5 Tempat Wisata di Jakarta yang Akan Membuat Liburan Keluarga Semakin Menyenangkan

June 05, 2017


Alhamdulillah, tidak terasa mau genap 10 hari Ramadhan. Tuing, tuing. Saya kok merasa cepat sekali ya.

Teman dan keluarga sudah ada yang siap-siap bikin kue, sudah ada yang ngelirik baju baru, sudah ada yang prepare jalan-jalan. Benar-benar nggak kerasa. Khusus jalan-jalan, emang persiapannya kudu jauh hari. Apalagi kalau jalan-jalannya bakalan jauh. Misalnya mau ke Jakarta.

Eits, sebentar. Kalau saya bilang Jakarta, jangan dulu dibayangkan kota yang nggak ramah, macet, polusi, atau banjir. Karena eh karena kerak telor itu nyamaan *sing a song* *suara serak*

Karena sesungguhnya Jakarta itu adalah destinasi wisata yang menyenangkan juga lhooooo. Banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisaya budaya, wisata edukasi, tempat rekreasi keluarga, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, kalau teman-teman sedang berlibur ke Jakarta bersama keluarga, sini-sini-sini-sini saya kasih tahu 5 rekomendasi tempat wisata menarik yang bisa dijadikan tujuan. Yuk, simak selengkapnya!

1.    Kepulauan Seribu
Pulang Tidung, Kepulauan Seribu (sumber: celiuz.com)
Siapa bilang Jakarta hanya identik dengan mal dan gedung-gedung pencakar langit saja? Jika menyeberang ke lepas Pantai Utara Jakarta, kita akan menemukan surga tersembunyi yang bernama Kepulauan Seribu. Gugusan pulau ini terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Harapan, dan masih banyak lagi lainnya.
Berbagai aktivitas seru juga bisa dilakukan di sini. Mulai dari island hoping, snorkeling, bermain banana boat, atau sekadar bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Enak nggak? Enak nggak? Enak kan?


2.    Hutan Bakau Pantai Indah Kapuk
Jika bosan dengan suasana perkotaan Jakarta, berkunjung ke Hutan Bakau Pantai Indah Kapuk bisa menjadi pilihan yang tepat. Objek wisata alam ini berlokasi di pesisir utara Jakarta Utara, tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk atau yang sering dikenal sebagai PIK.

Sejauh mata memandang, kita akan disuguhkan dengan hamparan hutan bakau yang tumbuh subur di sekitar pantai. Kita bisa berkeliling hutan bakau dengan berjalan kaki, naik perahu boat, ataupun bermain kano. Untuk masuk ke tempat wisata ini, dikenakan tiket masuk sebesar Rp25.000,00 per orang.


3.    Kawasan Kota Tua Jakarta
Siapa yang pernah ke Kawasan Kota Tua?
Saya. Saya. Saya.
Kawasan Kota Tua Jakarta merupakan kawasan terbaik untuk mengeksplorasi segala hal terkait sejarah Kota Jakarta. Kawasan ini berlokasi di wilayah Jakarta Pusat yang berbatasan dengan wilayah Jakarta Utara.
Selain bisa melihat bangunan-bangunan tua bersejarah, di sini kita juga bisa berkunjung ke aneka museum yang ada di Jakarta. Mulai dari Museum Fatahillah, Museum Nasional, Museum Bank Indonesia, Museum Tekstil, Museum Wayang, Museum Taman Prasasti, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya itu saja. kita pun juga bisa menikmati pengalaman wisata kuliner di Kota Tua dengan singgah ke Café Gazebo, Café Batavia, ataupun mencicipi jajanan khas Jakarta seperti gado-gado dan kerak telor yang dijajakan di sekitar Kota Tua.


4.    Tugu Monumen Nasional (Monas)
Bagi yang baru pertama kali ke Jakarta, tentu belum lengkap rasanya jika belum menginjakkan kaki di Tugu Monumen Nasional atau Monas. Ya, tugu ini memang menjadi ikon Kota Jakarta yang sudah sangat terkenal.

Untuk masuk ke kawasan Monas, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000,00 untuk dewasa dan Rp2.000,00 untuk anak-anak. Sementara, jika ingin naik ke puncak Monas, kita mesti bayar tiket lift sebesar Rp10.000,00 per orang.
Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB, dan hanya tutup pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya.


5.    Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
TMII menghadirkan tempat wisata bernuansa edukasi yang sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Di sini, kita bisa mengajak anak-anak mengenal keanekaragaman budaya Indonesia, bermain di wahana kolam renang Snow Bay, naik kereta gantung, dan masih banyak lagi lainnya.
Setiap harinya, TMII buka mulai pukul 07.00 sampai 22.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup terjangkau untuk semua kalangan, yakni Rp10.000,00 per orang. Selanjutnya, jika ingin menikmati wahana-wahana yang ada di dalam, akan dikenakan biaya tiket masuk mulai dari Rp2.000,00.


