ELISA MONIC: Beauty and Lifestyle Blogger dengan Kombinasi Menawan dan Harapan-Harapan

June 15, 2016


Haloo… akhirnya sampai juga di pemenang arisan blogger perempuan ke-7 setelah sebelumnya (rame-rame) pada ngebahas saya (yang nggak penting ini).

Tidak seperti ke-6 pemenang lainnya, kali ini saya ingin menampilkan sosok muda, belum menikah, kreatif, dan berambisi (begh). Dan dia tak lain dan tak menyangka adalah (jreng.. jreng.. jreng) Elisa Monic, dengan blognya: elisamonic.com

Horee…prok…prok...prok.

Ini juga kali kedua blogger yang saya bahas yang mengusung tema beauty and lifestyle pada blognya.


Karena saya juga belum kenal secara utuh siapakah gerangan dirinya ini, terpaksalah dengan keterpaksaan yang menyenangkan saya cilukba-in blognya yang masih baru pindahan. Dan seperti kata pepatah lama edisi revisi, tak kenal maka ta’ kenalin.
So, yuk simak hasil investigasi saya demi berakrab-akrab riang gembira bersama mba Elisa Monic, beauty blogger yang imut-imut ini:

Kombinasi Menawan Hingga Rambut Sehat

Mengaku kenal blog sejak usia 17 tahun dan memutuskan menjadi beauty blogger sejak 2012, Monic  yang lahir tahun 1992 ini berhasil mencuri perhatian saya karena mengaku dulunya seorang accontant, terutama di bagian accountant receivable. Itu lho yang menangani piutang perusahaan, yang bertugas menagih sana-sini. Ia juga bertugas sebagai store keeper, yang mengontrol dan mengendalikan pemakaian barang-barang hotel (karena pekerjaan Monic sebelumnya berkaitan dengan hotel).

Menurut saya nih kombinasi beauty blogger dan akuntan itu cantik, apik, unik. You know lah, seringnya orang menilai akuntan itu cupu, kaku, dan nggak bisa dandan. Dan ini bukan pendapat pribadi ya. Ini survei nyata masyarakat pada seorang akuntan di telenovela terlaris: Betty La Fea.

Yang versi pertama.

Meski sekarang ia (Monic maksudnya, bukan Betty La Fea) mengaku bekerja di rumah saja, tetap saja kemahirannya merupakan perpaduan yang cerdas.

Kecerdasan inilah yang mewarnai tulisannya menjadi kece dan asyik tuk dibaca. Asal tahu aja, di blognya menampilkan tutorial/tips yang dibarengi video. Istilahnya vlog. Misal di blogpost: My favourite Hair Styling Tutorial ini. Monic yang mengaku pernah mengalami ketombe dan senang bila rambutnya terlihat lebih bervolume dengan senangnya berbagi kepada pemirsah melalui sebuah video. Bagi saya ini kece, karena dengan begini perempuan yang punya nama asli Monica Elisabeth ini dapat lebih interaktif dengan para pembacanya.

Bagi Monic rambut yang sehat adalah rambut yang tanpa masalah, apapun jenisnya. Emang gimana agar rambut sehat itu? Yang dishampoin sering-sering? Sst, plis ya rambut yang sering dikeramasi apalagi tiap hari selain boros shampoo bisa menghilangkan kandungan yang baik dari rambut. Ada langkah sehat yaitu pre-shampoo alias melakukan proses capek-capek dikit sebelum bershampo tapi hasilnya nendang, yaitu dengan cara pemberian nutrisi atau pemijatan alami dengan minyak kelapa, zaitun atau alpukat.

Cantik di Wajah, Cantik di Blog

Meski blognya emang baru, tapi urusan ngeblog sudah lama. Jadi wajar, kalau tampilan blognya kece kayak orangnya. Sebagai beauty blogger, beberapa produk sponsor pernah mampir kepada Monic seperti skincare untuk muka dan badan, bb cream, cushion bb cream, dan lipstick. Duh, duh, molesin lipstik yang rapih aja saya banyak gagalnya. Eh, anak muda ini malah kasih tips gimana pake make-up yang simple buat sehari-hari. Yup, vlog again! Saya mantengin videonya sambil berdecak-decak. Gilak, ni cewe suaranya cakep. Cocok buat ngemsi. Hihihi.

