5 Destinasi Liburan Paling Menarik di Papua

November 29, 2016

5 Destinasi Liburan Paling Menarik di Papua

#SajianInformatif

Sebentar lagi, musim liburan akan tiba. Sudahkah teman-teman menentukan ke mana akan berlibur nanti? Jika belum, berlibur di dalam negeri bisa menjadi opsi karena ada banyak tempat wisata yang menakjubkan dan spektakuler di sini.

Salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan mulai ramai diperbincangkan adalah Papua. Di sana, Ada banyak tempat wisata menarik yang eksotis dan menawarkan pengalaman wisata yang tidak akan pernah teman-teman lupakan. Salah satu destinasi wisata terkenal di Papua adalah Raja Ampat.
Raja Ampat Papua
Raja Ampat Papua Credit: Dronestagr.am
Liburan ke Raja Ampat memang tidak pernah murah, karena lokasinya yang cukup jauh dari pulau Jawa atau dari beberapa pulau lain di Indonesia, utamanya yang berada di bagian tengah dan Barat.

Namun, wisata Raja Ampat yang memukau selalu mampu membuat wisatawan rela mengorbankan waktu dan biaya demi bisa menikmati berbagai sajian wisata alam, pantai, budaya, dan keindahan bawah laut yang spektakuler yang ada di sana.

Tempat wisata di Raja Ampat memang sudah sangat terkenal, tidak hanya di kalangan wisatawan lokal melainkan juga wisatawan mancanegara. Namun di Papua wisata paling menarik tidak hanya Raja Ampat, masih ada beberapa destinasi liburan lainnya yang tidak kalah menarik dan bisa teman-teman pertimbangkan.

Diantara beberapa tempat wisata selain Raja Ampat yang pantas untuk dijadikan sebagai tujuan liburan teman-teman selanjutnya adalah:

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Setelah diresmikan tahun 1993 oleh Kementerian kehutanan, Taman Nasional Teluk Cendrawasih mulai ramai didatangi oleh wisatawan karena tempat ini menawarkan pemandangan bahari yang mempesona.
Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Credit: merdeka.com
Tidak hanya pemandangan bawah laut yang menjadi atraksi utama objek wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih, melainkan pulau-pulau indah dengan pantainya yang menarik, juga merupakan nilai lebih dari taman nasional ini.

Di Indonesia, Taman Nasional Teluk Cendrawasih dikenal sebagai salah satu taman nasional terluas. Luasnya mencapai 1.453.500 hektar. Dari keseluruhan luas taman nasional tersebut, 90% diantaranya adalah perairan.

Jadi tidak mengherankan apabila wisatawan mengidolakan tempat ini sebagai tujuan snorkelling, berenang, diving, atau hanya untuk menikmati panorama bahari dan pantai-pantai indah.

Di sana setidaknya ada 196 jenis mollusca dan lebih dari 200 jenis ikan serta berbagai binatang laut lainnya yang menghiasi taman bawah laut di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, termasuk juga ikan hiu, penyu, kura-kura hingga lumba-lumba.

2. Danau Sentani

Di Indonesia, ada banyak danau-danau indah yang menarik dan sering dijadikan sebagai tujuan berlibur. Sebut saja, Danau Beratan, di Bedugul, Bali. Kemudian Danau Toba di Sumatera, dan danau Segara Anak di Lombok.
Festival di Danau Sentani
Festival di Danau Sentani
Credit : natureexpeditionteam.com

Namun selain danau-danau yang telah disebutkan di atas, satu lagi destinasi wisata berupa danau yang cukup terkenal, yaitu Danau Sentani yang ada di Papua.

Danau ini luasnya mencapai 9.360 hektar, menawarkan atraksi utama berupa pemandangan alam yang memukau. Di danau tersebut, setidaknya ada kurang lebih 21 pulau yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata untuk menikmati keindahan alam.

Satu yang menjadi perhatian para wisatawan setiap tahun adalah kemeriahan Festival Danau Sentani yang selalu mampu memukau siapapun yang hadir.

Festival yang sebagian besarnya diikuti oleh warga Papua tersebut sayang untuk dilewatkan. Karena di festival tersebutlah kita bisa langsung menyaksikan pertunjukan budaya dan seni khas Papua yang tidak pernah membosankan untuk dibahas.

