7 TIPS AGAR KAMU JADI GENERASI POSITIF KEKINIAN ALA BLOGGER MUTIA


“…. beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia”

Ungkapan ini sudah terkenal banget pastinya. Tanpa perlu menyebut lagi sosok yang mengatakan, kita semua sudah tahu pasti. Kalimat ini heroik dan sangat mengena. Pemuda memang selalu menjadi garda depan perubahan. Mereka mempunyai pemikiran yang senantiasa segar, terpola sesuai zaman, mandiri, kritis, dinamis dan selalu bertindak “inilah aku.”

Kita semua juga tahu, di masa kini perkembangan apapun sangat mudah diakses. Berita sangat mudah tersebar, perilaku dengan gampangnya menular. Ya iya, kalau semua yang baik. Sayangnya, yang negatif juga diserap tanpa sempat tersaring. Hingga banyak remaja yang terjebak di dalamnya. Mereka terperangkap dalam arus  asing yang nyata-nyata berdampak buruk. Ada pula yang tidak mengenal kultur budayanya sendiri, karena terlalu asyik dengan budaya luar. Ada yang hanya ikut-ikutan. Peran narkoba juga sangat mendukung keruwetan di lingkaran negatif ini. Wuih ngeri? Ya iyalah.

Kalau begini, akan jadi apa dunia yang diguncangkan para pemuda?

Nah, kali ini saya mau mengupas tentang sosok pemuda ups pemudi yang kesehariannya berjibaku dengan tantangan masa depan. Namanya Mutia Nurul Rahmah. Ia seorang Blogger Pekanbaru. Sebuah kota terbesar sekaligus ibukota provinsi Riau. Kota dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi sekaligus kota perdagangan. Meskipun telah lama menjadi seorang blogger, blognya baru saja diresmikan dengan membeli rumah baru (baca: domain) dan menjadi www.mutmuthea.com. Muslimah ini juga seorang aktivis dan tercatat masih menyandang status mahasiswi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau. Pernah beberapa kali menjadi buzzer dan berusaha untuk mandiri secara finansial walau masih dapat jatah dari ortu.

Mengenal sosok Mutia kita akan belajar gimana sih caranya agar tetap eksis sebagai generasi muda yang positif nan kekinian. Berikut tips yang diambil dari perjalanan hidup lyfestyle blogger asal Pekanbaru ini. Yuk, disimak:

1. Gabung Bareng Komunitas
Sebelum beranjak sebagai blogger, Mutia memang senang terlibat dalam berbagai komunitas. Beberapa diantaranya; Kaskus Regional Riau Raya, Akber Pekanbaru, Blogger bertuah, KongkowNulis.  Kenapa sih komunitas? Karena komunitas bisa jadi pendukung bakat dan minatmu yang sesuai. Komunitas juga mampu memberikan masukan bagi diri agar terus berkembang. Dan yang serunya, kamu punya banyak teman yang seirama- sejalan- setujuan.

2. Aktif Positif.
Bener nih ngerasa gaul? Eit, gaul yang gimana? Mutia yang katanya nggak bisa tenang kalau di rumah, maklum gadis belia ini memang ngerasa perlu untuk aktif senantiasa. Nggak cuma di komunitas, selama ada kegiatan atau event yang bisa dihadirinya ia nggak akan ragu untuk datang lho. Bau-baru ini Mutia hadir di Seminar Parenting. Emang parenting khusus buat yang udah nikah aja? Bagi Mutia yang namanya mencari ilmu bisa tentang apa dan dimana aja. Lagian ilmu parenting sangat tepat untuk masa depan. Dan Mutia ini juga pernah jadi kontributor di media sosial yang mengulas Pekanbaru. Kereen!

Bisa nulis emang keren. Tapi, sebelumnya Mutia bukanlah sosok yang terlahir dengan kemampuan nulis luar biasa. Berawal dari hobi curhat - yang hanya ia tuangkan lewat blog lalu lama kelamaan kemampuan menulisnya bertumbuh. Ya, buat kamu yang selalu ragu akibat merasa tidak memiliki bakat apapun, pakai deh tips ini: tuangkan apa yang kamu mampu, meski itu hanya kecil sekali. Juga bagi kamu yang merasa perlu aktif kesana-sini nggak perlu ragu untuk ikut kegiatan apapun. Tapi, ada syaratnya. Cari kegiatan positif biar hasilnya juga positif, dan jangan lupa konsultasikan kegiatanmu sama ortu. Biar always positive!