Btw, saya emang suka ama seseorang yang voicenya enak didengar, apalagi kalau kemasan bahasanya menarik dibanding yang cuma ngandalin face. Nah, ini dia si Blogger Bekasi ini pan kalau bertutur di blognya tuh apik, makanya demen deh bacanya.

Kalau masih bingung gimana make-up yang simple itu (ini sih saya ya, simple aja bingung, LOLOL ) main aja dimari: LINK. Yang ini nggak pake pasang bulmat segala dan hasilnya terlihat manis natural.

Hah apa, nggak bisa nonton videonya? Tenang buat yang koneksinya siput kayak saya (saya mulu) bisa baca berbagai review produk dari Monic yang jujur dan apa adanya dan dipermanis dengan gambar.

Monic ini tahu banget mau dibawa kemana blognya, beauty and lifestyle katanya. Saya juga pengen tahu dong seberapa kuat konsepnya membangun blog. Ternyata oh ternyata dalam urusan mendesain saja, ia urus sendiri lho. Di bagian yang biasanya tertera about me, sedang  elisamonic.com memilih “START HERE” Monic menggunakan infografis untuk mendeskripsikan dirinya. Serupa yang sering saya dapati pada blogger luar.
Favorit saya sih, headernya elisamonic.com. Coba deh saya tongolin:
Cuakeepp kan:
Kemahiran Jemari dan Asupan Blog

Kemampuan menggunakan aplikasi sangat mendukung untuk menghasilkan video, gambar, infografis yang bagus di blog Monic. Semuanya ini ia garap sendiri dengan diperkuat aplikasi pendukung semisal Canva yang ia pakai untuk infografis dan picmonkey untuk watermark. Monic juga punya channel youtube.

Begitu kata Monic yang masih berusia 20-an dan berbobot ini. Bagaimana nggak berbobot, mbak manis ini mengaku lagi nafsu-nafsunya melahap buku. Dalam seminggu aja bisa habis 3 buku yang rata-rata per buku 600 halaman. Duh, mupeng.

Dan untuk asupan ide blognya, Monic kerap mampir ke blogger-blogger beauty luar seperti blog.naver.com/highkick_ dan agirlobsessedblog.com/

Hal Terberat yang Menjadi Penguat

Di dalam blognya Elisa Monic menjadwalkan secara khusus waktu untuk publish blogpost. Artikel kecantikan pada hari Jumat, jadi yang wajahnya udah pada kusut masai abis ketemu sadako pas malam Jumatnya bisa mampir ke new postnya Monic dan akan fresh lagi. Sedang lifestyle dan random artikelnya ditaruh pada hari Senin, cocok buat yang belum kenyang wikennya and for everyone who really hate monday seriusan bisa enjoy karena Elisa Monic menawarkan DIY, culinary, dan inspirasi lainnya.  
Gigit jarii dehh…yang ngeblognya cuar-cuir kayak saya hahaha.

Perencanaan pada blog memang penting, ini artinya kamu serius ngurus, fokus dan punya rumus. Ada juga hal terberat yang dirasakan oleh Monic, yaitu bila internet sedang trouble. Tetap saja, akhirnya Monic menghadirkan artikel teranyarnya karena sudah ada ikatan yang ia buat.

Dalam hidup juga begitu, gadis yang mengaku bekerja bersama orangtua ini bukan berarti hidupnya dibawah payung kenikmatan semata. Pekerjaannya bisa tidak menentu, bisa lebih banyak, bisa-bisa tidak mendapat libur, dan bisa lebih sedih bila ditegur pak bos yang notabene ayah sendiri. Sebagai lulusan sarjana ekonomi, Monic belajar banyak hal dari kedua orangtuanya yang lulusan SMA. Tak peduli latar belakangmu, kondisi yang pernah kamu pikul sebelumnya jika kamu ingin berusaha pasti kamu bisa. Seorang blogger tidak perlu dengan latar belakang IT, beauty blogger tidak harus dengan standar wajah cantik, tidak harus dengan latar belakang yang sama. Ini persoalan mau dan kerja keras.

Bentuk kerja keras Monic sebagai blogger selain lebih banyak belajar juga dibuktikannya dengan ikut komunitas blogger, promo artikelnya melalui sosial media, mempelajari aplikasi pendukung serta penguatan personal branding. Hal yang membahagiakan bagi beauty blogger ini adalah saat pihak lain menyukai opini dan rekomendasi produk yang ia berikan serta cocok dan berhasil.

The Beauty Inside

Blogger Bekasi yang suka baca ini emang terlihat smart, cheerful, punya ragam kata yang enak, dan imajinasi desainnya apik. Biarpun dia mengaku doyan baca buku fantasy, tapi saya kasih tahu ya, baca buku fantasi itu nggak cuma seru, tapi melatih kemampuan berimajinasi lebih dalam dibanding membaca novel lain. Selama bacaan fantasinya bukan yang buruk.

Baca juga, apa kata blogger buku ini soal sisi kekanakan.

Tidak hanya membaca, untuk terus aktif Monic pun tetap menyalurkan hobi lainnya dalam hal menjaga kesehatan, yaitu yoga dan terutama berenang. Baginya olahraga penting, bukan karena dirinya beauty blogger, melainkan menjaga kesehatan itu sangatlah penting.

Saya juga menyarankan pada Monic untuk lebih sering jalan-jalan alias blogwalking. Jalan-jalan ini berguna untuk kesehatan blog, merampingkan alexa, menyapa blogger lain dan mendapat kunjungan. Blogwalking penting untuk blogger agar blognya lebih dikenal, dari situ kebermanfaatan tulisan kita akan lebih tersebar.

Harapan dan harapan

Elisamonic.com bisa dibilang masih baru. Kontennya memang masih minim, tapi konsepnya amatlah kuat. Monic pun punya harapan untuk blognya agar terus bisa menghasilkan gambar-gambar yang menarik, hingga pengunjung pun menjadi betah. Usia Monic di masa produktif ini ia salurkan sebaik mungkin pada minat dan hobi positifnya. Blog adalah sarana berbaginya, belajar banyak hal, berkawan, mendukung impiannya, promosi bisnis, hingga membantu pihak lain.

Monic juga berharap pada generasi muda lainnya untuk tidak malu mengejar hal-hal positif berguna meski ada pihak lain yang menganggap tidak berguna. Karena sudah saatnya menjadi generasi muda yang produktif, bukan diam berpangku tangan. Kerja, meski tidak selamanya berada di luar rumah. Karena bekerja adalah mau bergulat dengan kesibukan dan kesulitannya masing-masing.
Ada 3 langkah singkat untuk tetap produktif yang diterapkan oleh Monic:

Selalu Bangun pagi

Buat Daftar Setiap Harinya

Kerjakan!

Kamu, sudah produktifkah hari ini?


Elisa Monic:
Blog ● Facebook ● Twitter ● G+ ● Instagram
-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Bonus:
Eh, tahu nggak! Hihihi….belum apa-apa udah mau ngikik-ngikik. Di IG-nya Monic ada pic-nya yang pakai kacamata. Saya pikir, ni anak (anak?) kadang-kadang pakai kacamata juga ya, sampai saya temukan pic dengan quote: “Yes im a nerdy girl. Wearing glasses all day long.”

NERD? Susah dipercaya sih.

Ini salah satu pic Elisa Monic dengan kacamatanya:


Nah, karena saya sudah kedatangan dua tamu beauty blogger di blog ini, jadi ada hasrat terpendam pengen bisa dandan dan mendandani orang. Akhirnya beberapa hari ini saya belajar dandan. Tapi, penerapannya bukan orang dulu ya, melainkan pada gambar. Dan gambar yang saya ambil jelas gambar dia yang tak lain dan tak menyangka adalah Elisa Monic yang diatas. Kalau di blognya dan sosmednya semua gambar ber-make-up adalah hasil karyanya, yang ini murni hasil saya. Itulah kenapa jadi pengen ketawa, karena entar lagi bakal dipentung ama Monic.

Dan ini hasilnya:

Tarra

Bye..bye.

