Hore Panen Serai Wangi

October 22, 2016

Serai Wangi Balikpapan

Horeee bisa panen rumput.

Sebenarnya saya sudah pernah cerita ini di kisah ke Jonggol. Tapi tak apalah, saya ulang lagi mumpung rajin. Saya yakin semua pasti sudah pada tahu tanaman serai. Sebagai bumbu masak dan campuran minuman membuat serai dikenal umum. Tanaman serai ini ada dua jenisnya (yang saya tahu); serai dapur dan serai wangi. Entah apa serai wangi dikenal umum apa nggak. Kalau saya sih emang sering telat tahunya, jadi baru tahu kalau ada yang namanya serai wangi, beda tanamannya dengan serai dapur sampai manfaatnya.

Karena memang masuk rumpun, jadi ya tanaman ini terlihat seperti rumput (ini jelasin gimana sih, rumpun terlihat seperti rumput –ya iyalah). Konon setelah baca Wikipedia nama latin serai wangi ini cymbopogon nardus (siapa tahu ada yang nanya, atau ada yang lagi ujian mampir kemari). Sebagian orang menyebut tanaman ini sereh, saya pakai kata serai saja sesuai KBBI. Meskipin di keyboard rasanya lebih lincah ngetik sereh.

Walau terlihat sama-sama rumput, tanaman serai wangi lebih hijau daunnya (dan ada sedikit warna ungu pada pangkalnya), lebih lebar dan lebih tajam aromanya. Karena kerap dipakai untuk aroma terapi, setiap saya baui daunnya pasti ada efek menenangkan, beda sama serai dapur, yang ada efek mengenyangkan karena ngendusnya sambil makan.

Seperti saya bilang tadi, saya sudah pernah menceritakan serai wangi ini dalam kisah ke Jonggol. Ceritanya saya lagi belajar budidaya serai wangi ini bersama pakarnya. Ini saya tulis biar keren aja, aslinya bukan saya yang (serius) belajar. Saya numpang jalan-jalan, makan-makan, moto-moto ama cuci mata belaka. Setelah dapat ilmunya, kami terapin di tempat sendiri. Sumpah nanam serai itu gampang banget, nggak perlu ke Jonggol juga bisa. Sebelum ke Jonggol pun saya sudah sering nanam serai. Namun karena belajar budidaya, beda dengan nanam biasa. Namanya juga ‘budi’ mesti telaten, baik caranya, ada manfaat dan hasilnya. Sedang kalau nanam, main tancap aja sudah bisa bisa disebut menanam, lalu sisanya biarkan alam mengerjakan.

Cara Mudah Menanam Serai
Cara Mudah Menanam Serai
(Sumber: http://www.hgtv.com/) 

Menanam serai wangi sebenarnya sama saja dengan serai dapur. Tapi ada beberapa bedanya dengan serai dapur. Yang pasti serai punya banyak sekali manfaat. Ada beberapa manfaat serai wangi yang berbeda dengan serai dapur. Serai dapat dijadikan sebagai obat-obatan; mengatasi gangguan cerna, mencegah kanker, anti bakteri, anti inflamasi, anti oksidan, anti radang, mengatasi gangguan tidur, mencegah jerawat, mengatasi gangguan kulit, juga anti nyamuk. Dan lainnya seperti; bahan pembuat minyak atsiri, minyak wangi, bio aditif, bahan pembuat kosmetika dan banyak lagi.
Serai; Tanaman Anti Nyamuk
(Sumber : http://www.houzz.com)

Setelah beberapa bulan dari berguru ilmu tersebut, akhirnya bulan kemarin kami meninjau hasil serai wangi kami. Dan Alhamdulillah, subur, kenceng, rimbun dan banyak. Dari situ akhirnya kami bisa panen.

Kebun Serai Wangi Balikpapan


Sebenarnya kebun ini jauh dari rumah, turun-naik dan lumayan susah ditempuh lokasinya dan masih nebeng kebun orang (jujur). Jadi, nggak bisa sering-sering ditengok. Wajarlah kalau saat itu, ngeliat serai wanginya udah rame-rame rasanya langsung girang banget.