3. Jadilah Pelopor
Pernah merasa sendirian? Mau ke acara ini-itu nggak ada teman, terus bete. Jadi blogger kesepian, cuma blogger daerah nih, mana bisa ikut event di Ibukota. Eh, acara di daerah kok juga nggak ada ya? Ya udah, mending tiru nih Blogger Pekanbaru ini. Mutia kerap jadi pembuka jalan atas suatu kegiatan di daerahnya. Nggak perlu nunggu hadirnya event di ibukota ya kan? Atau kalau kamu merasa di wilayahmu nggak ada komunitas yang kamu inginkan, nggak ada yang men-supportmu, nggak ada kegiatan yang bikin kamu hidup setiap harinya. Ya elah, miris banget deh. Terus mau baper gitu? Stop deh. Ayo jadi #pelopor. Siapa sangka lho, ketika kamu mencoba jadi penggerak ternyata banyak banget yang terinspirasi. Dan dari mereka itu sebenarnya menanti-nanti sang pelopor.

4. Gali Potensi Lokal Daerahmu
Eh, Pekanbaru itu dimana ya? Jangan-jangan ada yang masih bertanya-tanya dan nggak tahu Pekanbaru itu apa? Baru denger nih katanya. Makanya siapkan diri untuk eksplorasi daerah sendiri. Caranya? Ini dia salah tips Blogger Mutia yang wonderful banget: jalan-jalan, kulineran, motret. Wonderful nggak :D
Tapi, nggak sembarangan 'nikmati hidup' lho. Karena ada tujuannya, ya seperti tips yang ke-empat ini, demi menggali potensi lokal yang ada. Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan, kulineran dan hari gini nggak doyan jepret? Buat kamu yang suka tips ini bisa banget dilaksanakan. Sebagai seorang lifestyle and food blogger, beberapa kali Mutia menceritakan lokasi menarik di daerahnya, pernah denger ada air terjun tersembunyi di lipat kain ? Mutia juga menceritakan penganan yang ada daerahnya, atau tempat asyik semacam coworking space ini.
Dan tentunya masih ada spot-spot asyik di daerahmu yang bisa kamu ceritakan. Tips ini juga bisa banget dipakai untuk blogger daerah yang bisa mulai dari daerah sendiri. Kenapa nggak.

5. Be Creative
Kayaknya kreatif udah jadi syarat mutlak buat tetap eksis di jagad ini ya. Mau nyebut bidang apapun, kreativitas pasti tertuang. Kreativitas juga bikin kamu nggak mati gaya. Nona yang satu ini yang suka ber-IG ria juga menuangkan kreativitasnya. Meskipun simpel tapi tetap instagramer ini banyak yang suka. Buktinya followernya aja udah ,,,, dan dia fun banget di IG-nya.


6. Tek-inian
Jempol deh untuk kamu Mutia. Gadis belia satu ini juga asyik banget bila ditanya aplikasi apa aja yang lagi populer atau game terbaru. Di blognya juga ada review tekno. Ini juga berkat keaktifannya di gadgetgrapher Riau. Soal media sosial, nggak perlu ditanya. Buat Mutia, say no to gaptek!

7. Semangat-Spirit
Tidak hanya jalan-jalan, aktif di berbagai kegiatan dan komunitas serta senang menulis, Blogger Pekanbaru ini juga semangat tuk mengikuti MTQ yang jauh jaraknya. Meski gagal, teladan ini patut kita kantongi. Sudah selayaknya seorang muslimah harus bisa membaca AlQuran. Begitu pun bagi Mutia. Karena inilah pegangan kita sebagai seorang muslima/ah dan khususnya tuk kamu kawula muda biar nggak sedikit-sedikit goyah, galau dan gamang. Hari gini nggak bisa baca Al-Qur’an? Duh, mending belajar deh sama Mutia. Eit, yang cewek aja ya. Tuk yang cowok, ya kirim lamaran dulu dong.
Itu tadi 7 tips buat kamu yang ngakunya masih muda agar tetap postif kekinian ala Mutia Nurul Rahmah.  Buat yang ingin kenal lebih dekat bisa mampir ke blog dan sos-mednya yang ada di bawah ini. Kamu juga bisa juga belajar nge-blog dari Mutia, yah siapa tau kamu  bakal ngalamin kejadian seperti Mutia yang disapa sama artis Ibukota karena terlanjur terkenal sebagai blogger :D :D

Blog             : www.mutmuthea.com
FB                : fb.com/muthea
Twitter        : @mutmuthea
IG                : @mutmuthea

See you in next FIGUR.


Salam,
Lidha Maul

42 Komentar

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.

  1. Di sini istilah gaul tak hanya sekadar up to date, tapi juga memiliki banyak teman, berbagi hal positif serta taat dalam ber - Agama juga.