Nah, itulah 5 tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan saat berkunjung ke Jakarta. Selain tempat wisata di atas, Jakarta juga memiliki tempat-tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik. Seperti Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, Kidzania, dan lain sebagainya.

Dan jika teman-teman mencari hotel murah di Jakarta untuk tempat menginap, Airy Rooms memiliki penawaran menarik terkait kamar hotel yang nyaman dan juga terjangkau. Sebagai jaringan hotel terbesar di Indonesia yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota, Airy Rooms selalu menjamin kamar hotelnya dengan 7 jaminan fasilitas yang siap memberi kenyamanan terbaik bagi Anda.
Sebut saja AC, TV layar datar, Wi-Fi, kamar tidur bersih, perlengkapan mandi, kamar mandi dengan pancuran air hangat, serta air minum gratis.

Pemesanan kamarnya pun mudah. Siapa pun bisa booking kamar hotel yang dikehendaki melalui website ataupun aplikasi Airy Rooms di Android atau IOS, dengan pilihan pembayaran melalui transfer atau kartu kredit. Selamat Berlibur di Jakarta ya. Jangan lupa bawa keluarga biar liburannya makin menyenangkan yaa. :)


Salam,
Lidha Maul

You Might Also Like

35 Comments

  1. Pernah ke Jakarta tapi cuma pernah ke TMII, itu pun tahun 1995. Hihi. Kayaknya kalau ada rezeki ke sana, harus mendatangi kelima tempat ini.

    ReplyDelete
  2. aku ngincer ke TMII mba pengen bawa anakku kesitu dan aku jg pgn refresh krn paske TMII waktu TK 26 tahun yang lalu hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka ke TMII, berasa paket komplit

      Delete
  3. Beneran ini mba, di Jakarta ada "hutan bakau" cocok tuh buat sasaran wisata sama anak-anak. Kebetulan aku ada erencana ke Jakarta lebaran ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok mbak, di Jakarta ekowisata mangrove PIK :)
      Semoga kesampaian ya

      Delete
  4. Makasih yaa mba lidha, dari sekian yang pernah baru ke Monas aja, hihihhi

    ReplyDelete
  5. Iya Mba Lidha, saya aja yang deket sama Jakarta belum banyak menjelajah tempat-tempat wisata dan museum di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, lho. Butuh teman jalan2? *nawarin diri*

      Delete
  6. Aduuh, aku ngences baca kerak telor. Apalagi ada abangnya yang lagi nongrong itu xD.
    Ayo Mba Lidha kapan kita tamasya bareng ke Jekardah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngecess sama abangnya? wkwkwkw *canda*
      Hah, kapan nyak, kapan ya

      Delete
  7. Aku baru tahu kalau gado-gado itu makanan khas Jakarta. Kirain surabaya atau mana gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ada juga gado-gado Jakarta mbak Ria, yang sudah jadi khasnya Jakarta juga. Tapi, bukan secara asal-usul

      Delete
  8. aduh jadi kangen jakarta saya mbak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabaya-Jakarta? Lumayan deket tuh

      Delete
  9. Cuma kidzania nih yang belum saya kunjungi... hehe, maklumlah, bukan orang Jakarta asli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga bukan orang Jakarta ^_^
      Salam kenal :)

      Delete
  10. Masi ada cita cita ngiterin semua sisi jakarta, terus aku bikin reportase berikut potret2 jakarta tua dari berbage sudut buat ditaro di blog, aiih tapi blom ada kesempatan, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kepengen gitu, tapi pas kesana ternyata kurang banyak sisi-sisi yang gak kefoto. Bawaannya ya jalan2 aja, hehehe

      Delete
  11. Kepulauan seribu lah yang paling mengenang... Pulau tidung.... Jadi pingin kesana lagi...

    ReplyDelete
  12. Pengin ke taman mini...

    ReplyDelete
  13. Wisata di jakarta yang belum saya datengan kanyak hanya pulau seribu dan hutan bakau
    jadi ingin wisata di sana

    ReplyDelete
  14. pingin jalan jalan ke kota tua, terus poto potoan disana...

    ReplyDelete
  15. Jauh jauh ke jakarta ...mending yang lokal dulu deh daerah sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, boleh juga...setelah itu mampir ke ibukota mas

      Delete
  16. Ternyata kepulauan seribu keren juga ya, meskipun baru lihat dari foto di blog ini. Aku kalah sama adekku..he Dia udah pergi kesana beberapa bulan yang lalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Andi,
      banyak banget yang destinasi wisatanya memilih kesana ya. Ndak apa2 mas, make a wish dulu

      Delete
  17. Euh, aku belom pernah main ke 1 - 2 - 3. Penasaraaaan....

    ReplyDelete
  18. Kalau saya paling favorit sih kawasan kua tua. Semua bagian tempat itu saya suka

    ReplyDelete
  19. yang belum kesampaian ke hutan bakau dan kepulauan seribu, Penasaran..

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

Popular Posts