Horee akhirnya bisa panen rumput.
Kebun Serai Wangi Balikpapan

Saking girangnya, sedari awal udah jepret sana-jepret sini, siap upload ke grup-grup WA, BBM en sosmed:
“Permisi, siapa mau serai wangi, harganya murah aja. Cocok buat timung*” 

Hihihi, emang otak pedagang. Kalau mau jualan online gitu memang paling enak pakai sinyal 4G terbaik dari telkomsel. Sinyalnya kencang dan jangkauan areanya sudah mencakup Balikpapan. Ada program tukar kartunya kok, program yang sudah lama dibuat Telkomsel untuk pelanggan Telkomsel yang ingin menukarkan kartu SIM-nya ke kartu 4G melalui mekanisme online dan offline.

4G Telkomsel

Lebih seru lagi kalau bisa bikin video cara menanam serai wangi atau belajar budidaya serai wangi langsung dari kebun, terus nantinya share ke dumay. Alhamdulillah, bila videonya bisa dipakai buat belajar. Berbagi ilmu biar berkah. Sayangnya, belum kesampaian. Kami juga nggak tahu kalau ternyata serainya sudah tumbuh rimbun, subur, kenceng kayak sinyal 4G terbaik dari telkomsel. Ya iya, ribet nanam cuma di awal doang. Itu pun nggak ribet-ribet banget asalkan lahan sudah oke, pemupukan baik. Setelah itu sudah, perawatannya gampang (malah sebenarnya nggak dirawat)Tau-tau main panen doang.

Luar biasanya tanaman serai ini mampu bertahan di lahan kritis bahkan memperbaiki lahan tersebut. Jadi, nggak merusak alam. Saya sih kurang ilmu untuk bahas ini. Tapi, senang rasanya bisa menanam tanpa merusak alam.
Jual Serai Wangi Balikpapan Per Ikat
dijual per ikat 
Jual Serai Wangi Balikpapan Per Ikat

Untuk saat ini, serai wanginya belum diolah masih dijual per ikat. Doaian ya semoga bisa diolah menjadi produk yang lebih baik dan bermanfaat, dan semoga bisa punya kebun sendiri. Eaa banyak amat minta doanya.

Teman-teman ada yang punya pengalaman menanam serai/sereh ? Atau ada yang pernah nyoba sabun sereh? Atau ada yang barusan masak pakai serai? Bagi dong saya belum makan nih.

----
*timung ; mandi uap tradisional dengan rempah-rempah

Salam,
Lidha Maul

You Might Also Like

38 Comments

  1. Duh seru sekali mbak bisa panen serai, kalau saya mah sudah kelewat mbak panennya dan sayangnya gak ikut manen karena kebunnya jauh dan beda kota juga jauh gak memungkinkan untuk datang.

    ReplyDelete
  2. Ibuku pernah nanem serai, tapi udah lama banget kena basmi orang yang beanhi sungai. Aromanya yg serai untuk bumbu dapur itu enak mbak, apalagi klo dicampur sama masakan. hwahhh... tambah enak lagi.
    Lah baru tahu klo ada serai wangi juga. eh... kek gimana itu ya mbak.. Aku keknya pernah liat tapi udah lama juga... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kayak serai biasa, beda dikit aja. Aromanya lebih tajam, itu yg paling khas

      Delete
  3. Wah mantep ya mbak..
    pasti puas banget kalau panen dari hasil jeri payah sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, paf=dahal gak jeri2 dan payah2 banget sih tapi ya seneng

      Delete
  4. Saya belum pernah melihat serai wangi.
    Mungkin ada nama lain ya kalaundi kampung-kampung.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm... apa ya Pakde.
      Dari kampung tempat belajar ini, ya nyebutnya serai wangi juga sih
      Hmm..hmmm

      Delete
  5. Baru tahu mbak ada serai wangi, kirain adanya cuma serei dapur. Penampakannya kayak daun pandan ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya merasa kayak rumput mbak, hehe.
      Kalau pandan lebih tebal kan

      Delete
  6. Bahahahaha iya lah yaa.. kalo ngisep sereh di dapur mah nyambi makan. Etapi kadang nanem nanem gitu keliatannya simple. Pas saya praktekin malah pada busuk itu taneman.

