MENELUSURI TIPIS-TIPIS LAYANAN HOSTING TERBAIK SATU INI



Hah, beli domain itu bisa ke anak-anak yang nggak dikenal, yang kita nggak tahu kualitasnya, nggak ada layanan onlinenya gitu?  Kira-kira dua tahun sebelum punya blog ini saya menelusuri satu per satu layanan penyedia domain dan hosting mana yang nantinya layak saya gunakan. Sebagai calon ‘newbie’ pengguna blog berbayar penting sekali memahami terkait jasa ini. Dan dari berbagai referensi kawan-kawan, ada saja cerita-cerita unik. Ada yang membeli domain ke seseorang (bukan layanan) yang kurang bisa dipercaya lalu orangnya melarikan diri. Ada pula yang membeli dari seorang teman dan teman ini menguruskan domain atas nama yang dia inginkan (bukan sesuai pesanan) dan ada yang typo membuat nama domain. Nasib.
Satu hal, saya percaya saya harus melibatkan diri mengurus blog. Lalu yang menjadi pertanyaan, apa saya beli domain saja lalu bagaimana dengan hostingnya?  Jujur, dulu sekali saya tidak paham apa beda domain dan hosting. Saya tidak paham kalau ada blog/web yang kudu punya hosting. Saya kira beli nama domain, selesai. Udah.

Tahun ini, tepatnya awal Maret, blog bulirjeruk.com bertepatan dua tahun. Inilah penyebab mengapa saya jadi kepikiran tentang blog. Karena artinya jangan sampai saya lupa bayar blog ini :P

Setelah dua tahun  resmi ngeblog, beberapa teman dan kenalan mulai ada yang bertanya tentang dunia per-blog-an; blog itu apa, domain itu apa, bedanya apa sama hosting, bagaimana cara punya blog, bayarnya gimana, sampai ada yang mau buka toko online.
Hmm.
Kalau saya pribadi, inginnya sih punya blog dengan niche tertentu yang nantinya bisa dikelola beberapa kawan dengan hobi yang sama. Ini pemikiran yang baru banget. Tapi, layak dipertimbangkan dari sekarang, termasuk juga niatan menggunakan hosting tersendiri alias berbayar. Singkatnya, sebuah web/blog yang berbeda total dengan bulirjeruk.com ini.

Beberapa waktu lampau (sebelum punya blog ini) saya pernah bertanya pada teman-teman yang berpengalaman tentang apa dan bagaimana hosting itu, karena kalau beli domain saja, mudah. Maka, saya pun membuat beberapa catatan di bawah ini yang bisa juga dibaca oleh teman-teman saya yang baru-baru ini banyak bertanya tentang dunia web/blog dan keinginan menyewa hosting. Penting atau tidak penting.  Ini dia tips berpikir membangun blog sebelum mencari hosting :

1) NIATAN MULIA DAN TUJUAN SAKRAL MEMBANGUN WEB/BLOG
Memahami niat dan tujuan membangun web/blog ini penting  sekali.  Karena yang namanya impian itu banyak banget, pengen ini dan itu, ternyata realisasinya tidak sesuai harapan. Dari niat dan tujuan yang teorganisir, nantinya kita akan punya gambaran web/blog seperti apa yang ingin diwujudkan. Semacam buat coret-coretan lebih dulu.

2) KEBUTUHAN DAN PLATFORM YANG AKAN DIGUNAKAN
Bisa dilihat pada blog saya ini, platformnya menggunakan blogspot/blogger dari Google. Sejauh ini saya tidak menggunakan hosting berbayar. Untuk pembaca yang belum paham: jadi, blog bulirjeruk.com ini menggunakan domain berbayar dan hosting gratisan. Kenapa ? Ya karena sampai saat ini kebutuhan saya hanya sampai gratisan belaka.
Bedanya apa hosting gratis dan berbayar ? Ibaratnya, kalau kita punya rumah tapi masih ada rasa-rasa nebeng itu gimana coba, dibanding punya rumah asli milik sendiri. Kira-kira begitulah.
Sedangkan beberapa poin kebutuhan situs kita nantinya kira-kira bisa dibuat listnya :
>Kebutuhan pengunjung : apakah nanti banyak yang akan mengakses? banyak yang memberi komentar? Bila itu situs online shop, apakah akan diberikan tambahan fitur, peringkat, review, belanja dan segala macam?
>Kebutuhan tools tambahan : seperti email dan anti spam.
Semua kebutuhan ini terkait juga dengan platform yang mau digunakan. Karena setiap platform memiliki penawaran berbeda.

