HARUS KEMANA BILA LIBURAN DI MALANG? INTIP DULU YANG ASYIKNYA DISINI

September 30, 2017

sumber: asliindonesia.net - Keliling Kota Malang dengan MACYTO

Oke, menurut saya ini unik.
Kebayang nggak sih, teman-teman  punya kampung halaman, sedari kecil tinggal disana, berkelana, sampai kemudian akhirnya merantau. Tiap tahun bisa 2-3 kali pulang kampung. Itupun selalu menyempatkan berkeliling-keliling termasuk ke setiap lokasi wisatanya. Tapi… selalu saja ada yang  terlewatkan, selalu saja baru tahu ada lokasi wisata disana, rasanya yang itu nggak pernah dikunjungi, eh daerah itu di Malang ya? cantik banget…eh, kuliner yang itu baru ada.

Rasanya nggak pernah puas-puas dijajaki.

Nah, orang yang punya kampung halamannya itu adalah suami saya. Dan kampung halamannya adalah MALANG (ya walaupun bukan kampung sih)

MALANG, selain terkenal sebagai kota pendidikan, juga populer sebagai destinasi wisata. Bisa dibilang Malang ini surga dunianya para traveller. Nggak tanggung-tanggung semuanya ada. Mulai dari gunung, pantai, air terjun, candi, sampai tempat wisata keluarga bisa ditemui di kota ini.

Fiuh. Komplit.

Dan yang paling menguntungkan bagi  adalah banyak cara untuk menuju ke kota apel ini.
Saya anggap saja banyak teman-teman dari Jakarta, lalu berangkat  dengan menggunakan jasa maskapai penerbangan, seperti pesawat  Sriwijaya. Ini salah satu penerbangan yang bisa langsung bertolak ke Malang.

Jadi nantinya bisa langsung menuju Bandar udara Abdurahman Saleh yang letaknya sekitar 45 menit menuju pusat kota.  Begitu menginjakkan kaki disini, aroma liburan sudah kental banget. Pasalnya, setelah turun dari pesawat Sriwijaya, tidak jauh dari Bandar udara teman-teman sudah akan bertemu salah satu destinasi wisata populer di kota Malang, yaitu Taman Wisata Wendit Waterpark.

Itu masih belum apa-apa loh. Karena semakin jauh menyusuri Malang, akan semakin banyak destinasi wisata yang seru-menyerukan.


Penasaran nggak sih apa aja yang bisa bikin seseruan di Malang? Aish, penasaran aja deh ya.
sumber: idntimes.com - Sunrise di Gunung Bromo
Pertama-tama kita akan menuju ke dataran tinggi. Ada beberapa gunung yang bisa teman-teman daki dari Malang, seperti gunung Bromo yang sudah populer dan sempat saya kunjungi. Di Bromo, bukan cuma lautan pasirnya amazing, luas, cantik dan bikin pengen jepret-jepret terus. Tapi juga, kalau teman-teman berkunjung ke Gunung Bromo, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati sunrise yang luar biasa, yang view-nya dan feelnya bisa beda dengan tempat lain.

Seseruan lainnya, ini buat siapa pun yang doyan memacu adrenalin, siapkan diri mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru.

Kalau seperti saya yang belum bisa ke Semeru, ada juga gunung lain seperti GunungArjuno, Butak, Panderman yang semuanya menawarkan keelokan paripurnanya masing-masing.
Itu tadi tentang gunung.

Belok lagi menuju destinasi wisata  yang cocok buat siapa pun yang ingin merasakan hangatnya pasir pantai. Dari pusat kota menuju arah selatan, kira-kira 2 jam perjalanan darat deh. Malang Selatan ini memang terkenal akan puluhan pantainya  yang menawarkan keindahannya masing-masing.

Sebut saja Pantai Goa Cina yang menawarkan keindahan pemandangan dan pasir lembutnya. Katanya ada yang unik dari pantai ini. Yaitu pada gundukan pasir yang terletak di 50 meter dari bibir pantai yang kalau  kita berdiri di sana, nampak dari kejauhan seperti teman-teman bisa berjalan di atas air, mantap nggak sih!
sumber: malang.merdeka.com - Pantai Goa Cina
Di kiri dan kanan Pantai Goa Cina juga terdapat pantai-pantai lain yang tak kalah menawannya, seperti Pantai Ngudel, Pantai Bajul Mati, Pantai Kondang Merak, dan masih banyak lagi. Makanya nggak heran kalau Malang juga mendapat gelar Kota Seribu Pantai.
Gunung sudah, pantai sudah. Makan-makan dulu yuk.

Yang namanya mapir ke Malang, pastinya ingin menyantap kuliner khas kota Malang ya kan. Siapa yang nggak kenal bakso Malang? tapi kalau berkunjung ke kota ini, coba juga sajian bakso yang lain dari yang lain. Bakso yang dikenal  biasanya makanan berkuah, di kota ini ada juga bakso yang disajikan dengan dibakar. Ya, Bakso Bakar namanya.

Letaknya tidak jauh dari Balai Kota Malang, kita bisa menemukan Bakso Bakar Pak Man yang namanya sudah terkenal hingga ke luar kota.