3. Lembah Baliem

Jika teman-teman tertarik dengan destinasi wisata budaya, jangan lewatkan berkunjung ke Lembah Baliem. Ini adalah salah satu lembah yang sangat terkenal di Papua yang dihuni oleh Suku Dani, Suku Lani, dan Suku Yali, yang lokasinya ada di sekitar Pegunungan Jayawijaya.
Wisata Lembah Baliem
Wisata Lembah Baliem
Credit : wisatahits.blogspot.co,id
Lembah Baliem banyak difavoritkan sebagai tujuan wisata karena di sini wisatawan bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat asli Papua, serta di sinilah mereka bisa menikmati budaya lokal dan berbagai karya seni asli Papua.

4. Pulau Rumberpon

Tujuan liburan di Papua lainnya yang pantas untuk dipertimbangkan jika teman-teman belum memilih ke mana akan berwisata, adalah Pulau Rumberpon yang bisa diakses dalam waktu kurang lebih 5 jam dari Kota Manokwari.
Pulau Rumberpon
Pantai di Pulau Rumberpon
Credit : sunandonesea.blogspot.co.id
Pulau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, lengkap dengan pantainya yang memiliki pasir putih dan air laut jernih. Pantai di Pulau Rumberpon panjangnya kurang lebih 6 Km. Dengan pantainya yang luas dan panjang serta gelombang lautnya tidak terlalu besar, membuat laut di sekitar pulau ini cocok dijadikan sebagai tempat berenang, snorkeling, atau menyelam.

5. Teluk Triton

Teluk Triton adalah destinasi wisata eksotis lainnya yang ada di Papua. Bagi para driver yang suka menikmati keindahan bawah laut, Teluk Triton hampir tidak akan mereka dilewatkan. Karena ditempat ini ada lebih dari 930 jenis ikan dan 490 jenis terumbu karang yang bisa dinikmati.
Teluk Triton
Teluk Triton Papua
Credit : adventurecartensz.com
Teluk Triton berada di Kabupaten Kaimana, Papua. Atau tepatnya berada di Kampung Lobo.

Salah satu magnet wisata yang sering membuat wisatawan kepincut untuk berkunjung ke sana adalah kesempatan langka berenang bersama ikan hiu paus dan berbagai jenis penyu hijau yang menghuni teluk tersebut.

Itulah beberapa destinasi liburan menarik di Papua yang bisa teman-teman pilih sesuai dengan minat atau budget yang teman-teman miliki.

Berlibur ke Papua tidak harus mahal. Teman-teman bisa mencari tiket pesawat murah dengan mengandalkan promo atau voucher serta mencari penginapan murah berupa hotel dan homestay saat berwisata ke sana.

Jadi, sudah dicatat tempat-tempat liburan menakjubkan di Papua diatas? Yuk, yang belum kesana dan pengen kesana, bisa berkomentar di bawah dan semoga jadi doa.


Sip kan.

Lidha Maul

You Might Also Like

41 Comments

  1. Pengeeeeeen.. pakai bangeeettt bangeet.. tapi mesti nabung dulu, hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin (saya bertugas mengaminkan)

      Delete
  2. Saya jadi pengen ke sana deh.
    Tapi, sebelum tau destinasi liburan di Papua, saya sudah jatuh hati dengan tanah papua melalui film Denias. Kemudian juga dari beberapa foto teman saya yang bertugas di Papua beberapa tahun lalu.

    Ah, semoga saja keindahan alam Papua tidak rusak oleh tangan manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin
      Iya, semoga kelestarian alamnya tetap terjaga

      Delete
  3. ya Allah Papua sungguh eksotis, nan jauh di sana, suka banget sama bentangan alamnya

    ReplyDelete
  4. Papua memang eksotis.
    Tetapi masih belum bisa termanfaatkan secara maksimal sebagai pariwisata andalan Indonesia. Semoga Pemerintah lebih memperhatikan.

    Diaamiinkan? :D

    ReplyDelete
  5. Raja Ampat my next list..kalau nggak ke Alor. Bali udah..:)
    Pulau Rumberpon sama Teluk Triton cakep banget yak..landscapenya luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 luar biasa disana mbak
      (Kalau di tempat mbak namanya luar negeri) #nggaknyambung :(
      Yuk, kesana mbak. Ntar jepret2 keindahannya

      Delete
  6. Cakep banget Indonesia timur ya, nggak kalah sama luar negeri. Pengen kesana juga, semoga suatu hari bisa. Btw, Kalo jalan jalan dalam negeri ini kadang costnya lebih gede daripada ke luar negara #disituakusedih #kantongbocor #nabung2xlipat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya, makanya pariwisatanya butuh digalakkan
      Semoga bisa kesana Iyahyuktraveling