3) HOSTING INDONESIA ATAU LUAR
Jika sudah yakin akan menggunakan/menyewa hosting,  maka selanjutnya adalah memilih hosting yang mana. Dari hasil obrolan, mereka lalu menyarankan kalau target tujuannya adalah pengunjung dari Indonesia maka pilih saja hosting Indonesia. Nah, baru kemudian pilih-pilih lagi hosting lokal mana yang aman, nyaman dan terpercaya.

Sampai sini, untuk beberapa orang yang belum terbiasa pasti tips di atas rasanya mumet dan ribet. Sama, saya pun demikian dulunya. Ribet amat mikirin hosting. Ya udahlah bikin blog yang 100% gratis aja. Eit, tapi nggak bisa begitu kalau kita mau bertindak profesional.
Dari sinilah kemudian, ada beberapa teman yang merekomendasikan hosting Indonesia yang  memang aman, nyaman dan layak dipertimbangkan, seperti Niagahoster.

Saya pun kepo dengan Niagahoster yang disebut menawarkan hosting murah ini. Konon, untuk menyebut hosting terbaik memang sukar-sukar gampang, karena bisa saja tergantung dari kebutuhan. Tapi, setidaknya ada beberapa hal yang dapat ditelusuri seputar apakah Niagahoster merupakan hosting terbaik yang bisa digunakan :



LAYANAN  NIAGAHOSTER
Pertama-tama masuk dulu ke niagahoster.co.id untuk mencari tahu layanan apa yang diberikan. Niagahoster saat ini menyediakan layanan  domain dan hosting. Bila dilist ada beberapa layanannya :

Domain
Baik domain Internasional (.com, .org, .info, .biz) domain Indonesia ( .id, .web.id, .co.id, .sch.id, .or.id) domain gTLD baru (.xyz, .top, .link, .win, .club). Harga termurah yang ditawarkan 14.000. Untuk tiap domain sendiri memiliki penawaran termurah.

Shared Hosting
Note : Shared hoosting berarti layanan web hosting dimana satu akun hosting ditaruh dalam satu server yang sama dengan beberapa akun hosting lainnya untuk berbagai keperluan.
Paket Hosting Indonesia dari Niagahoster
 Cloud VPS Hosting
Namun, seandainya saya dan teman-teman memerlukan resource server lebih, maka bisa menggunakan VPS (virtual private server). VPS memberikan keleluasaan lebih untuk mengelola server, dimana kita seperti menyewa server pribadi. Cocok bagi pemilik web/blog yang memiliki ribuan kunjungan setiap hari.

Transfer Hosting
Teruntuk yang sudah memakai hosting lain, dan ingin pindahan rumah.

Web Builder
Punya ide bangun web, style-nya dan fiturnya bagaimana, tools dari Niagahoster bisa membantu.

SSL / HTTPS
SSL adalah :
Dan di Niagahoster ini, semua paket yang ditawarkan mendapatkan Unlimited SSL Gratis. (Bisa dicek pada gambar paket di bawah)

Web Instan
Nah, ini cocok untuk teman-teman saya yang ingin punya web langsung jadi. Di Niagahoster menyediakan desain website siap pakai. Cukup mengkreasikan, tanpa harus belajar pembuatan web yang njelimet.  Cukup order > bayar > aktif.

Sedangkan layanan lainnya ada Program Afiliasi dan Whois.

CUSTOMER SUPPORT
Tidak semua calon pengguna domain dan hosting berbayar paham akan kebutuhannya.  Termasuk saya, yang non teknis ini. Misalkan blog yang saya impikan akan banyak gambar dan video, maka saya harus paham berapa kapasitas yang saya perlukan. Apakah cukup dengan paket yang ditawarkan dan hal-hal teknis yang saya kurang mumpuni. Maka, saya pasti akan memanfaatkan fasilitas chat online dengan CS nya. Fasilitas ini haruslah dapat diandalkan, mengingat kepuasan pelanggan adalah jaminan baik terhadap layanan yang ditawarkan. Niagahoster pun memberikan fasilitas ini sesuai yang diharapkan selama 24 jam/7 hari.

KEUNGGULAN

Hosting Murah
Katanya, murah itu relatif. Tapi, murah adalah kenikmatan yang dicari calon pelanggan. Kalau hosting lain  menawarkan harga yang menguras kantong, dan kurang sesuai dengan kebutuhan, maka pilihlah yang sesuai kebutuhan dan budget, apakah web-nya untuk perusahaan, personal, atau online shop, dan lainnya. Karena kebutuhan kita-lah yang utama. Saat ini Niagahoster menawarkan hosting murah sesuai kebutuhan (pastinya sudah dengan riset kebutuhan pelanggan) dengan kualitas Server Up Time 99,98 %
Keunggulan Niagahoster

PAKET YANG DITAWARKAN
Terdapat 4 Paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan : Paket Bayi, Paket Pelajar, Personal dan Bisnis.



REVIEWER
Setiap berbelanja, cobalah cek apa kata para penggunanya. Mereka yang menggunakan Niagahoster telah merekomendasikan baik. Ini artinya Niagahoster telah memberikan kepuasan dan dapat diandalkan.  Dari web-web yang telah menggunakan Niagahoster bisa dilihat bahwa pageload timenya memang baik dan di atas rata-rata.

GARANSI
Niagahoster memberikan garansi uang kembali 30 hari pertama sejak layanan diaktifkan.

FREE
Selain free SSL, dengan pembelian paket hosting, maka akan mendapatkan domain gratis. Oya, saya lihat di Niagahoster juga ada bagi-bagi domain gratis khusus .co.id dan web.id. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

KESIMPULAN
Layanan Pendukung  Ã¼ (Tersedia)
Kepuasan Pelanggan ü
Paket Hosting Murah ü
Garansi ü

Untuk teman-teman yang pernah bertanya dimana mencari domain dan hosting Indonesia yang murah, berkualitas,  dan mau memandu calon kliennya, nah ini jawabannya. Karena membangun web/blog sampai printilannya itu tidak mudah, butuh pihak yang bisa diandalkan. Niagahoster bisa menjadi pilihan tepat saat ini.  Kalau saya sih iYes. Untuk mengetahui lebih lanjut dan menggunakan layanannya, bisa langsung menghubungi CS Niagahoster.

Terima kasih. 

9 Komentar

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik. Mohon tidak menaruh link hidup, situs yang mengandung SARA, judi online, web scam dan phising, karena akan dihapus.

  1. Sama, sejauh ini kebutuhan saya kasih di domain mbak, hehehe. Btw, pengen nih, dapet .co.id gratis, tapi apa khusus perusahaan kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. .co.id lebih sering digunakan untuk perusahaan.
      kalau di niagahoster sendiri bisa ditanyakan langsung syarat2nya apa saja untuk ngedapetin domain ini

      Hapus
  2. Mbak ini sih murceh banget di banding hosting yg aku pake. Aku belum cari 2 smpe maximal sih kmrin. Jadi kena mhl hampir 450rb

    BalasHapus
  3. wah boleh juga nich hosting, terima kasih atas tipsnya sangat bermanfaat untuk bisa memilih hosting yang terbaik untuk blog

    BalasHapus
  4. Biaya per bulannya murah yaaa...

    BalasHapus
  5. Biaya per bulannya terhitung murah. Tapi yang lebih penting sih, CS yang mau memandu kliennya, biar kalau ada apa2 jadi lebih cepat penanganannya

    BalasHapus
  6. Nama penyedia hosting (Niaga Hosting) ini udah sering kudengar akhir-akhir ini. Katanya murah dan layanannya juga oke. Bikin naksir dan pengen migrasi juga karena hostingku yang sekarang cukup mahal. Layanan CS-nya support 24 jam kah, Mbak? Kalau tengah malam gitu kita kontak, mereka support nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah coba antara jam 9-10 versi kalimantan, entah kalau tengah malam, boleh dicoba tuh mba

      Hapus
Lebih baru Lebih lama