    Definisi ini yang saya tangkap dari tulisan Mba Lidha. Dan explore daerah Bekasi sedang saya ingin wujudkan. Hihihi...terinspirasi dari mba Mut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat eksplorasinya, jangan lupa semangat juga ngeblognya :)
      *jangan kayak aku :D*

      Hapus
  2. jadi untuk menjadi generasi positif hal utama yang perlu dilakukan adalah gabung dengan komunitas dan aktif ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira-kira begitulah mas Fendi :)

      Hapus
    2. kalau begitu akan saya coba perdalam dan lebih aktif lagi mba biar jadi generasi positif :) hhe

      Hapus
  3. Muutia memang sosok muslimah yang produktif.
    Cantik, muda dan berbakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Len, seperti dirimu ^-^
      Eh, tapi napa gagah gitu *eh*

      Hapus
  4. udah anggun, produktif, cerdas lagi :-D
    semangatmu harus menular padaku mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin..
      lha tapi tapi tapi situ udah dapat semuanya ya kan

      Hapus
  5. Ayo jadi generasi yang positif untuk negara yang lebih baik *azzeeekkk
    Setuju banget deh sama 7 Tips yang ditulis sama mba Lid :)

    BalasHapus
  6. baru kenal Mba Muthia ini :)
    keren euy, masih muda tapi sudah mampu menularkan hal positif pada orang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru kenal ya mbak.
      iya sih dia gaulnya sama yg muda aja, gak ke kita sih, hahaha

      Hapus
  7. yang positif2 gini memang menyenangkan kalau di blowup ya mbak lidha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Nin, ambil sisi positifnya tuk menjadi penyemangat saya nih

      Hapus
  8. Jadi kepengen ngepoin instagramnya hehe
    TFS mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati mbak, ntar pengen balik ke masa muda lho :)

      Hapus
  9. Balasan
    1. Orangnya ya?
      Wah, padahal udah ngarep tulisannya..*apaan sih*

      Hapus
  10. patut dicontoh ya sama anak muda lain

    BalasHapus
  11. keren Mutia bisa jadi pelopor di daerahnya

    BalasHapus
  12. Dua jempol buat anak muda daerah yang aktif mengenalkan daerahnya melalui tulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak empat jempol sekalian mbak Ety, hihihi.
      Emang kalau masih muda enak ya mbak,bisa jalan2 trus menceritakan pada dunia.
      Lha, kalau sudah gak muda gini (langsung curhat, padahal pas muda nggak aktif juga)

      Hapus
  13. Itu tuh jadilah pelopor yang sulit dilakukan, rasane kok ya ga pede ngajuin ide sendirian. kepikrian terus dalam hati 'sendirian banget nih?'

    BalasHapus
  14. ikut komunitas dan aktif di dalamnya memang mmbuat kita semakin kreatif dan hidup lbh positif, salut sama Mutia, aktif dunia akhirat :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. Semoga Mutia senantiasa produktif

      Hapus
  15. makasih mba atas ulasannya..

    haha aku ketawa sendiri itu foto balik arah yang dimasukkan dalam tulisan ini..
    lucu sendiri.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka juga sama yang ini Mut, karena waktu liat tu katawa juga.
      lagian kamu cantik banget disini, hihihi

      Hapus
  16. Bergabung dengan komunitas banyak manfaatnya ya mbak :) kayak grup kita hehe

    BalasHapus
  17. mhh.. mau juga deng jadi seperti mbaknya, jadi pelopor, tapi umur bakal jadi masalah gak yah :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih gak ya mbak. Tapi, jangan tanya gimana saya ya, hihihi

      Hapus
  18. Iyesss... gaul pun juga mesti pilih2, yang membawa kebaikan aja. Sukses yaaa...

    BalasHapus
  19. Sangat menginspirasi :-)
    semoga yang lain juga tergugah..

    BalasHapus
  20. saya seneng jadi pelopor, tapi mempertahankan apa yang sudah dipelopori itu ga mudah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana kalau mempelopori orang-orang untuk menjadi pelopor dan biarkan mereka bertahan XD

      Hapus
  21. Mbak Mutia menginspirasi kawula muda banget hhee..
    Aku jga blogger daerah. Masih tahap menuangkan dan mengeksplore apa yang lebih dari desa tempatku tinggal, hhee
    TFS ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih muda masih bisa mengeksplore, semangat ya Rohmah

      Hapus
  22. Waktu masih di Riau dulu malah nggak akrab. Sekarang malah sering menyapa tapi nggak ketamuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, dunia blogger. Sering denger cerita begini dari mereka yg aktif di komunitas ol

      Hapus
  23. Makasih udah nulisin tips ini mbak, makasih juga buat mbak Mutianya. Mantap dah (y)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama