pake baso ya kreatif mba aku biasanya cuman jadi mie baso doang hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salome itu serupa cilok hihihi dengan bumbu kacang.

      Hapus
  3. dari bakso aja bisa jadi lebih dari 1 menu ya, asik..sedap

    BalasHapus
  4. Bakso kuahnya menggoda. Kayak yang dijual, tapi lebih sehat, ya.

    BalasHapus
  5. Gara-gara mba Lidha, aku jadi ingat masih punya satu bungkus bakso so good di freezer. Mendadak lapar.

    BalasHapus
  6. Wah... malam-malam baca artikel ini jadi lapar dehh.
    Untuk mencukupi nutri tubuh, gizi seimbang melalui makanan memang sangat diperlukan ya, biar semangat setiap hari

    BalasHapus
  7. Selain kemasannya makin menantang buat dimasukin keranjang belanja, emang rasanya juga makin oke mbak, gizi seimbang pula, cocok untuk memperbaiki gizi. hahahaha.... #DuniaFaisol

    BalasHapus
  8. Sementara itu...piring saya ukuran nasinya setelungkup telapak tangan raksasa di film BFG

    BalasHapus
  9. Mantap bgt menunya. Begini caranya bisa sehat terus ya sekeluarga. Aamiin..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama