INI DIA, MOOD BOOSTER YANG BISA BIKIN SAYA PRODUKTIF LAGI

by - February 19, 2018


Bun, dua setengah juta tambah enam juta tujuh ratus ribu tambah lima belas juta empat ratus ribu lagi sembilan juta dua ratus ribu berapa?” tanya suami dalam angka-angka yang sebenarnya tidak sama persis dengan dialog tapi berulang kali sering beliau tanyakan.
Sementara jawaban saya sering kali berulang sama : “Nggak tau.”  :P

Bukan benar-benar tidak tahu, kalau angkanya tipis-tipis pasti saya bantu jawab, atau kalau saya sedang tidak menyapu, sedang tidak memasak, sedang tidak mengolah tulisan, sedang tidak bermain bersama Cmumut, okelah saya bantu. Lha kalau bini sibuk, ngedubrak-ngedubruk juga, pertanyaan dan permohonan bantuan apa pun pasti terlewat ratusan purnama.
Lucunya, suami sering menanyakan perhitungan ketika sedang menghadap laptop. Bukannya lebih baik tanyakan laptop?

HAL BURUK BISA TERJADI KETIKA BAD MOOD
Komunkasi saya dan suami, nggak selamanya makmur sentosa, semriwing bahagia. Adakalanya komunikasi kami pecah berantakan meluap-luap penuh lumpur. Pfehhh.  Berlebihan.
Seperti kejadian di atas. Ya ampun sepele sekali, saya lagi sibuk, suami juga sibuk. Dimana-mana suami kan gitu ya? Apa-apa manggil bini, sampai cari mur-bautnya aja pasti nanya istri. Tindakan yang spontanitas sih, alami banget. Tapi, ternyata telinga para istri bisa bengkak juga kalau dipanggil terus-terusan :D apalagi kalau suami ujung-ujungnya berkata : “Bunda sih nggak mau bantuin ayah.” Pheeeh. Nggak gitu Yah.

😒

Kata orang, debat-debat kontra suami istri itu bumbunya pernikahan, bikin pernikahan lebih berwarna. Kalau kata saya, bisa lebih lucu juga, karena ketika mengingat hal-hal itu di kemudian hari bikin ketawa. Tapi, pas kejadian ya tetap aja bikin bad mood.
Dan setelah bad mood muncul, bisa jadi serentetan kejadian lain silih berganti turut menjengkelkan.

Dalam situasi dimana kamu lagi bete, padahal PMSmu belum tiba, maka di sekitarmu juga rasanya menjemukan dan bisa berakhir dengan kejadian yang menyebalkan, cuma karena suasana hati lagi nggak kondusif dan berkenan. Hal-hal yang sebenarnya dimulai dari permasalahan kecil, eit malah aslinya bukan masalah sama sekali, kemudian merambat kemana-mana dan berakhir dengan kejadian yang nggak menyenangkan. Karena kalau dari kacamata saya nih,  ada kejadian-kejadian bermasalah (yang aslinya nggak penting) berawal dari bad mood.

MOOD BOOSTER AGAR PRODUKTIF
Oya, kenapa suami saya suka bertanya angka-angka kepada istrinya ini? Ada dua hal sebenarnya. Pertama : karena kami pengusaha mandiri alias wirausaha. Berkutat di angka-angka nggak cuma mengenai pengeluaran dan pemasukan rumah tangga kami saja, tapi juga rumah tangga industri, kestabilan profit, dan ketersediaan cash  usaha yang seharusnya kami miliki.
Kedua : Uhuk, karena saya dulunya mengajar akuntansi, yang sudah sekian lama move on dari status guru. That’s why rasanya maleesss banget bila mendadak disindir-sindir suami, ‘lha kan Bunda dulunya anak akuntansi.’ Duuh, bikin mood baik pudar. Itu sudah masa lalu. Lalu berlalu. Saya sudah nggak sekece dulu, dimana kepala saya bisa mantap penuh angka-angka, 25x15 tinggal jawab, apalagi cuma penambahan dan pejumlahan.
Iya, saya punya masa-masa seperti itu.  
A person who love numbers.
Saya selalu antusias lihat angka-angka, plat motor dan nomor handphone teman-teman itu mah sudah di luar kepala. Main angka-angka adalah mood booster buat saya.
Meski nggak boleh disebut expert. Meski banyak cacatnya juga. Kenyataannya saya memang mengajar angka-angka.
Feel sad, sekarang sudah banyak melipir ke setrikaan dan penggorengan.
Sudah nggak bisa lagi.

Tapi, untuk bisa lancar bermain angka itu nggak semudah membalik telur dadar di wajan anti lengket. Analoginya, kalau mau harum ya dekati penjual parfum atau mandi lebih sering, kalau mau kenyang ya makan, kalau bosan nge-jomblo ya lamaran. Poinnya, harus ada upaya dibalik sembunyinya udang dalam bakwan. Saya, selain sering latihan bersama angka-angka, sedari dulu selalu punya partner digital yang bernama kalkulator.

Ini jenis kalkulator yang terpisah dari HP. Kalkulator favorit saya sebenarnya selalu kalkulator sayur.

Begini, di masa saya, kami membedakan kalkulator menjadi dua. Kalkulator sains (scientific calculator) yang layarnya bisa memuat rumus dan terlihat ribet. Dan kalkulator sayur, yang kami sebut demikian karena kalkulator ini anti ribet, nyaman dibawa kemana-mana, dan tentu saja cocok untuk pedagang sayur. Macam kami ini lah, pedagang.

Sampai saya nikah, saya selalu punya kalkulator dagang ini. Tapi, sudah dua tahun belakangan kalkulator saya rusak.

Mungkin ada yang bertanya:
>Ngapain sih punya kalkulator tersendiri, kan di HP juga sudah ada?
>Kalau mau hitung-hitung, sekarang sudah banyak aplikasi penghitung ya kan? Mau yang mana aja ada, akuntasi, zakat?

Karena begini, dengan adanya kalkulator tersendiri, saya bisa meminimalisir penggunaan HP, bisa menghemat tenaga HP. Lagipula, ada satu hal buruk yang saya kira dirasakan juga oleh teman-teman pengguna handphone. Saat dimana kita membuka handphone untuk tujuan A, maka yang terjadi tangan kita gatal untuk membuka aplikasi-aplikasi lain dan berujung pada aktivitas-aktivitas melalaikan. Benar-benar boros waktu. Tidak efisien.

Saya butuh kalkulator tersendiri, agar bisa bertindak efisien. Kalkulator yang bisa dibawa goler-goleran atau dipakai lama tidak membuat Cmumut cemburu, dan bila Cmumut merampasnya (karena merampas HP adalah hobinya) maka saya akan baik-baik saja. Fine Mut, ambil saja.

Maka, semenjak satu bulan ini, saya niatkan punya kalkulator lagi. Ini sekaligus juga demi kemudahan suami yang bekerja di rumah. Kalkulator simple yang enak dipegang, ringan sesuai harapan dan agar saya jatuh cinta lagi dengan angka-angka. My mood booster. Dan kali ini kalkulator saya punya warna sesuai blog saya :D hijau cerah Colorful Calculator dari CASIO My Style.
Alhamdulillah.
#CasioMyStyle  banget.
Ringan, simple, akurat. 

Fix. Sekarang saya ditemani partner baru #CasioMyStyle  dan suami sudah nggak repot minta bantuan istrinya yang sebenarnya juga sibuk. Sekarang cukup, “nih Ayah, hitung sendiri,” sodorin kalkulator.  
Kalau pun saya bantu (seperti yang terjadi baru saja tadi pagi) “Bun, enam kali empat belas ribu empat ratus berapa?” (dan beberapa pertanyaan seterusnya) saya nggak gegabah buru-buru ambil HP, unlock dulu, cari aplikasi calculator, baru ngejawab (terus ngecekin email, terus ngecekin WA, tuh kan panjang). Insya Allah cukup dengan CASIO My Style sudah terpenuhi. Terbukti.

Beberapa pekan lalu, saya bawa juga CASIO My Style ke acara “Pelatihan Bertanam Organik” dan nggak nyangka terbantu banget. Love it. Alih-alih saya pikir bakalan duduk mendengarkan narasumber, ternyata kami diajak untuk membuat perhitungan terkait produktivitas yang akan dilakukan. Absolutely, saya mesti ngitung mendadak dan membuat perencanaan karena salah hitung atau malas hitung, erat kaitannya dengan kehilangan beberapa isi dari dompet. Nah, nggak mau dong saya ya kan :)
"Investasi nggak, investasi nggak..."oke mari hitung dulu.
  
UBAH MOOD DENGAN WARNA
Teman-teman, pernah nggak mempertimbangkan situasi bad mood yang timbul mungkin saja bukan karena realita yang tidak sesuai ekspektasi, karena itu sering terjadi. Tapi, bisa jadi yang kita butuhkan ‘sesuatu yang bisa bikin hidup kita berwarna’ sebelumnya. Kita butuh warna dalam hidup ini. Mau kiasan atau warna beneran, kita memang butuh warna. Jangan-jangan kita kurang mewarnai hidup. Mewarnai hidup, berarti memaknai hidup.

Pernah nggak sih, merasa jenuh dengan situasi rumah, apa-apa yang dihadapi hambar, kemudian kita ganti warna rumah, di cat kembali dan kejenuhan itu sirna. Cuma ganti warna doang, terus adem lagi.  Atau ketika memilih barang, meski secara fungsional tidak berbeda satu dengan yang lain, tapi warna yang beda itulah yang kita pilih. Saya rasa semua sepakat, warna punya efek psikologis. Warna juga punya efek magnetis, karena tahu-tahu saja, kita bisa comot benda yang nggak penting-penting banget, tapi warnanya krusial sekali untuk hidup kita, untuk melengkapi kenyamanan. Pernah mengalami?
  
Saya tidak fans berat hijau, tapi warna hijau punya makna : pertumbuhan, harmoni, kesegaran, natural. Karena alam dan penghijauan bagi saya adalah penghasil mood baik. Duduk-duduk di alam memandang pepohonan tumbuh dan disambut semilir angin adalah terapi buat saya yang kadang-kadang mengalami kegersangan.
Duduk-duduk memandang kehijauan bisa balikin mood ceria lagi

Saya percaya semua warna punya maknanya. Dan setiap warna favorit bisa menjadi mood booster bagi penyukanya.
Kira-kira nih, teman-teman suka warna apa? Kalau belum menemukan pilihan warna yang tepat bisa mencobanya di :
www.knowyourcolor.id
Kalau sudah tahu warna favorit kalian dan ingin ngeboost mood biar tetap produktif seperti yang saya lakukan dengan memiliki kalkulator yang simpel, santai, fleksibel. Juga demi melengkapi keefisiensian waktu beraktivitas, berarti sudah saatnya punya partner Colorful Calculator dari CASIO My Style dengan tuts timbul yang dilengkapi baterai tenaga surya. Jadi kalau kalau kehilangan powernya, bisa diberi penyinaran matahari. 
Pilihan warnanya beragam. Setidaknya ada tiga tipe pilihan :

·// MINI DESK TYPE (12 DIGITS)  ·// MINI DESK TYPE (10 DIGITS)   ·// PORTABLE TYPE (10 DIGITS) 




Selain untuk diri sendiri, Colorful Calculator juga layak menjadi hadiah spesial untuk seseorang.
Untuk memiliki Colorful Calculator ini, caranya mudah lho. Cukup  klik :

Saat melakukan pembayaran, masukkan kode :
 CASIOBLOGKZ5480U
untuk mendapatkan potongan harga 20%


HAVE FUN WITH  #CASIOMyStyle
Mungkin, walau terlihat sepele, bagi saya meminimalisir penggunaan gadget meski hanya untuk kebutuhan kalkulasi itu bisa berdampak besar lho pada produktivitas saya selaku Ibu Rumah Tangga, istri wirausahawan, pekerja paruh waktu dan baru ingin memulai usaha mandiri sendiri. Maka, lebih baik bagi saya memiliki kalkulator tersendiri. Selain itu, sebenarnya sedari muda dulu saya memang candu main kalkulator. Jadi, sekalian mengenang masa lalu, buat balikin mood asyik juga. Serta balikin kemampuan berhitung manual.
Bagaimana caranya bisa menjawab perhitungan manual dengan segera? Ya, tentu saja dari habits, keterbiasaan merekam angka-angka.

Kalau main kalkulator, kira-kira bermain apa ?
Ada banyak permainan kalkulator.

➤Misalnya membuat trik menebak tanggal/bulan lahir kawan kita atau trik ini dilakukan bersama anak.
Caranya : Misalkan tanggal lahir seseorang ini 13 September. Lalu minta si anak membuat perhitungan :
5 x (bulan lahir yaitu 9 ) --> +6 -->  x4 --> +9 --> x5 --> +(tanggal lahir yaitu 13--> -165 = 913
Hasilnya 913, yang berarti bulan 9, tanggal 13. Trik ini bisa dicoba agar anak-anak menyukai angka, dengan catatan harus dia yang menggunakan kalkulator.

Ada pula trik 73.
Empat digit angka apa pun yang berulang dua kali apabila dibagi 137 dan empat digit awal itu sendiri akan selalu menjadi 73.
Contoh : pilih empat digit angka apa pun, ketikkan berulang dua ® Misal: 25632563 lalu bagi 137, lalu bagi lagi dengan empat digit tadi : 2563 maka hasilnya akan 73. Selama empat digit sama yang berulang, hasilnya akan 73. Permainan bisa dimulai dengan menuliskan 73 di sebuah surat lebih dulu dan menyimpannya di suatu tempat. Anak-anak akan takjub dibuat.

Permainan Kata
"Hello = 0,7734"

Dimana angka-angka bisa diubah menjadi huruf dan disusun menjadi kata:
1 = i dan (e)l       2 = z dan s             3 = e                 4 = h (dibalik)                5 = s dan z
6 = G, g            7 = L (dibalik)          8 = B                    9 = g.G                   0 = O

Beberapa kata yang kemudian bisa dibuat :
Gigi, hELLO, SIZE, LOL, GELI, LILI, BELI, BOSS, SLOB, SEL, LOGO, GOL, OLI, SOL, hEBOh, BOLEh, BOLOS, EGO, BIBI, BIS, ZOO, LES, dan sisanya silakan cari sendiri :)

Silakan bersenang-senang dengan varian terbaru dari #CASIOMyStyle yang bikin kian produktif dan kreatif. Ini cerita saya tentang warna, angka dan Colorful Calculator  untuk nge-boost mood  hari-hari. Ada yang punya cerita serupa ? Boleh bagi di sini.
"Tertawa remeh = simple thing to boost mood"

Salam.
***

Info tambahan :
CASIO COLORFUL CALCULATOR          : http://www.casio-intl.com/asia/en/calc/mystyle/colorful/
Facebook                                                                  : https://www.facebook.com/casiocalculatorindo/
Instagram                                                                  : http://www.instagram.com/Casiocalculator.id


You May Also Like

31 Comments

  1. Warna Casionya kalem banget mbak, teduh aja liat, apalagi megangnya, hhee
    Asyik juga, permainan kata pakai Casio, hehee
    KAdang, dan aku juga pernah mainan kata kayak gitu juga mbak, tapi pakai Casio warna item, hihiii
    TFS ya Mbak Lidha,
    Good luck ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mainan kata pake kalkulator ngasah kreativitas dan ngilangin bad mood.

      Delete
  2. aku juga ga suka kok mba ngitung pake HP lebih enak pake kalkulator apalagi kalau dah gajian nih wkwkwk sayangnya kalkulator di kantor gede banget dan terkesan kek di pasar :D

    aku pengen punya yang warna merah ni kalkulator casionya kece ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga punya kalkulator gitu mbak. Yang simpel aja deh pokoknya saya udah suka

      Delete
  3. Wih keren juga kalkulatornya!

    ReplyDelete
  4. Hahaha, jadi penasaran ma ekspresinya mba Lidha kala meluap-luap penuh lumpur.
    Btw, kalkulator casionya lucu dan imut kek yang punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berlebihan itu :D aslinya penggorengan melayang
      aduhai, amit-amit diri ini

      Delete
  5. wah itu trik angkanya betulan ya? kalau saya tahunya yang bikin kata pakai kalkilator doang. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba, saya nyimpan banyak permainan. Tapi itu aja yang teringat sekarang :)

      Delete
  6. Biru neonnya tsantik bangettt. Suka-suka, kalem dan sesuai sama narablog ini (baca pemilik bulirjeruk.com) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmmm..kalau punyaku ijo ya hahaha. Hijau tosca, serupa sama blognya

      Delete
  7. Mainan kalkulator gini kerjaanku waktu sekolah

    ReplyDelete
  8. kalkulator dari jaman saya sekolah masih saya pakai sampai saat ini. casio juga

    ReplyDelete
  9. Asli ngakak pas baca ini:

    "Kalkulator favorit saya sebenarnya selalu kalkulator sayur"

    Aku pikir istilah ini hanya di Sumatera saja. Ternyata 'mendunia' yaaa...
    Hahaha...

    Aku termasuk yang suka kutak-katik permainan kata dari kalkulator.
    Seru kalau bisa nemu kata baru.
    Berasa, profesor, gitu, hahaha...

    Warna Casionya memang 'eye catching' banget yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MengKalimantan pastinya hehehe, entah daerah lain.
      But always so proud makainya. Best partner lah

      Delete
  10. Itu yang boros waktu iya banget Mba. Tujuan awal buka HP mau buka kalkulator kan ya, eeeh habis itu malah mampir ke IG, terus melipir bentar ke Twitter, eeeh ada notif dari FB, mampir lagi deh. Wahahaha.
    Malah aku biasa kaya orang hilang ingatan. Ambil HP, terus pas buka tiba-tiba amnesia tadi mau ngapain, ckckck XD XD

    ReplyDelete
  11. Seru banget, selain bisa ngitung produktivitas bisa bermain kata, aaah seru banget. Jadi inget nich, jaman SMP dulu, suka banget main kata juga yang dibuat dari kakulator

    ReplyDelete
  12. Kalkulator Casio memang udah udah teruji kualitasnya ya mba. Warna warna Casio yang skrg, lebih bikin mood bagus lagi. Soalnya banyak warna pilihan yang jadi favorit semua orang.

    ReplyDelete
  13. Kenapa aku baru tau kalkulator bisa diubah jadi huruppp wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pas jam kosong di sekolah, mbaknya belajar hihihi

      Delete
  14. Warna casionya lucu-lucu gemesin ya mbak, saya sih punya casio abu-abu kalkulator sains

    ReplyDelete
  15. Aku suka kalkulator Casio karena awet, dari jaman itung kalkulator di bangku sekolah, pilihannya cuma Casio.

    ReplyDelete
  16. mbaa, warna kalkulatornya keren..kalo ada ponakanku pasti dikira mainan soalnya unyuu

    ReplyDelete
  17. ntah kenapa dari jaman dulu aku ngga suka pelajaran itung2an, dan pas kuliah milih jurusan satra utk menghindari hitung menghitung.. etapi ntah knp tiap kerja malah dipercaya buat ngurusin budget dllnya.. mmppfffh :D kalkulator dgn warna unyu emang bisa banget boost mood apalagi kl ngurusin itung2an, ngga perlu lagi liat kalkulator yg warna item kyk dulu lagi hahahaha

    ReplyDelete
  18. Tax calculation itu fungsinya untuk apa ya, Mbak?
    Kata "tax" bikin aku mendadak teringat belum lapor SPT. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang untuk perhitungan pajak mbak.

      Delete
  19. warnanya bagus-bagus... gak kaya kalkulator pad aumumnya yang cuma hitam atau abu-abu... untuk yang hitung pajak itu maksud fungsinya gimana ya?

    ReplyDelete
  20. Aku suka warna biru yang soft mbak.. Ntaps..

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

TAG

Blog Competition Review Figur ChitChat Gardening Lomba Traveling BePreneur ArtWork Reportase SponsoredPost Inspirasi Blogging Fashion Giveaway Kuliner dan Tempat TrueStory #Review Astra Beauty BloggerBalikpapan DIY EVENT Edukasi Fotografi Green Pertamina Theragran-M vitamin untuk masa penyembuhan Balikpapan Balikpapan Blogger Community DIENG Film Food Hari Blogger Nasional Health Ilustrasi Kendaraan Kisah Guru Komunitas Fotografi Balikpapan Kreasi Masak Kreasi SoGood Produk Recent Review_Kuliner Review_Situs Sampah Sampah-Plastik SoGood Siap Saji Teknologi Wisata Malang featured permainan #AHASKYSCANNER #Astra60Balikpapan #BePreneur #Gardening #SKYSCANNERINDONESIA #Traveling Anak Anyang-anyangan Aplikasi Astra Balikpapan Ayat Ayat Cinta Bawang Bawang Putih Bawang Putih Tunggal Bekraf Belajar-Skenario Bromo Busy-Bag CASIO Catokan Rambut Cetaphil Cetaphilexperience Cetaphilid Cetaphilindonesia Competition Dilema Dilema Kapan DotComForMe Endri-Pelita EvHive Font Free Stuff Gaya-Menulis GenLangitBiru Grand Tjokro Grand Tjokro Balikpapan Harbolnas Harbolnas Shopback Hari Blogger Nasional 2017 Hosting Hotel ISK Instagram Jasa Jual Serai Wangi Kampung Berseri Astra KawanBlogger Kecantikan Kelas Akber Balikpapan Kerja3ersama Keunggulan menggunakan Top Level Domain Keunikan Bawang Lanang Kirana-Kejora KobarkanKebaikan Kreasi Bakmi Mewah Kucing Lanang LingkungaHidup Literasi Membuat-Sinopsis MemesonaItu Menulis MomenLebaran NewWayToWork Ngeblog Ngeblog Bareng Nyak Rotun Oka-Aurora Parenting Penulis-Balikpapan Perempuan Permainan-Edukasi PertaminaBlogdanVlogCompetition2017 Pertanyaan berbahaya Photobook Plastik Product RM Torani Ramadan Rambut Rumah Murah di Medan Rumah Pintar Astra SAS Hospitality Sepatu Serai Wangi ShopBack Skyscanner Solo Garlic Stimuno Sirup Tiket Pesawat Tiket Pesawat Garuda Tiket Pesawat Murah Tips Torani Traveling-Papua Traveling-Raja Ampat Traveloka Tutorial Ulang Tahun Ular Uricran WIRALAND XL multivitamin baik pengumuman permainan tradisional vitamin masa pemulihan