You Might Also Like

29 Comments

  1. Waktu awal ikutan ngubek-ngubek blognya monic pun, saya menemukan satu keseriusan dari pengelolaan blognya. Udah mumpuni banget semangat sama hasilnya Monic, jadi ga ada kesan main-main dalam blogging.


    Itulah kenapa saya kagum, setidaknya saya belajar untuk bisa mengelola dengan baik blog saya. Biar kece badai juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, dengan begini jadi banyak belajar. Pada Ipeh juga pada Monic :)

      Delete
  2. oke juga mbak makeup-nya, mbak monic jadi terlihat lebih dewasa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, bener nggak sih dandan begitu :P

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Wah, gaul sama beauty blogger jadi ketularan aware ya mba, sama kecantikan.
    Pengin juga sih merawat wajah dan tubuh secara rutin tapi kok kadang gak telaten, hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehem.. kalau mbak ety mah udah pol ayunya..awet muda euy

      Delete
  5. Nampol tulisannya, pasti bikin mbak monic specless...ngena di hati

    ReplyDelete
  6. Kalo aku belum sekonsisten mba Elisa bikin jadwal publish.. Kadang pas sdh diniatin tapi nulisnya msh males banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi....padahal si Monic ini kerja ya.
      Kalau saya kan orangnya memang repot (tsaahh) jadi butuh asisten mbak (tsahh lagi)

      Delete
  7. konsisten dalam ngeblog itu penting ya mak spt mba Monic..
    makin banyak blogger yang kontennya bagus...suka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, harusnya gitu. Konsisten, terkonsep.
      Makasih udah mampir ya :)

      Delete
  8. hasil makeup mbak lidha unyu juga lho hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, bukan bagus ya Nin..cuma unyu :P

      Delete
  9. Mba Monic-nya didandanin pake apa tuh Mba? jadi dewasa banget kelihatannya :)

    ditengah-tengah postingan Mba Lidha nyebutin Betty La Fea, ahhh jadi kangen pengen nonton Betty La Fea lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. didandanin pake photoshop mak, hehehe

      Delete
  10. paling enak memang kalo ada yutubnya ya mb, soalnya bisa diliat aplikasi makeupnya secara 4 dimensi #haaaaahahaii

    wah blognya monik aku belum pernah mampir sih
    bole deh berguru kelas kecantikan ama dia
    secara aku anaknya suka selebor klo dandan ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, visualisasi dengan video emang enak. cuma kuota iki lho -___-

      Delete
  11. wahahaha bukan sadako mbaaaa tp valak yg sekarang lagi tenar. ini postingan keren bgt sih, padahal kan mba kasih pertanyaan ya ke saya tapi jadinya 1 artikel yang seru begini tanpa sama selali masukin tanya jawab. keliatan bgt keren mengolah kata2, jadi malu sendiri saya.

    btw itu mekapannya kalo beneran minta pendapat serius yak :D
    saya cuma mo bilang, anuuu mba.. emmm ... jgn coba2 pake mekap gitu keluar rumah ya :D kok kayak penyanyi dangdut jadineee iku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anu..belum nonton si valak, gak enak bawa2 dia disini masih hot entar mampir *___*

      huahahaha, ini-komen-yang-nggak-bisa-bikin-berenti-ketawa-semenjak-nge-blog...karena niatnya bikin anak kantoran, kenapa jadi dangdutan ROTFL

      Delete
  12. Wah Mbak Monic keren ya. Setuju ama yg ini nih:
    "Seorang blogger tidak perlu dengan latar belakang IT, beauty blogger tidak harus dengan standar wajah cantik, tidak harus dengan latar belakang yang sama. Ini persoalan mau dan kerja keras." TFS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak Hamsa. Elisa Monic masih muda dan punya kemauan, itu patut kita tiru

      Delete
  13. Aku coba komen di sini ya, mbak Lidha :)

    ReplyDelete
  14. mau ngubek2 blognya ah, biar bisa blajar dandan :D

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca, silakan berkomentar yang baik dan mohon untuk tidak menaruh link hidup.

Member of

Blogger Perempuan Blogger Perempuan rssbblogger Warung Blogger

Popular Posts