Atau coba lah Bakso President, di kedai bakso ini, teman-teman tidak hanya menemukan bakso daging biasa, namun juga isian yang beraneka macam, seperti jeroan.
sumber : malangcity.com Kuliner Bakso President
Nah, setelah ngomongin bakso, yang terakhir ini destinasi dengan nuansa sejarah, yaitu candi.
Salah satunya berkunjung ke Candi Singosari yang merupakan peninggalan Kerajaan yang tersohor dengan raja yang bernama Ken Arok. Tidak jauh dari Candi Singosari terdapat peninggalan berbentuk stupa yang dikelilingi oleh sumber mata air alami. Sumber itu bernama Sumber Awan.

Dan di Malang ini, banyak banget sumber-sumber mata air yang bisa dikunjungi dan banyak yang menjadi lokasi wisata. Atau mungkin mau berkunjung ke sumber mata air kali Brantas?
Kalau suami saya saja yang asli Malang, belum puas merasa mengelilingi Malang. Apalagi saya.

Karena itulah alasan kenapa Kota Malang selalu ramai dikunjungi para wisatawan, apalagi kalau bukan destinasi wisatanya yang (terlalu) banyak, belum termasuk wisata urban disebut-sebut disini, lalu udaranya yang sejuk, pangannya yang melimpah, penduduk lokalnya yang berciri khas juga ramah dimana kita tidak perlu segan untuk bertanya atau menyapanya (meskipun dengan bahasa Indonesia saja). Kalau saya sih selalu YES untuk pergi ke Malang.

Kalau teman-teman yang sudah bersiap-siap berpetualang tunggu apa lagi?  Pesan aja tiket pesawat Sriwijaya, dan cusss terbang ke Malang.  Jangan lupa, bagi-bagi cerita serunya ke yang lain juga :)



Terimakasih :)

You Might Also Like

26 Comments

  1. jadi pengen ke pantai Goa Cinanya itu, kayak asyik maen maen pasir di pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil mempelajari mengapa disebut goa china, seru juga mas

      Delete
  2. Dalam waktu dekat ada keluarga yang mau menikah di Surabaya, sepupu saya udah ngajakin sekalian ke Malang aja. Bisa jadi panduan nih artikelnya kalau jadi ke Malang :-)

    ReplyDelete
  3. Aku lho belum pernah naik bus ijo itu. Sering lihat dan lari-lari ngejar cuma buat foto. Sayang gagal. Hiks.
    Belum explore pantainya. Kayaknya butuh waktu beberapa hari biar santai travelingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pantainya jauh juga. Tapi luar biasa pas nemu pantai

      Delete
  4. Kalau aku pasti nyari kulinernya dulu kalau di Malang. Bahkan sejak pas masih nulis itinerary. Soalnya makanannya emang enak-enak. Yang paling favorit ya bakso bakar, bakso malang, pecel, n rawon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sih semuanya hihihi
      Cuma di malang saya pasti cari susu

      Delete
  5. malang selalu punya banyak tempat wisata, selalu ada yang baru, itu masih Malang, belum ke batu dan sekitarnya :D
    nggak mau pulang

    ReplyDelete
  6. Lengkap ya malang, gunung pantai ama mau ngadem juga bisa. Plus kulinernya enak enak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau jalan sama orang beken macam mbak Shinta ini, lengkap banget hidup :)

      Delete
  7. Ke Malang pengiiin banget ke Jatim Park 2, mupeng beraaat mbaaak. Sama kampung warna-warni, museum angkut, sama icip kulinernyaaa

    ReplyDelete
  8. Lama tak ke Malang. Terakhir kyknya tahun 2009 apa ya, pas tmn nikah hehe.
    Pengen ke Malang tapi pengennya jalan2 menikmati kotanya aja sih gk ke tempat wisata (hahaha gk tau knp pengen gtu).
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaaw lama sekali itu.
      Banyak banget lho udah perubahannya

      Delete
  9. Saya tuh 4 tahun kuliah di Jember lom penah sama sekalai menginjakkan kaki di Malang mbak. Semoga bisaa ngajak keluarga ke Malang deh tahun ini...aamiin

    ReplyDelete
  10. Waduh mbaak baksonya sungguh mengocok perut ya dipagi hari ini. Di tunggu mbak cerita seru mbak di post berikutnya ☺☺

    ReplyDelete
  11. Ini informasi banget deh, Teh, buat aku. Ada rencana dalam waktu dekat ini maen ke Malang. Semoga aja jadi..
    Dan, aku penasaran banget dengan bakso president..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso bakar nggak penasaran?

      Delete
    2. Penasaran juga, Teh, wah lengkap ini yang namanya bakso kalau ke Malang..hehe
      Bocorin harganya juga dong, Teh..hehe

      Delete
  12. Kangen banget sama malang mbak, pingin balik ke sana, main dan kulineran

    ReplyDelete
  13. Thanks for sharing, mbak. Post-nya informatif banget apalagi saya belum pernah ke Malang.

    ReplyDelete
  14. aaa serunya akalu bisa keliling Malang naik bis tingat 2

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

Popular Posts