    Salah saya apaaaahhh -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum jodoh aja, coba lagi nanam serai nya
      Tapi, belum ditanam udah habis buat masak :)

      Delete
  7. wiii lemongrass <3

    saya sering pake serai wangi untuk wangi wangiin rumah. dilayuin dulu terus ditaro diatas candle burner sebagai pengganti potpourri. wanginyaaa hmmmm kaya wangi tradisional gitu. kalo buat timung prefer yang udah kering hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ada pecinta lemongrass juga. Kemaren saya pake ini buat timung. Ternyata pas udah layu, ternyata lebih harum ya. BUkan wangi yang menusuk gitu

      Delete
  8. Saya baru tahu ada serai wangi. Tahunya kayu manis.. lho.. kok jauh sih. Hihihi...

    ReplyDelete
  9. Iih kereeen. Itu tercium wanginya ya Mbak kalo kita berdiri dekat2 rerimbunannya?
    Trus kalo jadi bumbu masak, apakah lebih wangi?
    Asli, penasaran banget saya sama serai ini. Kalo masak ikan pindang (palumara), orang biasanya gak pake serai, saya justru suka pake. Bikin wangi masakan dan enak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm bisa jadi, tapi kalau terlalu tajam aromanya apa enak ya.

      Delete
  10. Andai dekat, pasti aku mau dong serai wanginya.

    ReplyDelete
  11. Ya ampun Mba, baru tau semudah itu menanam serai. Aku suka banget bau serai, lagian serai lumayan ampuh buat ngilangin nyamuk secara alami, jadi aku suka beli essence oilnya buat dikamar. Mau dong mba kalau serainya udah dijual jadi essence oil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga kami bisa mengolahnya ya. Setidaknya untuk pribadi dulu

      Delete
  12. Mba Lidha itu yang dua foto terakhir, jadi yang dijual/dipakai itu daunnya ya? Maksudku kalau serai dapur kan akarnya tuh yang digeprek buat masak.
    Kalau ini malah daunnya ya? nggak sama akarnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, soalnya ini nggak dibuat masak. Ini buat mandi dan aroma terapi. Cocok untuk tempat2 perawatan tubuh

      Delete
  13. duh, saya pun baru tahu kalo ternyata serai itu ada dua jenis *kemana aja bu?*
    jadi serai wangi ini yang dimaksudkan untuk mengusir nyamuk (seperti yang tertulis di kemasan lotion nyamuk) *lalu mengangguk-angguk tanda mengerti*

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA BENAR MBA IRA.
      Serai wangi inilah yang dijadikan komposisi tuk lotion anti nyamuk.

      Delete
  14. Baru tahu ini serai wangi, apa seperti serai utk bikin setup kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... nggak sih. Walaupun mungkin bisa, cuma ya kasian serai dapurnya jadi kurang kerjaan

      Delete
  15. wah hebat.. sereinya subur dan bagus. pernah dulu di kampung kakak coba2 bikin kebun serai. cuma mungkin ga telaten atau gimana hasilnya ga bagus.. eh btway itu daunnya bisa dijual juga ya mba... kok diikat2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak, kan buat wewangian, mandi, sauna.

      Delete
  16. Aku ga bisa masaak, mba Lidha.
    Jadi suka makan masakan Indonesia yg kaya bumbu rempah-rempahnya.

    Yuumm~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa,
      nggak bisa masak juga. Tau makan doang

      Delete
  17. semoga sukses yah mba dalam penanaman serainya dan sekaligus dapat menciptakan suatu produk ya..

    ReplyDelete
  18. dekat rumah ada yang punya ladang serai, janagn2 serai wangi ya
    serai wangi itu emang beda wanginya dari sereh biasa?tercium dari jauh mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak tercium gitu. Kecuali ada pengolahan disitu

      Delete
  19. Kalau masak, aku sellau pakai serai, mba. LEbih wangigitu ya. Buat minuman juga oke ;)

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

Popular Posts