      Delete
  7. Wadow mbak...ongkos ke Raja Ampat mehong :D
    Papua bagus banget. Belum pernah ke sana.
    Pengen nanti, suatu hari.
    Yang begini harusnya lebih diperhatikan yah,
    nanti diambil ostrali :P eh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa kesana ya,
      Amiin semoga lebih diperhatikan

      Delete
  8. Renang sama hiu mba? Duuuuhh udah jiper duluan nih.
    Itu pantainya bersih2 semua yaaa... pasirnya oiiyy bener2 magnet bagi wisatawan. Semoga ada rejeki bisa halan2 ke Raja Ampat dan tempat2 lainnya di Papua. *aminkan dooonkk ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga bisa kesana ya mbak. Catet tempat2nya mbak :)

      Delete
  9. Aku baru satu kali ke Jayapura, mba Lidha namun nggak sempat explore banyak selama di Papua. Agak nyesel sih :p

    ReplyDelete
  10. kalau suka suasana dingin, coba deh ke tembagapura, kota yang selalu tertutup kabut.
    dulu saya menghabiskan masa kecil disana.

    ReplyDelete
  11. Ongkos ke papua berapa jeti ya mb lidh? Hahahhahaha
    #pengsan

    Emb...pengen menjelajah seluruh indonesia tercinta nih, biar ada cerita ke anak cucu
    Apalagi Indonesia timur blum ada yang takdatengin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau kesana bisa ikut lomba, nabung atau nebeng xixixixi
      Kalau serius diniatkan bisa aja sih
      Iya, semoga kamu bisa kesana ya :)

      Delete
  12. Indonesia memang keren banget, semgoa suatu saat bisa kesana .. aamiin..
    perlu disave nih info ini :)

    ReplyDelete
  13. Ampunnn, semuanya bikin mupeng pengen kesanaa....

    ReplyDelete
  14. coba deh punya duit banyak, bakal keliling dunia menikmati tempat-tempat wisata di papua

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, plus sehat. Penting juga itu.
      Duit emang penting, tapi selalu ada tipsnya kok biar bisa kesana

      Delete
  15. Raja Ampat sungguh membahana, terosohor sampai kemancanegara. Karena perlu biaya yang mahal itu, aku belum pernah bisa kesana. Sungguh aku penasaran dengan eloknya alam Papua. tapi entah kapan bisa wisata ke Raja Ampat. Nunggu gratisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish, saya aminkan juga deh yang gratisannya :)

      Delete
  16. Aduh, mupeng deh gueh... Kapan bisa ksana :(
    Btw salam kenal ya mb Lidha :)

    ReplyDelete
  17. Saya sedang mencari tempat liburan yang sesuai, dan tempat yang di ulas di atas bisa saya pertimbangkan untuk berlibur ke sana, selain itu terlihat suasananya menyenangkan. hehe

    ReplyDelete
  18. keren banget pemandangannya, rasanya pengen ke papua. dan tempatnya sangat cocok untiuk liburan.

    ReplyDelete
  19. Wah, saya baru tahu tempat-tempat ini. Tahunya Cuma Raja Ampat. Eksotis memang ya Papua ini. Semoga bisa berkesempatan main ke sana...

    ReplyDelete
  20. Pantainya cantik-cantik ya Mbak. Perlu banget nich traveling ke seluruh penjuru Indonesia termasuk ke Papua, sebelum ke luar negeri.

    ReplyDelete
  21. cocok buat liburan akhir tahun.. next buat liburann..
    pemandangannya yang luar bissaahhh.. seperti di luar negerii..

    #bangga jadi warga indonesia

    ReplyDelete
  22. Aduh mantap banget tuh kayaknya foto-foto di lembah baliem.

    harus segera nyiapin budget nih, hahaha

    ReplyDelete
  23. Semoga bisa menang lomba menjejakkan kaki kesini hahaha aamiin :p

    ReplyDelete
  24. ahh pemandangan di papua memang indah-indah ya, apalagi pantainya yang begitu bersih dan pasirnya yang putih, kejernihan air lautnya juga bagus dan tentunya pemandangan bawah lautnya juga indah.. kapan ya bisa kesana..

    ReplyDelete
  25. dari dulu pengen banget traveling ke Papua, tapi belum kesampean,, atau mungkin mau diajakin

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

Popular Posts